Tema 7 Sub tema 2 Pb 3,4

Kelas IV D
 Tanggal 5 Februari 2020

Materi 
 IPS
Menjelaskan keragaman Rumah Adat di Indonesia

Keragaman Rumah Adat di Indonesia

Kebudayaan daerah di Indonesia tercermin dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat di seluruh daerah di Indonesia. Setiap daerah memilki ciri khas kebudayaan yang berbeda. salah satunya adalah rumah adat. Berikut ini adalah bentuk dan nama - nama rumah adat di Indonesia. Selamat menikmati.

1. Provinsi Nanggro Aceh Darussalam
Rumah Adat Tradisional : Krong Bade

Kumpulan ,Rumah, Adat, Indonesia


2. Provinsi Sumatera Utara
Rumah Adat Tradisional : Rumah Bolon
 

 


3. Provinsi Sumatera Barat
Rumah Adat Tradisional : Rumah Gadang
 

 


4. Provinsi Riau
Rumah Adat Tradisional : Rumah Melayu Selaso Jatuh Kembar (Rumah Lancang)

 

   
5. Provinsi Riau Kepulauan
Rumah Adat Tradisional :
  Rumah Selaso Jatuh Kembar (Rumah Belah Bubung)



6. Provinsi Jambi
Rumah Adat Tradisional : Rumah Panjang


 
 


7. Provinsi Sumatera Selatan
Rumah Adat Tradisional : Rumah Limas
 

 


8. Provinsi Lampung
Rumah Adat Tradisional : Nuwo sesat


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhkYPOaDFYnROPkxisDZNEVJjBeilVEJfnk_fp8X5I5POcDVTE5UT-nd84z3AXKphSuulawQnW78CKOKvTjd0ICO42XcxStdeDnoFzhffZavmtTzNWljGxObnFiuhInxWGyJYgjOunpE_yk/s1600/rumah-adat-lampung.jpg


9. Provinsi Bengkulu
Rumah Adat Tradisional : Rumah Bubungan Lima (Rumah Rakyat)
 

 


10. Provinsi Bangka Belitung
Rumah Adat Tradisional :  Rumah Rakit


 http://chipmunkjumpink.files.wordpress.com/2009/05/rumah-limas-bangka-belitung.jpg


11. Provinsi DKI Jakarta
Rumah Adat Tradisional : Rumah Kebaya




















12. Provinsi Jawa Barat
Rumah Adat Tradisional : Kesepuhan 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjmaP2YDWuhIEVLMc1CB6Eu90pJ5rbiTQOgBUMCcy0G3JDyuVGMzq-tCC5uXkc_LiYlUM1LyP-YeeBAC9qd99mBJ_WOd5ll9sDAX_philvzrXRZEivc5PM1lNv4FNYnowi1NR9MqZfm2zOt/s1600/rumah-adat-jawa-barat.jpg


13. Provinsi Banten
Rumah Adat Tradisional: Kasepuhan
 http://genasik.telkomsel.com/genasik/web/uploads/WL_var%20254.JPG


14. Provinsi Jawa Tengah 
Rumah Adat Tradisional : Rumah Joglo

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhBZ5pcUDisPtqMfvrzRQkp70HRbamAi82I7y6-7DlPG7W6nEccgc3_B92CS9cRyOfQxQGhYCGPHn8Bc_Az_NPP3NUlcW4WK4_aQDwUMkTztsHsMUo-4p2LYWtDsQmmbnnAhot_FYKKZ2ry/s1600/rumah-jawa.jpg
 


15. Provinsi DI Jogjakarta
Rumah Adat Tradisional : Rumah Bangsal Kencono
http://ksupointer.com/wp-content/uploads/2009/09/rumah-joglo.jpg


16. Provinsi Jawa Timur
Rumah Adat Tradisional : Rumah Joglo
http://www.liyono19.comli.com/image/jawa-timur.jpg














17. Provinsi Bali
Rumah Adat Tradisional : Gapura Candi Bentar

 

 


18. Provinsi Nusa Tenggara Barat 
Rumah Adat Tradisional : Dalam Loka Samawa

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5k8riA9919I5a4aWALlA33IkGWr_TYeksxP88uW_rlPdrdl__zzhn7S_V2HMRMJSbRmYp9xoYTnEegwx-okeXXuIpi6knsFj98PpsZuB-PSOqvMtg2eXmYkTEseUDt3pwcuyEZZJ8D8KZ/s1600/rumah-adat-NTB.jpg
 


19. Provinsi Nusa Tenggara Timur 
Rumah Adat Tradisional : Sao Ata Mosa Lakitana (Musalaki)

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYIlCK9-kkgEAlUqeMfxe9D_OHtviaN-xqpBVMiU9TD6FiVKDJ7RCU6FFpHIgFddgJt-7B4IAP-XtXy3qxz8ZiYFPzVRHbji0XRmHMy71e5Eqp92GZ1Q-niYPJOq5gGK613D8jKy9LNRx_/s1600/rumah-adat-NTT.jpg
 


20. Provinsi Kalimantan Barat
Rumah Adat Tradisional : Rumah Panjang
 

 



21. Provinsi Kalimantan Tengah 
Rumah Adat Tradisional : Rumah Bentang
 

 


22. Provinsi Kalimantan Selatan
Rumah Adat Tradisional : Rumah Banjar Bubungan Tinggi
 

23. Provinsi Kalimantan Timur

Rumah Adat Tradisional : Rumah Lamin
 

 


24. Provinsi Sulawesi Utara 
Rumah Adat Tradisional : Rumah Pewaris

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEivz3XO6N7fnB_hFW6a7hwNgD3WSol8J-gGz4NbKMvePKFOssPZZjbtHqDawp5RMrn-jHgvWq6r5oGToCqTzRXRWnceb60KyjptmHLu_-EeFTMMd_YAIiBrWRG2w0lIvMpTVwbPxDsDYkN_/s1600/rumah-adat-sulawesi-utara.jpg
 



25. Provinsi Gorontalo
Rumah Adat Tradisional : Rumah Dolohupa[Rumah+Adat+Gorontalo+(doloupa+).jpg]


26. Provinsi Sulawesi Tengah
Rumah Adat Tradisional : Souraja / Rumah Besar

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhZqx3V0VX6SujA1izUS860iP96y4ONtM2uuuAKTkTzALc1aZa73Ein8cqkflnbZDDOU1lbRYN3n9_wRbpa5-1GN0NRnQcE3nbdl1So01bDpbDyLOYP9XDp4-HnEhilN9MkuHSs4D-m-jBt/s1600/rumah-adat-sulawesi-tengah.jpg
 


27. Provinsi Sulawesi Tenggara
Rumah Adat Tradisional : Laikas

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgbBQv6iCj48LRVrOVnGj6IvYbItvfR_MY49Zakao2DA2kJW8Ctobs8NpQJ949Z7G6VhfqiISjY-YN-K-PrlUiL_qJgJkgEKCysG1kaoftVMUP4wYpmjAvbI5IyJExo0Yq3iaD_8qCBTxPk/s1600/rumah-adat-sulawesi-tengara.jpg
 


28. Provinsi Sulawesi Selatan
Rumah Adat Tradisional : Tongkonan




29. Provinsi Maluku
Rumah Adat Tradisional : Baileo


 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgD_J9j4q676jwcv-GsQ5LmP7DVklRft5eWyQNJcNGJ3BxjViy803Nde9VhyRYY2SrYj5FKNoooWEE6eGW0jnxbeRR-0soPWlHEQ0E2sWim-0J_7Yped2QsO_ZJjbWyq05ZHnoYIk7oXSa9/s1600/rumah-adat-maluku-e1265745689456.jpg
 


30. Provinsi Maluku Utara
Rumah Adat Tradisional : Sasadu

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmBveGkAjuM8tyMw3ocaAD6sfAHwExRyI3XIkHCAlAKt1c_SBLAdOoE2zXWdrQral6lVL5R3_QNng7GVzydCFfAlBjxpJQhn_smpnsfpeiea2Rtsim-5t3KV3X67NaEI2kD0Yuw2RsgJ0/s320/IMG_0249.JPG


31. Provinsi Papua
Rumah Adat Tradisional : Rumah Honai






32. Provinsi Papua Barat
Rumah Adat Tradisional : Rumah Honai
 PB 4
IPS
Menjelaskan Keragaman Pakaian Adat di Indonesia

aftar Isi

1. Pakaian Adat Aceh – ( Pakaian adat Ulee Balang )

pakaian adat
Sebagian besar pakaian adat di Indonesia dipakai saat ada acara-acara penting. Namun ada juga yang memakainya sebagai pakaian pengantin. Seperti Ulee Balang dari Aceh ini.
Kalian pastinya sudah sangat kenal dengan pakaian adat dari Serambi Mekah ini. Kostum yang simple namun penekanannya pada corak kain yang digunakan. Bahkan untuk daerah Aceh Barat dan Suku Gayo beda corak bajunya.
Namun dari segi tampilan pengantin sama saja. Pengantin wanita memakai sanggul yang dikelilingi roncean bunga melati, dan pengantin pria menggunakan kopyah khas Aceh yang menjulang tinggi. Para raja Aceh adalah ikon pemakain baju adat Aceh ini.

2. Pakaian Adat Sumatera Utara – ( Ulos )

Sumatera Utara
Kalau dengan nama Ulos, langsung mengarahkan pikiran ke Suku Batak. Ya, orang Medan gitu lho. Pas nari-nari pasti pakek kain Ulos sebagai pakaian adat dari Provinsi Sumatra Utara.
Kain Ulos yang dijahit menjadi baju ini bukan tanpa maksud lho ya. Bukan sembarang makek juga, karena orang Sumatra Utara, Medan, khususnya, sangat percaya dengan kekuatan dari kain Ulos yang syarat akan daya magic.
Setahu penulis, kain Ulos itu coraknya hanya garis-garis aja dengan backgrund gelap. Eh ternyata warnanya banyak banget lho, jadi bisa di mix and match.

3. Pakaian Adat Sumatera Barat – (Penghulu dan Bundo Kanduang )

baju adat sumatera barat
Kalau diubah pembacaannya ke Bahasa Indonesia utuh, maka bacanya jadi “Bunda Kandung”. Ya, nama pakaian adat yang unik dan khas Sumatra banget. Sekilas, model pakaian Sumatra Barat ini mirip sama Aceh ya. Hehe. Emang satu pulau deh.
Yang membedakan dengan pakaian adat Aceh adalah pada sanggul wanita atau mahkota pakaian wanitanya. Di mana untuk Sumatra Barat ini menggunakan mahkota perahu (karena bentuknya mirip perahu).
Untuk pakaian adat Sumatra Barat ini, kalian wajib tahu kalau jenisnya ada 2, yakni pakaian penghulu dan pakaian Bundo Kanduang sebagai pakaian adat itu sendiri. Perbedaan antara keduanya adalah nama gender yang memakai.
Jadi, kalian bisa mengingat dengan jelas kalau nama pakaian adat Sumatra Barat untuk pria bernama Pakaian Penghulu dan pakaian adat untuk wanita bernama Bundo Kanduang.

4. Pakaian Adat Riau – (pakaian Melayu)

pakaian adat
Jelas banget ya pakaian khas dari Riau ini mirip sama pakaian khas Malaysia ya. Hehe. Ya, memang Indonesia dan Malaysia itu serumpun, yakni Rumpun Melayu. Untuk pakaian adat Riau ini, kalian wajib tahu kalau jenisnya ada 3, yaitu pakaian Bengkalis Riau, Indragiri, dan Siak.

5. Pakaian Adat Kepulauan Riau – (Belanga)

pakaian adat
Hey, ternyata buat kalian yang masih menyamakan antara Riau dan Kepulaun Riau itu salah kaprah ya. Buktinya pakaian adat Riau sama Kepualuan Riau itu beda lho. Kalau di Kepulauan Riau, nama pakaian khasnya adalah Belanga.
Jelas banget lho bedanya kalau dicermati. Tapi untuk yang melihat hanya sekilas pasti langsung bilang, nggak ada bedanya alias sama. Kalau dasarnya sih sama, karena bagi wanita, pakaian khasnya adalah model baju kurung. Cuma beda motif sama model detail aja.

6. Pakaian Adat Jambi – (Melayu Jambi)

pakaian adat
Namanya juga masih satu pulau, yakni Pulau Sumatra, jadi jelas banget ada persamaan nama pakaian adatnya sama Riau. Kalau pakaian dari Riau tadi namanya pakaian Melayu, tapi kalau di Jambi namanya pakaian Melayu Jambi.
Baju kurung bagi wanita Jambi lebih panjang daripada baju kurung Riau. Biasanya baju adat ini dipakai para pengantin. Benar-benar eksotik lho baju adat ini. Apalagi nuansa glamornya kental banget.
Ada detail benang emas dan manik-manik mewah yang menempel pada baju adat Jambi. Super cantik dan bakalan biki kalian menganga soalnya aslinya cantik banget. Rugi kalau nggak kenal.

7. Pakaian Adat Bengkulu – (pakaian adat tradisional Bengkulu )

pakaian adat
Secara spesifik, nggak ada nama dari pakaian adat yang ada di Bengkulu, soalnya bentuknya emang berupa baju kurung untuk wanita. Sedangkan untuk pakaian pria nggak ada kekhasan, soalnya cuma pakai jas.
Eits, kalian wajib kenal yang namanya Sungkon lho ya di pembahasan pakaian adat Bengkulu ini. Tahu nggak artinya? Ya, betul. Sungkin adalah sorban yang menjadi aksesoris wajib bagi pria dengan pakaian adatnya.

8. Pakaian Adat Sumatera Selatan – ( Aesan Gede)

baju adat
Ini ni pakaian adat yang mash wara-wiri dicari para calon pengantin di jaman modern ini. Anak presiden pun juga nggak kalah tertarik dengan baju khas daerah Sumatra Selatan ini.
Di mana tampilannya memang sangat mewah. “gede” yang sama dengan “besar” jika diartikan dari bahasa Jawa. Sesuai banget menggambarkan ukuran baju adat Sumatra Selatan ini yang besar.
Para lelai Sumatra Selatan yang memakai baju adat ini terlihat gagah banget deh pokoknya. Kalian yang mau jadi pengantin bisa banget menjadikan baju adat ini sebagai referensi baju nikah. Dijamin bakalan kayak raja Sriwijaya. Hehe.
Kok kayak raja-raja dari Kerajaan Sriwijaya sih? Nggak nyambung banget. Eh nyambung donk, soalnya inspirasi dari lahirnya pakaian adat Sumatra Selatan ini adalah dari masa kerajaan Sriwijaya.

9. Pakaian Adat Kepulauan Bangka Belitung – (Paksian)

pakaian adat
Wah langsung deh mengarah ke gelang yang dipakai kedua mempelai asal Bangka Belitung. Hehe, soalnya besar banget. Tapi unik lho dan bagus, cocok saat dipakai, nggak kelihatan mengganggu penampilan. Nenek moyang pinter banget ya di bidang fashion.
Kalau untuk nama, pakaian khas Bangka Belitung ini terinspirasi dari mahkota yang dipakai pengantin wanita. Itu tu namanya paksian, bukan mahkota perahu ya, hehe. Maklum masih sama-sama belajar.

10. Pakaian Adat Lampung – (Tulang Bawang)

pakaian adat
Kalau pakaian adat yang satu ini yang pertama kali menarik perhatian adalah warna dasar bajunya. Putih dengan nuansa bordir yang sangat cantik. Kelihatan sederhana dengan kalung kay yang dipakai kedua mempelai, namun jatuhnya mahal dan klasik.
Kain tapis menjadi bahan kain yang nggak boleh ketinggalan pada pembuatan pakaian khas Lampung ini. Kalian bisa lihat tampilan baju Tulang Bawang ini yang mewah karena memang efek kain Tapis.

11. Pakaian Adat Banten – (Pangsi)

pakaian adat
Bicara soal Banten, langsung mengingat suku terkenalnya, yakni Suku Badui. Merekalah yang melestarikan keberadaan pakaian adat Banten yang bernama pangsi ini. kayak baju kebaya Jawa, karena memakai bawahan jarik dan atasan baju kebaya
Eh coba amati lagi. Beda lhooo. Jelas banget perbedaanya pada baju pengantin prianya. Mereka menaruh kerisnya di depan. Kalau baju adat Jawa kan naruh kerisnya di belakang.
Selain itu, bedanya adalah pemakaian sabuk atau ikat pinggang para pengantin laki-laki. Jadi, kalian jangan samain ya. Keragaman nggak harus menunjukkan perbedaam secara mencolok.

12. Pakaian Adat Jawa Barat – (kebaya)

pakaian adat
Ya,memang pakaian adat dari Jawa Barat sama daerah Jawa yang lainnya itu sama lho. Cuma ada perbedaannya lah. Sebenarnya kebaya jawa Barat itu lebih mengarah ke kebaya sederhana.
Jelas banget perbedaannya kalau untuk dipakai laki-laki, soalnya bajunya nggak seperti baju beskap laki-laki, tapi lebih ke pakaian raja atau Sunan atau Tumenggung ya. Ada kain jarik yang dilingkarkan di luar celana.
Kalau jaman dulu, pakaian kebaya yang dipakai oleh orang Jawa Barat itu bisa menjadi penanda status sosial. Walaupun sama-sama baju kebaya, kalau bahannya tebal dan mahal, pasti si orang tersebut adalah orang kaya.

13. Pakaian Adat DKI Jakarta- (Pakaian data Betawi)

pakaian adat
Orang Betawi emang suku asli Jakarta ya, jadi pakaian adatnya pun Betawi banget. Ada manik-manik yang menutupi seluruh wajah mempelai wanita. Unik banget. Malah sebenarnya coraknya itu adalah corak mix kebudayaan luar negeri, yakni budaya Barat, Melayu, dan Arab.
Orang Betawi pasti memakai baju adat ini pas melangsungkan pernikahan. Warna merah menjadi identitas pakaian adat yang satu ini. Ditaburi dengan benang emas dan motif blink-blink membuat baju adat ini rame.

14. Pakaian Adat Jawa Tengah – (kebaya-basahan)

baju adat
Pernah denger kata “ basahan “? Dulu penulis pikir kalau kata tersebut adalah nama dari benda yang barus aja dicelup air. Hehe. soalnya basah, jadi hubungannya sama air. Mungkin sat dari kalian juga mengalami hal yang sama.
Di mana ternyata “basahan “ ini adalah pakaian adat yang berasal dari Jawa Tengah. Biasanya para pengantin Jawa Tengah memilih basahan. Sekalian kostum yang bagus. Berbeda kalau kebaya Jawa Tengah lebih panjang dan membentuk ujung lancip,

15. Pakaian Adat DI Yogyakarta – (kesatrian)

pakaian adat
Ada dua warna pada pakaian adat Yogyakarta ini. ada yang berwarna hitam dan kuning keemasan. Kalau untuk sanggul pengantinnya sama, cuma bisa memilih baju kemben atau yang tertutup dengan kain beludru hitam.
Pakaian khas Yogyakarta ini adalah pakaian yang dipakai oleh para raja Yogyakarta kala itu. Kalian bakalan kayak raja deh pokoknya. Bajunya kelihatan berat, tapi sebenarnya enggak.

16. Pakaian Adat Jawa Timur – ( pesa’an)

pakaian adat
Padahal orang Jawa Timur juga memakai kebaya lho, tapi ternyata ada nama pakaian adat yang lain lagi. Di mana nama “pesa’an “ ini adalah diambil dari baju kahs Madura. Pakai akos belang-belang dan memakai celana serta rompi hitam.

17. Pakaian Adat Bali – (pakaian adat Bali )

baju adat
Kalian takut nggak pas dilirik para penari Bali, yang memang membelalak matanya saat menari. Kalau penulis nggak takut, justru terpukau dengan pakaian adat yang super mewah itu.
Kayak berat banget gitu bajunya, tetapi sebenarnya enteng. Mahkotanya pun nggak seberat yang penulis bayangin. Sama kayak di daerah Jawa Barat, pakaian Bali ini bisa menjadi penanda akan status sosialnya.

18. Pakaian Adat Nusa Tenggara Barat – (pakaian adat Lombok)

baju adat
Nama pakaian adat Nusa tenggara barat atau NTB ini nggak begitu sering diapaki y. Namanya adalah pakaian Lombok yang imagenya sederhana banget. Bagi wanita menggunakan gelang kaki uang cukup besar.
Orang NTB hanya akan memakai pakaian adat ini saat ada acara perkawinan, festival adat, atau upacara-upara adat.

19. Pakaian Adat Nusa Tenggara Timur – (pakaian Adata Nusa Tenggara Timur )

pakaian adat
Ini ni, pemakaian kain tenun yang cantik ditampilkan dalam pakaian adat dari NTT atau Nusa tenggara Timur. Kain tenun dipakai sebagai selendang dan bawahan. Untuk aksesorisnya, kalian perlu tahu namanya, yakno ti’langga. Aksesoris ini hanya bisa dipakai oleh wanita saja.

20. Pakaian Adat Kalimantan Utara – ( pakaian adat Kalimantan Timur)

baju adat
Lagi-lagi pakai baju yang sama dengan model baju khas Kalimantan yang lainnya. Ya memang suku Dayak adalah suku yang sangat mendominasi. Namun nggak masalah, perpaduan warna dasar hitam hasilnya glamor banget.

21. Pakaian Adat Kalimantan Barat – ( Perang )

pakaian adat
Nenek moyang benar-benar cerdas dan berwawasan luas ya. Bayangin, pakaian khas Kalimanan Barat ini bukan terbuat dari kayu, melainkan dari serat kayu ampuro. Cara membuat baju ini adalah dengan dipukul-pukul di dalam air.

22. Pakaian Adat Kalimantan Tengah – (Upak Nyamu )

pakaian adat
Adapun nama pakaian adat Kalimantan Tengah ini memiliki ciri khas celana panjang pada pria dan rok tertutp pada wanita. Pria pun juag dilengkapi dengan rompi. Perpaduan yang cocok banget dan bsa dijadikan identitas daerah.

23. Pakaian Adat Kalimantan Selatan – (Bagajah Gamuling Baular Lulut)

pakaian adat
Ada banyak nama pakaian adat Kalimantan Selatan ini. Salah satu yang terkenal adalah baju Bagajah Gamuling Baular lulut. Tampilannya kayak baju kebaya biasa ya, tapi permainan warna orange dan silver bagus banget.

24. Pakaian Adat Kalimantan Timur – (pakaian adat Kalimantan Timur)

pakaian adat
Sama kayak baju adat khas Kalimantan yang lainnya. Pakaian ini bisa dibilang sangat cantik dan terbukti unik serta memukau. Dengan membawa alat untuk melindungi diri, pakaian khas Kalimantan ini sangat penting.

25. Pakaian Adat Gorontalo – (pakaian adat Gorontalo)

pakaian adat
Wih, mahkota kedua mempelai besar banget. Hehe. Tapi cantik dan unik. Kalian wajib tahu nama-namanya ya. Ada Mukuta sebagai baju laki-laki dan Billu untuk pengantin perempuan.
Soal warna, pakaian adat Gorontalo ini nggak neko-neko. Hanya ada 3 warna yang selalu dipakai, yakni warna Ungu, kuning emas, dan hijau.

26. Pakaian Adat Sulawesi Utara – (Laku Tepu)

pakaian adat
Warna baju yang berani dan menyala itu nggak cuma merah ya. Kuning kayak Laku Tepu ini pun juga sangat menarik. Eye catching banget deh pokoknya. Nggak ada tambahan aksesoris lain pada pakaian adat dari Sulawei Utara ini.
Kalian wajib tahu satu hal kalau bahan pembuatan pakaian adat yang satu ini adalah menggunakan serat batang pohon pisang. Unik banget ya. Kalian bisa bayangin nggak gimana caranya saat itu.

27. Pakaian Adat Sulawesi Barat – (Mandar)

pakaian adat
Daerah Mandar yang ada di Provinsi Sulawesi Barat dijadikan nama pakaian adat Sulawesi Barat ini. Tampilannya modern banget ya. Kayak bukan pakaian adat aja ya. Laki-laki bisa memajai kopyah dulu.

28. Pakaian Adat Sulawesi Tengah – (Nggembe)

pakaian adat
Tahu nggak kebaya yang dipakai para calon Puteri Indonesia atau Miss Indonesia? itu kain hasil panenanmu. Leher yang panjang dan berbentuk segi empat menjadi ciri khas utamanya.

29. Pakaian Adat Sulawesi Selatan – (Bodo)

pakaian adat
Tetap menggunakan baju kurung ya, tapi dengan warna yang lebih modern dan motif yang lebih bervariasi. Tidak banyak motif pada baju Bodo ini untuk wnaita, jadi warna dasar pakaiannya jelas banget ya.

30. Pakaian Adat Sulawesi Tenggara (Tolaki)

pakaian adat
Pakaian adat Suku Tolaki ini adalah pakaian yang sangat unik. Kombiansi warna biru dan ungu sangatlah mix. Para pengantin dari Sulawesi terlihat keren. Kalian bisa menjadikannya referensi kostum naik pelaminan.

31. Pakaian Adat Maluku Utara – (Manteren lamo)

pakaian adat
Kelihatannya bajunya biasa aja ya. Pakaian laki-lakinya pun hanya jas biasa. Tapi kalian wajib tahu kalau jumlah kancing jas untuk pakaian khas Maluku Utara ini harus 9 buah kancing.

32. Pakaian Adat Maluku – (Cele)

pakaian adat
Motif ragam hias geometris telah menghiasi baju Cele khas Maluku ini. Motif dengan konsep kotak-kotak menjadi motif yang paling utama dipakai. Motif tersebut hanyalah dipakai untuk baju saja.

33. Pakaian Adat Papua Barat –(ewer)

pakaian adat papua
Pakaian khas Papua yang sangat menarik. Semua berasal dari bahan alam, namun bisa menghasilkan baju. Perlengkapannya pun juga bisa langsung dikenakan. Pas dipakai buat nari, roknya bakalan melambai-lambai.

34. Pakaian Adat Papua – (pakaian adat Papua)

jenis pakaian adat papua
Wah ternyata beda lho pakaian adat Papua dengan Papua Barat. Walaupun sebenarnya secara sekilas itu sama. Bedanya adalah pakaian laki-laki yang tertutup baju. Kalau pakaian Papua masih belum berbaju.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Tema 7 Sub tema 2 Pb 3,4"

Posting Komentar