Tema 9 sub tema 1pb 2

Kelas IV D

Jenis Energi Dapat diperbaharui

Mari kita lihat lebih dekat pada lima contoh sumber energi dapat diperbaharui , termasuk keuntungan (pro) dan kerugian (kontra) masing-masing.
Energi Matahari
Energi matahari, atau energi dari matahari, dimanfaatkan dengan menggunakan kolektor surya. Ini energi yang dikumpulkan kemudian dapat digunakan untuk menyediakan panas, cahaya, atau bentuk-bentuk listrik.
Kelebihan: Sinar matahari adalah gratis dan tersedia hampir di mana-mana. Menggunakannya tidak menciptakan limbah atau polutan.
Kelemahan: Teknologi yang dibutuhkan untuk mengumpulkan dan menggunakan energi matahari bisa mahal. Sinar matahari hanya dapat dikumpulkan selama hari ketika cerah.
Energi Matahari
Energi angin
Angin adalah hanya seperti apa yang terdengar: energi yang kita dapatkan dari angin. Kincir angin telah digunakan selama ratusan tahun untuk memompa air dari tanah. Hari ini, kita menggunakan besar, turbin angin tinggi yang menggunakan angin untuk menghasilkan listrik. Banyak turbin angin sering ditempatkan bersama dalam peternakan angin di daerah datar dengan angin kencang.
Kelebihan: Tidak menghasilkan limbah atau polutan. Dibutuhkan ruang tanah kecil.
Kelemahan: turbin angin dapat mengganggu atau memmatikan makhluk terbang, seperti burung dan kelelawar. Angin tidak konstan dan dapat diandalkan di mana-mana.
Energi angin
Pembangkit listrik tenaga air
Ketika air digunakan untuk menghasilkan listrik itu disebut listrik tenaga air atau PLTA. Sebagian besar pembangkit listrik tenaga air menggunakan bendungan di sungai untuk membuat waduk untuk menyimpan air. Ketika air dilepaskan dari waduk, mengalir melalui turbin dan menyebabkannya berputar. Ini akan mengaktifkan generator yang menghasilkan listrik.
Kelebihan: PLTA relatif murah, dan tidak meninggalkan bahan kimia berbahaya.
Kelemahan: Bendungan dapat mengubah dan menghancurkan habitat dekat sungai. Bendungan juga dapat mencegah migrasi ikan.
Pembangkit listrik tenaga air
Energi panas bumi
Energi panas bumi berasal dari panas yang dihasilkan secara alami di dalam bumi. Reservoir panas bumi adalah area bawah tanah atau uap air panas yang dapat digunakan untuk menghasilkan listrik atau panas untuk kebutuhan kita. Pompa panas bumi dapat digunakan untuk memindahkan panas dari bumi ke rumah-rumah selama musim dingin dan memindahkan panas dari rumah kembali ke bumi selama musim panas. Ini bekerja karena suhu tepat di bawah permukaan bumi tetap cukup konstan sepanjang tahun dan lebih panas dari udara di musim dingin tapi lebih dingin daripada udara di musim panas.
Kelebihan: Satu-satunya produk limbah yang dihasilkan adalah uap air. Ada energi panas bumi jauh lebih tersedia daripada manusia yang bisa mengkonsumsi.
Kelemahan: Teknologi yang tersedia untuk memanfaatkan energi panas bumi sangat terbatas dan bisa sangat mahal.
Energi panas bumi
Energi Biomassa
Energi biomassa atau bioenergi adalah energi dari tanaman atau bahan organik lainnya. Bioenergi dapat digunakan untuk menyediakan panas, menghasilkan listrik, atau mobil listrik. Kayu adalah sumber terbesar kita energi biomassa. Energi limbah adalah bentuk lain dari bioenergi yang dapat berasal dari gas yang dihasilkan oleh tempat pembuangan sampah. Biofuel adalah bahan bakar yang terbuat dari tumbuhan dan dapat digunakan untuk mobil listrik atau kendaraan lain.
Kelebihan: Ketika biomassa hidup menghilangkan karbon dioksida dari atmosfer yang berbahaya. Banyak metode mengubah bahan limbah yang ada menjadi energi.
Kelemahan: Menggunakan energi biomassa sering melepaskan karbon dioksida dan polutan ke udara. Hal ini juga dapat cukup mahal.
Energi Biomassa

Ringkasan

Sumber energi dapat diperbaharui adalah mereka yang selalu mengisi ulang. Mereka tidak pernah bisa habis. Beberapa contoh sumber energi dapat diperbaharui adalah energi surya, energi angin, PLTA, panas bumi, dan energi biomassa. Adalah penting bahwa kita mulai menggunakan sumber energi ini karena bahan bakar fosil (batu bara, minyak, dan gas alam) dapat merusak planet kita dan akan habis satu hari nanti.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Tema 9 sub tema 1pb 2"

Posting Komentar