Tema 2 Sub Tema 2 PB 2 dan PB 3

Kelas IV D
Tanggal 14 Agustus 2019
Tujuan :
PB 2
1. Siswa mampu melaksanakan hak dan kewajiban menggunakan listrik
2. Siswa mampu memahami dan menyanyi dengan notasi angka
PB 3
1. Siswa mampu memahami cara aman memanfaatkan energi listrik
2. Siswa mampu memahami teks petunjuk menggunakan listrik dengan aman

PB 2
PKn
Hak
Sesuai ketentuan Pasal 29 Undang-Undang No. 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan, Anda sebagai konsumen berhak untuk:
  1. Mendapatkan pelayanan yang baik
  2. Mendapatkan tenaga listrik secara terus menerus dengan mutu dan keandalan yang baik
  3. Memperoleh tenaga listrik yang menjadi haknya dengan harga yang wajar
  4. Mendapatkan pelayanan untuk perbaikan apabila ada gangguan tenaga listrik
  5. Mendapat ganti rugi apabila terjadi pemadaman yang diakibatkan kesalahan dan/atau kelalaian pengoperasian oleh pemegang izin usaha penyediaan tenaga listrik  sesuai syarat yang diatur dalam perjanjian jual beli tenaga listrik
Kewajiban
Sesuai ketentuan Pasal 29 Undang-Undang No. 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan,
1. Kewajiban Anda sebagai konsumen adalah:
  • Melaksanakan pengamanan terhadap bahaya yang mungkin timbul akibat pemanfaatan tenaga listrik.
  • Menjaga keamanan instalasi tenaga listrik milik konsumen
  • Memanfaatan tenaga listrik sesuai peruntukkannya
  • Membayar tagihan pemakaian tenaga listrik
  • Menaati persyaratan teknis di bidang ketenagalistrikan
SBDP
Pengertian Notasi Angka dan Notasi Balok dalam Seni Musik - Notasi merupakan salah satu unsur musik yang membentuk sebuah lagu. Jenis notasi dalam seni musik terdapat dua macam, lebih jelasnya akan kita bahas pengertian jenis notasi berikut ini.

1. Notasi Angka
Notasi angka adalah sistem penulisan lagu yang menggunakan simbol-simbol angka. Angka-angka yang dipakai adalah sebagai berikut;

1    2    3    4    5    6    
do re  mi  fa  sol  la  si 
(0) Angka nol sebagai tanda diam atau istirahat.
Notasi angka pertama kali ditemukan oleh Guido D'Arezzo (990-1050) seorang ahli teori musik dari Perancis yang lama menetap di Arrezo, Italia. Guido D'Arezzo adalah orang yang menciptakan suatu metode membaca notasi musik dengan menggunakan suara manusia.

Dalam perkembangannya, notasi angka kurang efektif karena tidak memiliki patokan tinggi nada yang tetap. Notasi angka lebih tepat digunakan dalam pembelajaran vokal (menyanyi).
2. Notasi Balok
Notasi balok adalah simbol atau tanda untuk menyatakan tinggi rendahnya suara yang diwujudkan dengan gambar. Notasi balok disebut juga notasi mutlak, karena mempunyai patokan tinggi nada yang tetap (a = 440 Hz),sehingga sangat tepat digunakan dalam bermain musik.

Bagian-bagian notasi balok dibagi menjadi 3, yaitu bendera, tangkai, dan kepala. Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut ini.
bagian-bentuk-not-balok

Selain ketiga bagian di atas notasi balok juga dirincikan bentuk, nama, nilai dan harga notasi balok, lebih jelasnya lihat bagan berikut ini;
bentuk-nama-dan-nilai-not-balok
PB 3
B. Indonesia  dan IPA
Cermati beberapa hal perlu berikut ini dalam pemakaian listrik yang benar dirumah Anda :
1. Buku panduan pemakaian
Mengerti dan tekuni pemakaian perlengkapan listrik pada buku tipsnya supaya terlepas dari beberapa hal yg tidak dikehendaki.
2. Cermati daya listrik
Dalam pemakaian perlengkapan listrik kita mesti memerhatikan daya yang sesuai sama daya listrik tempat tinggal kita. Karna pemakaian listrik yang lebih dari kemampuan daya yang terpasang punya potensi bisa mengakibatkan kebakaran. Untuk lihat daya yang digunakan untuk tiap-tiap perlengkapan, bisa kita saksikan di body alat atau kardus tempat penyimpannannya.
3. Hati-hati waktu menyalakan atau mematikan perlengkapan listrik
Cermati keadaan stopkontak waktu juga akan mencabut atau mematikan perlengkapan listrik dan janganlah mendahului mematikan perlengkapan listrik dari stopkontak segera sebelumnya alat listrik itu dimatikan terlebih dulu. Hal semacam ini untuk menghindar timbulnya bunga api yang mungkin saja punya potensi bisa mengakibatkan kebakaran.
4. Berikan sedikit ruangan di sekitaran perlengkapan listrik
Tiap-tiap perlengkapan listrik yang kita gunakan bisa menyebabkan daya panas di sekelilingnya, oleh karenanya janganlah letakan perlengkapan listrik ditempat yang tertutup karna komponen di dalamnya keluarkan daya panas yang bisa mengakibatkan perlengkapan listrik terbakar bahkan juga tidak bisa dipakai sekali lagi.
5. Janganlah sentuh perlengkapan listrik bila tangan basah
Bila tangan Anda basah janganlah sekali-kali berusaha untuk memegang perlengkapan listrik yang tengah menyala karna tangan yang basah memiliki kandungan air. Air adalah penghantar listrik baik yang bisa menghantarkan arus listrik.
6. Pakai Alat keselamatan
Bila anda akan melakukan aktivitas yang terkait dengan listrik begitu dianjurkan memakai alat keselamatan, Anda bisa memakai sepatu safety yang spesial di desain tahan pada listrik. anda bisa membelinya dengan on-line ditempat yang jual sepatu safety on-line.
6. Janganlah meletakan perlengkapan listrik dekat bahan kimia
Jauhi meletakan bahan kimia didekat perlengkapan listrik karna bahan kimia bisa menyebabkan terjadinya kebakaran. Bahaya kimia itu seperti obat nyamuk/cairan penghilang serangga dan minyak tanah.
7. Matikan perlengkapan listrik bila tengah mati lampu
Bila tempat tinggal Anda alami mati listrik, cepat matikan perlengkapan listrik yang terlebih dulu menyala. Ini yaitu satu diantara langkah bagaimana caranya menghemat listrik. Mungkin saja sebagian perlengkapan listrik memerlukan daya yang besar pertama kalinya dinyalakan hingga di kuatirkan listrik juga akan kembali mati bila menyalakan perlengkapan listrik itu. Pemakaian perlengkapan listrik yang berputar-putar dan berpemanas dapat juga mencederai penghuni bila menyala mendadak.
Dengan memerhatikan beberapa hal perlu diatas mudah-mudahan bisa menolong Anda supaya terlepas dari peristiwa yg tidak dikehendaki.
Alat peraga stopkontak yang ada didalam kelas digunakan
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Tema 2 Sub Tema 2 PB 2 dan PB 3"

Posting Komentar