Tema 2 Sub Tema 1 PB 6


KELAS IV D 
Tanggal 8 Agustus 2019
Tujuan :
Tujuan :
1. Siswa mampu memahami gagasan pokok dan gagasan pendukung suatu teks
2. Siswa mampu memahami hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari

B.Indonesia
Manfaat Minyak Bumi untuk Kehidupan Manusia

Minyak bumi merupakan salah satu sumber mineral yang sangat dibutuhkan manusia. Minyak bumi didapat dari sumbernya yang berada di bagian kerak bumi. Proses pengambilannya dengan cara dibor pada kilang-kilang minyak. Tidak bisa terbayang seandainya minyak bumi habis. Keberlangsungan hidup manusia akan banyak masalah dan kacau.


Terbentuknya minyak bumi berlangsung selama jutaan tahun, ketika tanaman dan hewan terkubur di lapisan kerak bumi. Semua sisa tanaman dan hewan tergerak ke kerak bumi oleh karena pergerakan lempeng bumi. Semua sisa tanaman dan hewan tersebut kemudian menjadi fosil dan bereaksi dengan gas alam. Reaksi dengan gas alam akan mengubah fosil menjadi cairan hitam yang disebut minyak bumi.  Minyak bumi inilah yang memiliki banyak peran dalam kehidupan manusia.

Salah satu hasil pengolahan minyak bumi adalah gas cair. Gas cair merupakan produk dengan nilai lebih tinggi dibandingkan bahan bakar lain. Untuk mendapatkan gas cair, minyak bumi harus diolah dan diproses dengan penyulingan dan pemurnian khusus.

Gagasaan pokok dan pendukung dari paragraph di atas adalah ?
PKn
1. Kewajiban Terhadap Sumber Daya Alam
Sumber daya alam, khususnya yang tidak dapat diperbarui lama kelamaan semakin berkurang dan akhirnya habis. Oleh karena itu, kita harus melestarikannya. Usaha pelestarian sumber daya alam merupakan kewajiban kita sebagai anggota masyarakat.

Selanjutnya, bagaimana cara melestarikannya? Menghemat pemakaian sumber energi merupakan salah satu contoh cara melestarikan sumber daya alam.

Menghemat sumber daya alam tidak hanya berfungsi untuk melestarikan nya saja. Tindakan ini juga bermanfaat untuk mengurangi bahaya kerusakan lingkungan. Contohnya penggunaan bensin sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Asap kendaraan bermotor yang timbul menyebabkan pencemaran udara.

Berikut kewajiban terhadap sumber daya alam dalam kehidupan seharihari.

  1. Mengurangi kegiatan yang banyak menghabiskan sumber daya alam.
  2. Pemanfaatan teknologi dan peralatan yang ramah lingkungan.
  3. Menjaga dan melestarikan alam untuk menjaga ketersedian sumber daya alam.
  4. Melakukan reboisasi untuk menjaga ketersediaan sumber daya alam terutama air.
  5. Menggunakan energi alternatif.
2. Hak Memanfaatkan Sumber Daya Alam
Kekayaan sumber daya alam yang kita miliki, baik yang dapat diperbarui maupun yan tidak dapat diperbarui bermanfaat bagi kelangsungan hidup masyarakat. Setiap anggota masyarakat pun memiliki hak untuk memanfaatkannya.

Hak untuk memanfaatkan sumber daya alam ini bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Contoh emanfaatan secara langsung adalah hasil pertanian yang dapat langsung dikonsumsi oleh masyarakat. Adapun pemanfaatan tidak langsung artinya hasil dari sumber daya alam tersebut haruslah diolah terlebih dahulu agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Tema 2 Sub Tema 1 PB 6"

Posting Komentar