Tema 2 sub tema 2 pb 2 dan pb 3

Kelas IV D
Tanggal 6 Agustus 2019
Tujuan :
Pb 2
1. Siswa mampu mengetahui tinggi dan rendahnya nada
2. Siswa mampu mengetahui hak dan kewajiban di masyarakat
Pb 3
1.Siswa mampu mengetahui perubahan energi angin
Matematika
1.Siswa mampu melakukan pembulatan bilangan dan penaksiran hasil operasi hitung.

SBDP

Nada adalah bunyi yang beraturan, dan memiliki frekuensi tunggal tertentu. Dalam teori musik, setiap nada memiliki tinggi nada atau tala tertentu menurut frekuensinya ataupun menurut jarak relatif tinggi nada tersebut terhadap tinggi nada patokan. Nada dasar suatu karya musik menentukan frekuensi tiap nada dalam karya tersebut. Nada dapat diatur dalam tangga nada yang berbeda-beda. Istilah "nada" sering dipertukarkan penggunaannya dengan "not", walaupun kedua istilah tersebut memiliki perbedaan arti.Nada dalam not dibedakan bentuknya menjadi 3 yaitu not angka, not huruf, dan not balok . Not angka dibedakan menjadi 3 yaitu: oktaf tinggi, oktaf sedang, dan oktaf rendah . sedangkan notasi huruf dibedakan menjadi 5 yaitu oktaf kecil, oktaf bergaris 1, oktaf besar, oktaf kontra, dan sub kontra .3

Pkn
A. Hak sebagai Warga Masyarakat
Hak berarti sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang dan penggunaannya tergantung kepada orang yang bersangkutan. Jadi, hak warga masyarakat adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang yang berkedudukan sebagai warga masyarakat. Bentuk hak warga masyarakat seperti berikut.

  1. Mendapatkan perlindungan hukum.
  2. Mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak.
  3. Menikmati lingkungan bersih.
  4. Hidup tenang dan damai.
  5. Bebas memilih, memeluk, dan menjalankan agama.
  6. Berpendapat dan berorganisasi.
  7. Mengembangkan kebudayaan daerah.

B. Kewajiban sebagai Warga Masyarakat
Kewajiban berarti sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Jadi, kewajiban warga masyarakat adalah sesuatu yang harus dilakukan seseorang sebagai warga masyarakat dengan penuh rasa tanggung jawab. Bentuk kewajiban warga masyarakat seperti berikut.

  1. Mematuhi aturan atau norma yang berlaku dalam masyarakat.
  2. Menjaga ketenangan dan ketertiban lingkungan masyarakat.
  3. Mengikuti kegiatan yang ada di lingkungan RT, RW, atau desa setempat, misalnya kegiatan kerja bakti, gotong royong, dan musyawarah warga masyarakat setempat.
  4. Menghormati tetangga di lingkungan tempat tinggal.
  5. Membantu tetangga yang terkena musibah.
  6. Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.


Kewajiban sebagai Warga Masyarakat

IPA
PLTB adalah pembangkit listrik tenaga bayu (angin), yaitu memanfaatkan energi angin sebagai sumber energinya. Pemanfaatan energi angin ini yaitu menggunakan kincir angin lalu dihubungkan menggunakan generator ataupun turbin. Setelah itu, proses yang dilakukan akan menghasilkan tenaga listrik yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi. Lalu, apa sebenarnya definisi atau pengertian energi angin sendiri? Energi angin merupakan bentuk yang jauh berkelanjutan bebas dengan polusi energi. Pemanfaatan angin ini memang sangat disarankan karena jumlahnya yang tidak terbatas dan juga melimpah.
Pemanfaatan energi angin ini sangat menarik karena tidak perlu menggunakan bahan bakar sebagai sumber energi. Tidak hanya itu, pemanfaatan energi angin ini juga tidak memberikan hasil gas rumah kaca dan juga limbah ataupun racun yang berlebihan.
Energi ini berasal dari energi kinetik yang dikonversi dan hadir dalam bentuk angin. Kemudian angin diolah menjadi bentuk yang lebih bermanfaat atau berguna. Itulah yang dapat disampaikan mengenai pengertian energi angin yang disampaikan secara sederhana. Setelah membacanya, tentu Anda sudah dapat membayangkan apa yang dimaksud dengan energi angin.
Salah satu pemanfaatan energi angin ini dapat Anda lihat pada kincir angin. Namun, contoh pada kincir angin ini cukup klasik karena sudah dilakukan sejak awal penggunaan energi angin. Untuk contoh modernnya yaitu dapat Anda lihat pada pembangkit listrik tenaga angin dan juga air pompa.
Generator turbin angin, turbin angin ataupun pompa angin merupakan mesin energi angin yang saat ini dapat Anda ketahui. Membahas mengenai pengertian energi angin dan juga contoh-contohnya dalam kehidupan nyata memang sangat menarik. Dengan ini Anda dapat mengetahui betapa berharga dan bermanfaatnya angin yang biasa Anda temui.
Pemanfaatan energi angin tidak hanya diterapkan pada masa-masa modern saja, tetapi sudah dimanfaatkan sejak jaman dahulu. Kincir angin bahkan dapat memompa air, menggiling gandum dan juga menghasilkan listrik sejak jaman dahulu. Bahkan energi angin ini ditemukan dapat menghasilkan listrik yaitu pada awal abad yang ke-20.
Kincir angin tersebut digunakan untuk memompa air lalu terciptalah listrik yang siap untuk dimanfaatkan. Hingga akhirnya metode kincir angin penghasil listrik ini diterapkan di seluruh dunia. Kincir angin dulunya juga dimanfaatkan untuk memompa air yang digunakan untuk mengairi pertanian dan juga peternakan.
Popularitas pemanfaatan energi angin semakin hari semakin meningkat, bahkan sampai saat ini. Pemanfaatan energi angin ini tidak selamanya meningkat sejak awal kemunculannya, bahkan sempat mengalami naik turun. Ketika harga BBM naik maka energi angin ini banyak dimanfaatkan, begitu juga sebaliknya.
Jika harga BBM turun maka pemanfaatan turbin tersebut berkurang atau menurun. Energi angin sendiri memiliki energi kinetik, di mana energi kinetik tersebut ada pada udara yang bergerak. Itulah definisi atau pengertian energi angin serta beberapa contoh mulai dari awal pemanfaatan hingga saat ini.


Alat peraga kertas origami dan pipet
Matematika 
Pembulatan
Ketentuan dalam pembulatan matematika
Ada aturan tersendiri ketika kita ingin membulatkan sebuah bilangan, aturannya adalah:

Pembulatan menuju puluhan terdekat
Angka satuan yang kurang dari 5 dibulatkan ke bawah.
Angka satuan yang lebih banyak atau sama dengan 5 dibulatkan ke atas.

Contohnya:
Angka 68 dibulatkan menjadi 70 (karena posisi satuan 8  nilainya lebih dari 5)
Angka 43 dibulatkan menjadi 40 (karena posisi satuan 3 nilainya kurang dari 5)


Pembulatan menuju ratusan terdekat
Angka puluhan yang nilainya kurang dari 50 dibulatkan ke bawah.
Angka puluhan yang nilainya lebih atau sama dengan 50 dibulatkan ke atas.

Contohnya:
Angka 149 dibulatkan menjadi 100 (karena 49 kurang dari 50)
Angka 562 dibulatkan menjadi 600 (karena 62 lebih dari 50)


Pembulatan menuju ribuan terdekat
Angka ratusan yang nilainya kurang dari 500 dibulatkan ke bawah.

Contohnya:
1678 dibulatkan menjadi 2000 (karena 678 lebih dari 500)
1328 dibulatkan menjadi 1000 (karena 328 kurang dari 500)


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Tema 2 sub tema 2 pb 2 dan pb 3"

Posting Komentar