Tema 8 sub tema 1

Kelas IVD
Tanggal 20 Februari 2020

Keluargaku berasal dari sebuah provinsi di ujung timur Indonesia. Namanya Provinsi Papua. Kalian ingin tahu bagaimana lingkungan tempat tinggalku? Ayo kita cari tahu!

Keluargaku berasal dari Provinsi Papua. Provinsi Papua terletak di ujung timur Indonesia. Wilayah utara dibatasi oleh Samudra Pasifik. Sementara itu di sebelah timur dibatasi oleh negara Papua Nugini. Wilayah selatan dibatasi oleh Laut Arafuru dan sebelah barat dibatasi oleh Provinsi Papua Barat. Apa yang kamu ketahui tentang batas-batas Provinsi Papua?
  1. Sebelah Utara: Samudera Fasifik/Pacific Ocean
  2. Sebelah Selatan : Laut Arafura/Arafura Sea
  3. Sebelah Barat : Provinsi Papua Barat
  4. Sebelah Timur :Papua New Guinea
Provinsi Papua
Ayo Belajar
Untuk menentukan arahmata angin, kita bisa menggunakan kompas. Kompas adalah alat untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. rujukan arah tertentu, arah mata angin yang ditunjuknya ialah utara, selatan, timur, dan barat.

Alat apa pun yang memiliki batang atau jarum magnetis yang bebas bergerak menunjuk arah utara magnetis. Kompas variasi adalah alat khusus berstruktur rapuh yang digunakan dengan cara mengamati variasi pergerakan jarum. Girokompas digunakan untuk menentukan utara sejati.

Kita juga bisa mengetahui arah pada peta. Caranya adalah dengan meletakkan peta di atas meja.

Selain itu, kamu bisa menentukan arah dengan cara berikut. Ikuti instruksi!
  1. Keluar dari kelas pada pagi hari.
  2. Berdiri menghadap ke arah matahari terbit.
  3. Matahari terbit di sebelah timur maka bayanganmu berarti di sebelah barat.
  4. Rentangkan tanganmu.
  5. Ke mana tangan kirimu menunjuk? Ke mana tangan kananmu menunjuk?
Sampaikan hasil kerja kelompokmu di depan kelas.
Matahari terbit dari sebelah timur. Bayang-bayang pasti berada di barat. Jika kita menghadap matahari dan kalian membentangkan tangan. Maka tangan kanan sebelah selatan dan tangan kiri sebelah utara.
Ayo Temukan
Keluargaku tinggal di Papua, tepatnya di Kota Wamena. Apakah kalian pernah mendengar nama kotaku? Temukan Kota Wamena pada gambar di bawah ini!
Kota Wamena
Diskusikan dengan teman di sebelahmu batas-batas wilayah Kota Wamena. Tulis hasil diskusi pada bagan di bawah ini.
Kota Wamena merupakan ibukota Kabupaten jayawijaya yang memiliki batas-batas sebagai berikut.Kota Wamena adalah salah satu kota di Papua. Kota ini sebelah utara dibatasi oleh kota Karubaga, selatan dibatasi kota Timika, timur dibatasi kota Sumomau.
Amati peta impian yang digambar oleh Edo berikut
Peta Edo
Bayangkan kamu sedang melakukan petualangan di pulau impian tersebut. Buatlah sedikitnya 3 pertanyaan tentang pulau di atas dan diskusikan jawabannya dengan temanmu.
  1. Dari Kota Prana Sakti ke arah mana kita harus berjalan untuk menuju Gunung Maru?
  2. Apa saja nama gunung yang ada di peta tersebut?
  3. Disebelah mana letak Gunung Mira dari kota Prana Sakti?
Bagaimana pendapatmu tentang pulau impian yang dibuat oleh Edo? Sekarang saatnya kamu membuat pulau impian.

Ayo Berkreasi
Buatlah pulau impian sesuai imaginasimu di kertas selembar! Tentukan arah mata angin dan batas-batas wilayah.

Ayo Bacalah
Baca teks berikut.
Jawab pertanyaan berdasarkan teks.

Kota Wamena
Wamena berada di pegunungan tengah Papua. Wamena terletak di lembah Baliem. Kota ini berupa dataran yang sangat luas. Kota ini juga dikelilingi oleh pegunungan berbatu. Tanah Wamena sangat subur. Masyarakat Kota Wamena mendapatkan hasil bumi dari bercocok tanam. Hasil buminya adalah sayur-mayur, buah-buahan, dan tembakau.

Masyarakat Wamena menjual hasil bumi ke pasar tradisional. Salah satu pasar yang terkenal adalah Pasar Jibama. Penjualan hasil bumi biasanya digunakan untuk membeli beras oleh penduduk Wamena. Makanan asli penduduk Wamena adalah ketela rambat. Mereka memasak menggunakan tumpukan batu yang telah dipanaskan.
  1. Bagaimana kondisi alam di Wamena dan pengaruhnya terhadap kehidupan  masyarakatnya?Wamena terletak di lembah Baliem, kota ini juga dikelilingi oleh pegunungan berbatu. Tanah Wamena sangat subur. Masyarakat Wamena kebanyakan bekerja sebagai petani.
  2. Apa hasil bumi di Wamena? Masyarakat Kota Wamena mendapatkan hasil bumi dari bercocok tanam. Hasil buminya adalah sayur-mayur, buah-buahan, ketela rambat, dan tembakau.
  3. Di mana penduduk menjual hasil bumi? Masyarakat Wamena menjual hasil bumi ke pasar tradisional. Salah satu pasar yang terkenal adalah Pasar Jibama.
  4. Bagaimana cara penduduk Wamena memasak makanan? Mereka memasak menggunakan tumpukan batu yang telah dipanaskan.
Kesimpulan teks di atas adalah :
Wamena terletak di lembah Baliem, kota ini juga dikelilingi oleh pegunungan berbatu. Tanah Wamena sangat subur. Masyarakat Wamena kebanyakan bekerja sebagai petani. Masyarakat Kota Wamena mendapatkan hasil bumi dari bercocok tanam. Hasil buminya adalah sayur-mayur, buah-buahan, ketela rambat, dan tembakau. Masyarakat Wamena menjual hasil bumi ke pasar tradisional. Salah satu pasar yang terkenal adalah Pasar Jibama. Makanan asli penduduk Wamena adalah ketela rambat, mereka memasak menggunakan tumpukan batu yang telah dipanaskan.
Ayo Ceritakan
Lengkapi bagan daerah tempat tinggalmu.
Nama Kotaku
Selain kondisi alam dan geografis, setiap daerah juga memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan daerah lain, yaitu lagu daerah. Papua juga memiliki lagu daerah yang terkenal, yaitu Apuse. Bisakah kamu menebak isi dari lagu ini? Ayo, kita menyanyi bersama.
Not Angka Apuse Papua
Lirik/syair lagu Apuse :
Apuse kokon dao
Yarabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase
Apuse kokon dao
Yarabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase
Arafabye aswarakwar
Arafabye aswarakwar
Makna/arti dari lagu Apuse :
Kakek-nenek aku mau pergi ke negeri seberang, Teluk Doreri
Pegang saputangan dan melambaikan tangan
Kakek/nenek aku mau pergi ke negeri seberang, Teluk Doreri
Pegang saputangan dan melambaikan tangan
Kasihan aku, selamat jalan cucuku
Kasihan aku, selamat jalan cucuku
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Tema 8 sub tema 1"

Posting Komentar