TEMA 2 SUB TEMA 3 PB 1


Kelas : IV D
Tanggal : 22 Agustus 2019
Tujuam :
1. Siswa mampu memahami teks petunjuk pembuatan kincir angin kertas
2. Siswa mampu memahami energi alternatif pengganti minyak bumi dan gas alam
3. Siswa mampu memahami Sumber Daya Alam dan pemanfaatannya pada tumbuhan jarak

Bahasa Indonesia

Cara Membuat Kincir Angin dengan Menggunakan Kertas Warna

Sebelum masuk pada tutorial cara membuat kincir angin terlebih dahulu kamu harus menyiapkan semua bahan serta peralatan yang diperlukan seperti yang disebutkan dalam daftar di bawah ini.

  • Kertas warna tebal yang berkualitas baik. Gunting kertas tersebut dengan bentuk persegi dengan ukuran 17,5 x 17,5 cm. Atau bisa juga menggunakan kertas untuk scrapbook yang memiliki ukuran 20,3 x 20,3 cm.
  • Pensil untuk membuat pola kincir angin yang akan dibuat.
  • Penggaris digunakan untuk membuat lipatan kertas agar lebih rapi.
  • Cat, krayon, spidol untuk menghias kincir angin atau bisa juga menggunakan gambar dari majalah.
  • Lem kertas (lem kertas diperlukan bila kamu ingin menempelkan gambar pada kincir angin bila tidak maka lem tidak diperlukan).
  • Jarum tusuk dan Jarum pentol
  • Manik untuk digunakan sebagai hiasan di belakang jarum.
  • Tongkat kayu untuk digunakan sebagai tiang kincir angin (panjang dan besar kayu disesuaikan dengan ukuran kincir angin).
  • Palu.
Bila semua alat dan bahan yang disebutkan diatas tadi sudah tersedia semua, saatnya untuk lanjut pada langkah berikutnya yaitu membuat kincir angin.

1 Of 3 Menggunting Serta Menghias Kertas untuk Membuat Kincir Angin.

Cara Membuat Koncir Angin
Langkah Sederhana Membuat Kincir Angin
Gunakan penggaris untuk membuat pola persegi yang memiliki ukuran 17,5 x 17,5 cm di sebuah kertas kosong. Garis kertas tersebut menggunakan pensil lalu gunting kertas mengikuti garis sesuai pola yang dibuat. Kamu bisa juga membuat ukuran persegi yang berbeda dari ukuran yang ada pada tutorial ini. Semakin besar ukuran persegi maka akan semakin besar pula ukuran kincir angin yang dibuat, begitu pula sebaliknya.
Gambar empat persegi pada kertas yang sudah dipotong ukurannya menjadi 17,5 x 17,5 cm. Gunakan penggaris untuk membagi wilayah kertas dengan area yang tepat, bagian tengah kertas harus berada pada titik 8,75 cm. Gunakanlah pensil dengan bahan lunak untuk membuat garis lipat ini, tujuannya agar tidak meninggalkan bekas goresan yang susah untuk di hapus.
Warnai keempat bidang yang telah dibagi tadi dengan cat atau bisa juga menggunakan kertas warna lain dengan cara menempelkan kertas warna tersebut dengan menggunakan lem. Usahakan keempat bidang tersebut menggunakan warna yang berbeda. Selain menggunakan kertas warna kamu juga bisa menggunakan lapisan alumunium sehingga kincir angin yang kamu buat akan tampak berkilau bila terkena sinar matahari.
Tunggu kertas yang telah diwarnai tadi sampai mengering sempurna, agar saat dilipat kertas tidak mudah robek. Selain itu bila kondisi lem masih basah akan membuat benda-benda kecil menempel pada kertas sehingga akan memperlama proses pembuatan kincir angin.
Artikel Terkait : Cara Membuat Bros dari Pita

2 Of 3 Membuat Bagian Kincir Angin

Membuat Kincir Angin
Langkah ke dua Membuat Kincir Angin
Setelah kertas yang diberikan warna selesai langkah selanjutnya adalah membuat garis diagonal dari setiap sudut kertas menuju pada bagian tengah. Buatlah garis secara mirip antar sudut kertas dengan melewati bagian tengah sampai mencapai sudut yang berlawanan.

Buatlah gambar garis setiap sudut kertas hingga ke jarak 3 cm dari titik tengah. Ulangi proses di atas pada ada setiap sudut yang ada sehingga pada kertas terdapat 4 garis yang terpusat pada titik tengah. Gunting kertas mengikuti garis yang telah dibuat tadi, jangan menggunting terlalu panjang.

Sisakan jarak sekiatar 3 cm dari titik tengah. Setelah itu berikan label di setiap garis misal A, B, C dan D. Setiap potongan segitiga memiliki satu huruf sebagai tanda.
3 Of 3 Membentuk Kipas Kincir Angin dan Memberikan Tiang
Membuat Kincir Angin dari Kertas
Membuat Kincir Angin dari Kertas
Lipat lah kertas pada sisi yang telah ditandai A, B, C, dan D ke tengah persegi. Gunakan jari kamu untuk menahan lipatan setelah itu masukan jarum pentol tepat di pusat lipatan A, B, C dan D semuanya bertumpuk menjadi satu. Kemudian pasang sebuah manik kecil pada ujung jarum yang tajam.
Setelah itu letakan kincir yang sudah jadi, lalu ambil tiang kayu yang telah disiapkan lalu basahi kayu dengan menggunakan air lalu tekan jarum pada kayu tadi sampai menancap. Palu jarum secara berlahan agar jarum menancap kuat pada kayu. Kincir angin yang cantik telah siap untuk dimainkan.


IPA

Energi Alternatif Pengganti Minyak Bumi

Advertisement
Pengetahuan seputar energi pengganti alternatif minyak bumi Perlu kita punyai dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi kelangkaan bahan bakar fosil yng tidak lama lagi pasti akan terlaksana. Oleh lantaran itu, pada tulisan atau artikel di artikel ini, tim penulis Blog Kisah Asal Usul akan membahas beberapa energi pengganti alternatif minyak bumi ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambah cakrawala pengetahuan kita.

1. Ethanol

Etanol merupakan satu dari sekian banyaknya bahan yng bisa bermanfaat menjdai sumber energi pengganti minyak bumi yng ketersediaannya bisa terus diperbaharui. Bahan bakar etanol adalah produk yng diperoleh dari fermentasi karbohidrat secara anaerob. Padi, jagung, tebu, dan beberapa komoditas yng mempunyai kandungan karbohidrat tinggi merupakan bahan baku produksi etanol menjadikan ketersediaan bahan bakar satu ini pasti bisa terus diperbaharui. Akan tetapi, terlepas dari hal yang telah di sebutkan, penggunaan ethanol diyakini akan berpengaruh terhadap peningkatan harga dan ketersediaan pangan dunia.
Energi Alternatif Pengganti Minyak Bumi

2. Listrik

Energi pengganti alternatif minyak bumi selanjutnya merupakan listrik. Ya, walau listrik masih umum diproduksi melalui pembangkit tenaga uap dan batu bara, akan tetapi penggunaannya secara luas diyakini bisa menekan kerusakan lingkungan. Penggunaan listrik yng relatif gampang, bisa disimpan, dan bisa diisi ulang pula menjadi kelebihan tersendiri.

3. Hidrogen

Hidrogen yng dicampur gas alam bisa menghasilkan bahan bakar yng efisien bagi atau bisa juga dikatakan untuk kendaraan. Bahan bakar ini pula bisa dipakai pada mesin berbahan bakar listrik yng ramah lingkungan. Walau demikian, penggunaan bahan bakar hidrogen era ini masih belum ternama, mengingat teknologi dan harga yng dikeluarkan untuk-nya, tergolong masih Amat tidak murah. 

4. Biodiesel

Biodiesel merupakan energi pengganti alternatif minyak bumi yng berasal dari minyak tumbuhan ataupun lemak binatang. Beberapa tanaman yng mempunyai kandungan minyak tinggi semisal kelapa sawit, jarak pagar, dan kelapa adalah harapan yang terakhir di era minyak bumi kelak telah tidak ada lagi. Mesin-mesin kendaraan diesel yng mempergunakan bahan bakar solar bisa mempergunakan bahan bakar ini. Selain ramah lingkungan lantaran jumlah karbon yng terlepas dari pembakarannya, penggunaan biodiesel pula tidak mengenal kata habis. Maksudnya bahan bakar ini masih bisa terus diperbarui selama tanaman ataupun hewan penghasil minyak masih mampu dibudidayakan.
Energi Alternatif Pengganti Minyak Bumi

6. Metanol

Metanol ataupun hidrokarbon rantai pendek yng diperoleh dari proses fermentasi karbohidrat ini pula bisa menjadi satu dari sekian banyaknya energi pengganti alternatif minyak bumi yng cukup ramah lingkungan. Tidak semisal bahan bakar yng berasal dari beberapa fraksi minyak bumi yang dengannya rantai hidrokarbon yng panjang, rantai hidrokarbon yng pendek dari bahan bakar metanol membuat pembakarannya pada mesin cuma akan melepaskan tidak banyak karbon ke udara menjadikan kelestarian lingkungan akan tetap terus terjaga.
Energi Alternatif Pengganti Minyak Bumi

7. P-Series

P-series merupakan bahan bakar pengganti alternatif minyak bumi yng adalah gabungan dari senyawa ethanol, gas alam, dan Metyhl Tetra Hydro Furan (MeTHF). P-series Amat efektif dan efisien bagi kerja mesin lantaran nilai oktan yng dimilikinya cukup tinggi. Penggunaan bakar ini pun Amat gampang, namun, sampai-sampai era ini produsen kendaraan yng menciptakan kendaraan yang dengannya bahan bakar P-Series masih belum ada.
Nah, itulah 7 energi pengganti alternatif minyak bumi yng suatu era pasti akrab yang dengannya ke hidup-an kita. Mudah-mudahan berguna.
Sumber Rujukan Dan Gambar : http://kisahasalusul.blogspot.com/2015/08/energi-alternatif-pengganti-minyak-bumi.html

IPS
Minyak jarak dari biji tanaman pagar ini mempunyai potensi untuk di kembangkan sebagai tanaman penghasil minyak pengganti bahan bakar minyak bumi,karena memiliki beberapa keunggulan.Salah satu keunggulan minyak jarang adalah tanaman ini mudah di budidayakan,sehingga dapat menjamin ketersediaan bahan mentahnya.Proses pengolahannya cukup sederhana sehingga mudah di lakukan oleh masyarakat umum,tidak memerlukan teknologi yang tinggi sehingga biaya investasinya terbilang murah.

Manfaat tanaman jarak

Minyak jarak juga di manfaatkan untuk minyak rambut dan minyak pijat.Kemasan minyak jarak di buat lebih praktis sehingga memudahkan penggunanya.Minyak jarak dapat di temui di pasar pasar modern atau di warung.Pemanfaatan minyak jarak ini telah memberikan kesempatan yang baik dalam bidang pekerjaan.Saat penanaman pohon jarak sampai panen,di butuhkan tenaga.Begitu pula saat tanaman di olah menjadi minyak tentunya membutuhkan para ahli untuk membuatnya.Belum lagi kemasan yang menarik.Pasti di butuhkan tangan tangan terampil untuk mengemasnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

1 Response to "TEMA 2 SUB TEMA 3 PB 1"

  1. Adam says:
    25 Agustus 2019 pukul 19.34

    Bentuk desimal dari 5/8 adalah

Posting Komentar