Tema 9 sub tema 2 PB 1

Kelas IV D
Tanggal 17 Maret 2020
Materi

Sumber Daya Alam

Sumber daya alam (SDA) adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia pada umumnya. Yang tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah.

Inovasi teknologi, kemajuan peradaban dan populasi manusia, serta revolusi industri telah membawa manusia pada era eksploitasi sumber daya alam sehingga persediaannya terus berkurang secara signifikan, terutama pada satu abad belakangan ini. Sumber daya alam mutlak diperlukan untuk menunjang kebutuhan manusia, tetapi sayangnya keberadaannya tidak tersebar merata dan beberapa negara seperti Indonesia, Brazil, Kongo, Sierra Leone, Maroko, dan berbagai negara di Timur Tengah memiliki kekayaan alam hayati atau nonhayati yang sangat berlimpah.

Sebagai contoh, negara di kawasan Timur Tengah memiliki persediaan gas alam sebesar sepertiga dari yang ada di dunia dan Maroko sendiri memiliki persediaan senyawa fosfat sebesar setengah dari yang ada di bumi. Akan tetapi, kekayaan sumber daya alam ini seringkali tidak sejalan dengan perkembangan ekonomi di negara-negara tersebut.Sumber Daya Alam dapat digolongkan bedasarkan sifat dan materinya.

Untuk sumber daya alam non-hayati merupakan sumber daya alam yang ada diatas permukaan bumi dan dibawah permukaan bumi tetapi tidak hidup, antara lain tanah, udara dan air. Kali ini akan mengulas salah satu dari sumber daya alam non-hayati yakni air yang dimana terdapat fungsi, cara pemakian dan cara menjaga supaya air ini tidak habis.

Sumber Daya Alam Non Hayati

Sumber daya alam hayati merupakan Sumber daya alam yang keberaannya didapat dari dalam bumi maupun permukaan bumi, seperti:

Air

Air merupakan salah satu kebutuhan utama makhluk hidup dan bumi sendiri didominasi oleh wilayah perairan.Dari total wilayah perairan yang ada, 97% merupakan air asin (wilayah laut, samudra, dll.) dan hanya 3% yang merupakan air tawar (wilayah sungai, danau, dll.). Seiring dengan pertumbuhan populasi manusia, kebutuhan akan air, baik itu untuk keperluan domestik dan energi, terus meningkat.

Air juga digunakan untuk pengairan, bahan dasar industri minuman, penambangan, dan aset rekreasi. Di bidang energi, teknologi penggunaan air sebagai sumber listrik sebagai pengganti dari minyak bumi telah dan akan terus berkembang karena selain terbaharukan, energi yang dihasilkan dari air cenderung tidak berpolusi dan hal ini akan mengurangi efek rumah kaca.

Angin

Pada era ini , penggunaan minyak bumi, batu bara, dan berbagai jenis bahan bakar hasil tambang mulai digantikan dengan penggunaan energi yang dihasilkan oleh angin. Angin mampu menghasilkan energi dengan menggunakan turbin yang pada umumnya diletakkan dengan ketinggian lebih dari 30 meter di daerah dataran tinggi.

Selain sumbernya yang terbaharukan dan selalu ada , energi yang dihasilkan angin jauh lebih bersih dari residu yang  dihasilkan oleh bahan bakar lain pada umumnya.Beberapa negara yang telah mengaplikasikan turbin angin sebagai sumber energi alternatif adalah Belanda dan Inggris.

Tanah

Tanah adalah komponen penyusun permukaan bumi.Tanah termasuk salah satu sumber daya alam nonhayati yang penting untuk menunjang pertumbuhan penduduk dan sebagai sumber makanan bagi berbagai jenis makhluk hidup.

Pertumbuhan tanaman pertanian dan perkebunan secara langsung terkait dengan tingkat kesuburan dan kualitas tanah. Tanah tersusun atas beberapa komponen, seperti udara, air, mineral, dan senyawa organik. Pengelolaan sumber daya nonhayati ini menjadi sangat penting mengingat pesatnya pertambahan penduduk dunia dan kondisi cemaran lingkungan yang ada sekarang ini.

Manfaat Sumber Daya Alam Non-Hayati

Manfaat-Sumber-Daya-Alam-Non-Hayati
Ada beberapa manfaat sumber daya alam non-hayati yang diantaranya yaitu:
  • Hutan
Hutan dalam hal ini dapat menghasilkan kayu dan rotan yang dapat digunakan untuk industri kayu lapis dan mebel atau peralatan rumah tangga. Hutan ini merupakan penghasil oksigen dan menjaga lingkungan supaya tetap menjadi nyaman ditinggali manusia. Hutan juga dapat digunakan sebagai tempat wisata berburu atau berkemah.

  • Minyak Bumi
Minyak bumi digunakan sebagai bahan bakar untuk industri, kendaraan bermotor dan rumah tangga. Minyak bumi digunakan untuk pembangkit listrik tenaga diesel.

  • Gas Alam (LNG)
Gas alam (LNG) dapat digunakan untuk bahan bakar yang kendaraan bermotor. Gas alam (LNG) juga digunakan sebagai bahan memasak dalam rumah tangga. Gas alam (LNG) digunakan sebagai bahan dasar dari tinta, detergen dan obat anti serangga. Dan dapat digunakan untuk pembangkit tenaga listrik yang lebih efisien dan bebas polusi.

  • Batu Bara
Sebagai bahan bakar dari karbon teraktivasi, serat karbon dan metal silikon, dapat digunakan sebagai bahan bakar rumah tangga untuk memasak, sebagai bahan bakar untuk pembangkit tenaga listrik dan industri.

  • Emas Perak
Digunakan untuk perhiasan wanita, emas dan perak juga digunakan untuk mata uang logam, dan digunakan sebagai penyimpan kekayaan karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi maupun dalam sebuah industri elektronik emas digunakan beberapa jenis komponen barang-barang elektronik.

  • Nikel
Untuk digunakan sebagai campuran membuat baja anti karat, sebagai bahan dasar membuat uang koin dan lapisan senjata supaya tahan lama dan tidak berkarat.

  • Timah
Digunakan untuk sirkuit elektronik, sebagai bahan untuk membuat semi konduktor.

  • Bauksit
Bahan dasar industri keramik, sebagai bahan dalam proses permurnian alumunium.

  • Mika
Digunakan sebagai insulator pada listrik tegangan tinggi, bahan membuat jedelah kompor “seperti kaca” atau tutup peralatan rumah tangga yang tahan panas.

  • Tanah
Tanah merupakan sumber daya alam abiotik yang sangat penting karena banyak manfaat yang di dapat dari tanah, mulai dari bahan bangunan sampai kerajinan tanah liat. Perlu kita ketahui bahwa sumber daya ini dapat habis juga dan kita perlu menjaga dan mengambil seperlunya, karena tanah ini tidak dapat di perbarui.

  • Udara
Udara ialah sumber daya yang sangat penting, sebab udara mengandung oksigen yang tentunya untuk bernafas makhluk hidup yang ada di bumi, tidak hanya oksigen udara juga mengandung karbon dioksida. Karbon dioksida terjadi karena udara yang tercemar oleh lingkungan yang berasal dari pabrik, knalpot dan lain-lain. Selain itu udara juga dapat dimanfaatkan untuk PLTU “pembangkit listrik tenaga udara”.

  • Sinar Matahari
Sinar mataharoi juga termasuk sumber daya alam yang sangat penting bagi jagad raya ini, karena sinar matahari inilah yang menghidupi makhluk hidup, mulai dari manusia hewan dan tumbuhan. Pada tumbuhan juga sangat memerlukan sinar matahari supaya bisa berfotosintesis. Adapun kegunaan sinar matahari ini yakni sebagai pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

  • Air
Air merupakan salah satu sumber daya alam abiotik yang tidak dapat habis, melainkan bisa berkurang. Air juga berfungsi sebagai penghidup makhluk hidup yakni manusia, hewan dan tumbuhan. Selain untuk diminum, air juga dapat dibuat pembangkit listrik tenaga air (PLTA) yakni berfungsi menghasilkan aliran listrik yang disebabkan oleh arus air, biasanya terdapat pada waduk-waduk.

Sumber daya alam non hayati berasal dari benda tak hidup, antara lain tanah, batuan, dan bahan tambang.
  • Bahan bangunan
  1. Sekolah dibangun dengan menggunakan batu bata, pasir, semen, genting, dan tiang besi.
  2. Batu bata dan genting dibuat dari tanah liat.
  3. Pasir berasal dari hancuran batuan.
  4. Semen dibuat dari batu kapur dan hancuran batuan lain.
  5. Tiang besi dibuat dari logam besi.

  • Peralatan rumah tangga
  1. Saat ini, bahan yang sering digunakan untuk membuat berbagai peralatan rumah tangga adalah plastik.
  2. Plastik berasal dari bahan kimia buatan yang diolah di pabrik.
  3. Berbagai benda dari plastik antara lain ember, baskom, sendok, sedotan, dan kantong plastik.
  4. Sendok dan garpu dibuat dari logam besi.
  5. Panci dan penggorengan dari logam alumunium.
  6. Kalung, gelang, dan cincin dari emas dan perak.
  7. Kabel listrik terbuat dari logam tembaga.
  8. Ada berbagai jenis bahan bakar misalnya minyak tanah, gas, bensin, solar, dan batu bara.
  9. Minyak tanah digunakan untuk kompor dan lampu minyak.
  10. Gas digunakan untuk kompor gas.
  11. Bensin digunakan untuk mobil dan motor.
  12. Solar digunakan untuk mesin disel.
  13. Batu bara digunakan sebagai bahan bakar industri logam.

Tugas Liburan Sekolah
Jawablah pertanyaan di bawah ini! 
1. Apa yang dimaksud dengan Sumber Daya Alam? 
2. Apa yang dimaksud dengan Sumber Daya Alam Non Hayati? 
3. Sebutkan apa saja yang termasuk dengan Sumber Daya Alam Non Hayati ?
4. Apakah manfaat dari gas alam bagi manusia? 
5. Apakah manfaat dari air bagi kebutuhan hidup manusia? 

Kerjakan soal di atas dengan menggunakan latihan tema bukti pengerjaan silahkan difoto kirim lewat Whatshap guru

Jangan lupa tulis hari dan Bismillah 

Matematika 
Materi
Sudut

Pengertian Sudut

Pernahkah kalian memperhatikan kusen pintu atau dinding yang di rumah kalian? Pada kusen dapat kalian lihat bahwa lantai berpotongan dengan batas kusen yang membentuk suatu sudut.
Demikian juga pada jam dinding, pada saat jarum menit menunjuk angka 12 dan jarum jam
menunjuk angka 4, kedua jarum itu membentuk sebuah sudut.
Pengertian Sudut dan Macam-macam Jenis Sudut beserta Contohnya
Coba kamu perhatikan gambar di atas. Jika jarum jam di atas kita pindahkan akan terlihat seperti pada Gambar di bawah.
Pengertian Sudut dan Macam-macam Jenis Sudut beserta Contohnya
Misalkan titik potong kedua jarum tersebut adalah O, jarum menit adalah OB dan jarum jam adalah OA garis OA dan garis OB yang berpotongan di titik O membentuk sebuah sudut dan sudut ini disebut sudut AOB.
Dari uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa:
Sudut adalah suatu daerah yang dibentuk oleh dua buah ruas garis yang titik pangkalnya sama.
Perhatikan Gambar di bawah ini.
Pengertian Sudut dan Macam-macam Jenis Sudut beserta Contohnya
Ruas garis AB dan AC disebut kaki sudut, ditulis AB dan AC dan titik A disebut titik sudut. Daerah yang dibatasi kaki sudut daerah yang diarsir disebut daerah sudut.
Besar daerah sudut cukup disebut besar sudut. Kedua gambar di atas, menunjukkan besar sudut yang sama walaupun panjang kaki-kaki sudutnya tidak sama panjang.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa besar sudut tidak ditentukan oleh panjangnya kaki sudut.

Macam macam Jenis Sudut

Berikut ini adalah penjelasan tentang beberapa macam jenis sudut;

1. Sudut Siku-Siku

Penggunaan sudut siku-siku sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya pada pintu rumah, pintu lemari, atau buku pelajaran kalian yang masing-masing pojoknya membentuk sudut, yaitu sudut siku-siku.
Coba kalian perhatikan pintu yang ada di rumah kalian (misalkan pintu rumah kita angkat dan diletakkan), ternyata pintu tersebut berbentuk persegi panjang dan semua pojok-pojoknya membentuk siku-siku.
Lambang sudut siku-siku: é ù ë û
Pengertian Sudut dan Macam-macam Jenis Sudut beserta Contohnya

2. Sudut Lurus

Gambar di bawah menunjukkan dua buah segitiga siku-siku yang dibuat sedemikian sehingga salah satu sisi siku-siku segitiga yang pertama berimpit dengan salah satu sisi siku-siku segitiga yang kedua. Sisi siku-siku yang tidak berimpit membentuk garis lurus.
Pengertian Sudut dan Macam-macam Jenis Sudut beserta Contohnya
Dua buah sudut siku-siku, jika dijumlahkan menghasilkan satu sudut lurus.

3. Macam Sudut lainnya

Pengertian Sudut dan Macam-macam Jenis Sudut beserta Contohnya
Macam-macam Sudut
Macam-macam Sudut:
1. Sudut lancip, yaitu sudut yang besarnya antara 0o dan 90o atau 0o <  a < 90oa adalah sudut lancip.
2. Sudut siku-siku, yaitu sudut yang besarnya 90o.
3. Sudut tumpul, yaitu sudut yang besarnya di antara 90o dan 180o atau 90o < a < 180oa adalah sudut tumpul.
4. Sudut lurus, yaitu sudut yang besarnya 180o.

5. Sudut refleks, Sudut yang besarnya antara 180o dan 360o, 180o < < 360o

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Tema 9 sub tema 2 PB 1"

Posting Komentar