Tema 8 sub tema 3 pb 1

Kelas IV D
Tanggal 2 Maret 2020


Perkenalkan namaku Mona. Aku teman Beni. Aku tinggal di daerah pantai yang sangat indah yang membuat aku bangga dengan tempat tinggalku.Ingin tahu kehidupan di lingkunganku?

Aku tinggal di daerah pantai. Setiap hari aku dibangunkan oleh suara ombak. Angin bertiup setiap hari dengan cukup kencang. Aku juga bisa melihat indahnya matahari terbenam setiap sore. Siang hari udara sangat panas. Karena kami tinggal di daerah pantai, ayahku bekerja sebagai nelayan. Setiap malam ayahku selalu berangkat ke laut untuk mencari ikan. Di tempatku ada tempat pelelangan ikan. Di tempat itu hasil ikan tangkapan ayahku dijual. Di sekitar rumah penduduk terdapat tempat penjemuran ikan. Ikan-ikan diawetkan dengan cara dijemur untuk dijual.

Setiap hari aku dan teman-temanku bermain di tepi pantai. Kami mencari kerang. Kerang tersebut kami jadikan hiasan dan kemudian kami jual.
  1. Bagaimana kondisi alam daerah pantai?Angin bertiup setiap hari dengan cukup kencang dan terdengar deburan ombak, 
  2. Pekerjaan apa saja yang ada di daerah pantai? Nelayam
  3. Apa beda daerahmu dengan yang ada di teks?
  4. Apa yang akan kamu lakukan kalau kamu tinggal di pantai?
Ayo Lakukan
Nah, saat ini aku ingin pergi ke rumah temanku Roni untuk membuat kerajinan kerang bersama. Bisakah kamu menjelaskan rute perjalanku? Rumahku berwarna hijau. Di sebelah rumahku terdapat dua pohon besar. Aku menuju arah timur. Rumah Roni adalah rumah kedua dari pertigaan jalan. Rumah Roni berada di kanan jalan. Bantu aku untuk menggambar rute perjalanan menuju rumah Roni, ya.
Peta Perjalanan
Dari rumah Roni kami ingin menjual hasil kerajianan kami ke toko kerajinan. Kami naik sepeda menuju arah utara. Ketika bertemu pertigaan, kami berjalan menuju arah timur. Toko kerajinan berada di sebelah kanan jalan, no 3 dari pertigaan. Gambarkan rute perjalananku.

Aku juga ingin tahu bagaimana rute perjalananmu dari rumah ke sekolah. Gambarkan dalam rute perjalanan berikut!

Ceritakan hasilnya di depan kelas!
Ini adalah salah satu kerajinan kerang yang aku buat!
Kerajinan Kerang
Ayo Berkreasi
Apa pendapatmu tentang karyaku? Sangat menarik.
Apakah kamu ingin juga membuatnya? Kalau di daerahmu tidak ada kerang, kamu bisa menggantinya dengan biji tanaman yang sudah dikeringkan, biji kacang hijau, biji saga, biji jagung, maupun biji-bijian lainnya yang mudah kamu dapatkan.

Alat dan bahan yang digunakan:
  1. Kertas karton
  2. Kerang
  3. Pasir pantai
  4. Lem putih
Cara membuat pigura dari kerang laut:
  1. Tentukan ukuran frame, bagian dalam harus sesuai dengan dimensi gambar.
  2. Oleskan lem putih pada pinggiran kertas karton
  3. Taburkan pasir pantai
  4. Setelah itu, tempelkan kerang hias pada sudut-sudut, bentuk sesuai selera
  5. Diamkan beberapa menit sampai lem mengering, dan siap untuk digunakan deh.
Selain membuat kerajinan kerang, penduduk di daerahku mengawetkan ikan dengan cara diasap. Tahukah kamu bagaimana caranya?

Ayo Belajar
PENGASAPAN IKAN
Pengasapan ikan merupakan cara yang digunakan dalam usaha perikanan. Hal ini adalah salah satu cara yang bertujuan mengawetkan ikan. Pengawetan ikan dengan media asap banyak memberikan manfaat. Selain untuk mengawetkan, cara ini juga dapat memberikan rasa dan warna pada ikan. Pada dasarnya, proses pengasapan ikan merupakan gabungan aktivitas: penggaraman, pengeringan, pemanasan, dan pengasapan.
Pengasapan Ikan
Penggaraman. Tahap ini dilakukan karena dapat memberikan keuntungan yaitu: daging ikan menjadi lebih padat, pertumbuhan bakteri pembusuk dapat dihambat, dan rasa daging ikan jadi lebih enak. Pengeringan: proses pengeringan yang terjadi memungkinkan lapisan permukaan daging ikan menyerap asap. Pemanasan: panas yang tinggi dapat menghentikan kegiatan enzim perusak, menggumpalkan protein dan menguapkan sebagian air dalam tubuh ikan. Pengasapan: pengasapan dapat membunuh bakteri, seperti juga pada proses penggaraman. Jenis ikan yang biasa diasap ialah ikan patil dan bandeng.

Dari teks yang kamu baca, buatlah grafik berikut!
Jelaskan proses pengasapan ikan!
Proses Pengasapan Ikan
Bahagia sekali rasanya bisa tinggal di daerah pantai dengan pemandangan yang indah. Hal ini semakin membuat aku bersyukur atas apa yang Tuhan berikan kepada daerah tempat tinggalku. Kadang aku merasa sedih jika para wisatawan yang berkunjung ke pantai membuang sampah sembarangan. Pantai menjadi kotor. Keindahannya juga berkurang.

Bagaimana pendapat kamu tentang hal ini? Sangat setuju membuang sampah sembarangan membuat pantai menjadi kotor dan tidak sedap dipandang.

Apa dampaknya jika daerah tempat tinggalmu kotor? Jika daerah tempat tinggal kotor maka akan banyak penyakit yang timbul.

Apa yang sebaiknya kita lakukan untuk menjaga kebersihan dan keindahan daerah tempat tinggal kita? Kita seharusnya menjaga kebersihan tempat tinggal dan merawat tempat tinggal dengan baik.

Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal merupakan tanggung jawab kita bersama. Kebersihan lingkungan tersebut perlu dijaga supaya lingkungan tetap sehat dan indah.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Tema 8 sub tema 3 pb 1"

Posting Komentar