tema 9 sub tema 2 pb 6

kelas IV D
tanggal 24 Maret 2020
Materi
Bahasa Indonesia


Materi
Bahasa Indonesia


Wawancara

A. Pengertian Wawancara
Wawancara adalah suatu cara untuk mengumpulkan data atau memperoleh informasi dengan mengajukan pertanyaan langsung kepada narasumber.

B. Tujuan wawancara
Adapun tujuan wawancara adalah sebagai berikut:
  1. bahan informasi, misalnya berkaitan dengan masalah sosial,politik,ekonomi,dll
  2. bahan opini, misalnya pendapat dan tamggapan narasumber terhadap suatu masalah.
  3. bahan cerita, misalnya untuk mendukung penulisan karya sastra.
  4. bahan biografi, misalnya riwayat hidup tokoh yang akan ditulis. 
 C. Jenis-Jenis Wawancara
  a. Wawancara berdasarkan pelaksanaannya dapat dibedakan menjadi sebagai berikut:
  1. wawancara terstruktur,yaitu wawancara yang dilaksanakan secara terencana dengan berpedoman pada daftar pertanyaan yang telah disiapkan.
  2. wawancara tidak terstruktur,yaitu wawancara yang tidak berpedoman pada daftar pertanyaan.  

b. Wawancara memiliki 7 jenis,yaitu:
  1. wawancara bebas, yaitu wawancara yang susunan pertanyaannya tidak ditentukan lebih dulu dan pembicaraannya tergantung kapada suasana pembicara.
  2. wawancara terpimpin, yaitu wawancara dengan memakai daftar pertanyaan yang sudah disiapkan terlebih sebelumnya.
  3. wawancara individual, yaitu wawncara yang dilakukan seseorang dengan responden tunggal.
  4. wawancara kelompok, yaitu wawancara yang dilakukan terhadap sekelompok orang dalam waktu bersamaan.
  5. wawancara konferensi, yaitu wawancara antara seorang pewawancara dengan sejumlah responden atau sejumlah pewawancara dengan seorang responden.
  6. wawancara terbuka, yaitu wawancara yang berdasarkan pertanyaan yang tidak terbatas jawabannya.
  7. wawancara tertutup, yaitu wawancara berdasarkan pertanyaan yang terbatas jawabannya.

D. Tahap-tahap wawancara, yaitu:
  1. menentukan topik wawancara
  2. menentukan narasumber yand disesuaikan dengan topik wawancara.
  3. mengetahui identitas narasumber secara umum
  4. menghubungi atau mengkonfirmasi narasumber yang akan diwawancarai
  5. membuat garis besar atau daftar pertanyaan
  6. mempelajari masalah yang berkaitan dengan topik wawancara
  7. mempersiapkan alat Bantu untuk mencatat hasil wawancara
ketika wawancara dengan narasumber,ada beberapa hal yang perlu diperhatikan (etika/sopan santun), yaitu sebagai berikut:
  1. datang tepat waktu sesuai dengan perjanjian
  2. bersikap sopan santun,wajar dan ramah
  3. dahulukan pertanyaan yang ringan dan sederhana
  4. bertanya dengan kalimat yang jelas dan singkat sesuai dengan topik wawancara
  5. hindari pertanyaan yang bersifat pribadi
  6. mencatat hal-hal yang penting hasil wawancara dan menyimpulkannya sendiri
  7. jangan menyela apabila narasumber sedang berbicara
  8. selesai wawncara ucapkan terima kasih. 
Tugas
Siswa melakukan wawanncara kepada salah satu anggota keluarga dengan menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis tentang perilaku -perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari terhadap Sumber Daya Alam.

PKn

Hak dan kewajiban bersifat kodrati yakni melekat bersama kelahiran manusia. Hak dan kewajiban tersebut harus dilaksanakan secara bertanggung jawab oleh pihak yang bersangkutan. Orang yang tidak melaksanakan hak dan kewajibannya dapat dikatakan sebagai orang yang tidak bertanggung jawab. Bagaimanakah perbedaan antara hak, kewajiban, dan tanggung jawab? Pahamilah uraian
berikut ini.

A. Hak sebagai Warga Masyarakat
Hak berarti sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang dan penggunaannya tergantung kepada orang yang bersangkutan. Jadi, hak warga masyarakat adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang yang berkedudukan sebagai warga masyarakat. Bentuk hak warga masyarakat seperti berikut.
  1. Mendapatkan perlindungan hukum.
  2. Mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak.
  3. Menikmati lingkungan bersih.
  4. Hidup tenang dan damai.
  5. Bebas memilih, memeluk, dan menjalankan agama.
  6. Berpendapat dan berorganisasi.
  7. Mengembangkan kebudayaan daerah.

B. Kewajiban sebagai Warga Masyarakat
Kewajiban berarti sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Jadi, kewajiban warga masyarakat adalah sesuatu yang harus dilakukan seseorang sebagai warga masyarakat dengan penuh rasa tanggung jawab. Bentuk kewajiban warga masyarakat seperti berikut.
  1. Mematuhi aturan atau norma yang berlaku dalam masyarakat.
  2. Menjaga ketenangan dan ketertiban lingkungan masyarakat.
  3. Mengikuti kegiatan yang ada di lingkungan RT, RW, atau desa setempat, misalnya kegiatan kerja bakti, gotong royong, dan musyawarah warga masyarakat setempat.
  4. Menghormati tetangga di lingkungan tempat tinggal.
  5. Membantu tetangga yang terkena musibah.
  6. Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.

Kewajiban sebagai Warga Masyarakat



soal latihan 
1.      Sesuatu yang pantas kita terima disebut ……..
a. hadiah
b. hak
c. kewajiban
2.      Salah satu kewajiban anak di rumah adalah ……..
a. mendapat kasih sayang
b. membantu orang tua
c. mendapat perlindungan
3.      Sikap saat adik menyampaikan pendapat adalah ……….
a. mengacuhkan
b. mendengarkan
c. menyalahkan
4.      Menjaga kebersihan rumah adalah kewajiban …….
a. ayah dan ibu
b. semua anggota keluarga
c. anak
5.      Salah satu tata tertib di sekolah adalah …………
a. memakai seragam sekolah
b. membawa uang jajan
c. mendapat nilai
6.      Perilaku yang baik saat ulangan adalah …………
a. menyontek teman
b. mengganggu teman lain
c. mengerjakan sendiri
7.      Kita menjadi ……………………. jika rajin belajar
a. malas
b. pandai
c. bodoh
8.      Kita harus membiasakan diri membuang sampah di…………
a. sungai
b. tempat sampah
c. selokan
9.      Peraturan sekolah harus …………… siswa
a. dibiarkan
b. dibaca
c. ditaati
10.   Mendapat pelajaran merupakan …………… murid
a. hak
b. kewajiban
c. tugas
11.   Allen sakit. Ibu mengantar Allen ke dokter. Allen mendapatkan hak untuk memperoleh ……….
a. pendidikan
b. hiburan
c. pelayanan kesehatan
12.   Contoh perilaku siswa yang baik adalah ………………
a. mencoret tembok sekolah
b. melaksanakan piket kelas
c. berkelahi dengan teman
13.   Mengembalikan buku perpustakaan merupakan …………….. siswa
a. kewajiban
b. hak
c. peraturan
14.   Alta mendapat pekerjuaan rumah dari guru, sebaiknya Alta mengerjakan di ………
a. sekolah
b. kelas
c. rumah
15.   Mencari nafkah adalah kewajiban……….
a. adik
b. kakak
c. orang tua
16.   Ayah dan Ibu menyayangi aku. Aku merasa senang karena mendapatkan ……………..
a. tugas
b. kewajiban
c. hak
17.   Setelah selesai bermain sebaiknya mainan ……….
a. dibiarkan saja
b. dibereskan
c. diberikan teman
18.   Contoh sikap tertib di kelas adalah memperhatikan …………………
a. guru yang menjelaskan pelajaran
b. teman yang mengajak bercanda
c. anak yang bermain di luar kelas
19.   Saat ayah menasehati kita sebaiknya ……………
a. mendiamkan
b. membiarkan
c. mendengarkan
20.   Tata tertib di rumah bertujuan agar tercipta suasana …………..
a. tak nyaman
b. tegang

c. rukun
silahkan tulis jawabannya saja dibuku latihan tema jangan lupa tulis hari dan bismillah
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "tema 9 sub tema 2 pb 6"

Posting Komentar