Tema 8 Sub tema 1

Kelas IV D
Tanggal 21 Februari 2020

Materi
IPA

Gaya Otot

Otot merupakan alat gerak pasif pada manusia dan hewan. Otot adalah jaringan yang berperan menggerakkan rangka tubuh dan organ tubuh di dalamnya.


pixabay.com
Gaya otot ditemukan oleh seorang fisikawan sekaligus dokter dari Italia bernama Luigi Galvani. Menurut Luigi, gaya otot adalah gaya yang dihasilkan oleh tarikan atau dorongan otot manusia atau hewan. Gaya tersebut terjadi karena adanya sentuhan antara anggota tubuh manusia atau hewan dengan benda yang dikenai gaya. Gaya dapat terjadi karena sentuhan otot di dalam tubuh dengan organ atau tulang.
Contoh gaya otot yang dilakukan manusia dan hewan:
  • Kegiatan memindahkan benda, misalnya anak yang mendorong meja dan sapi yang menarik gerobak.
  • Menggerakkan tubuh, seperti berjalan, berlari, mengangguk, dan sebagainya.
  • Kegiatan melatih dan membentuk tubuh, seperti gerakan latihan pada sendam, shit up dan push up.
  • Aktifitas melakukan pekerjaan, seperti memaku, menulis, memotong buah, dan sebagainya.
  • Kegiatan mempertahankan postur tubuh, seperti duduk, berdiri, jongkok, dan berbaring.

Gaya Pegas

Gaya pegas, yaitu gaya yang berasal dari regangan atau rapatan benda pegas. Benda yang memiliki gaya pegas biasanya dapat memantul dan elastis, seperti halnya karet dan per. Gaya biasanya timbul ke arah benda yang merenggangkan dan merapatkannya.


macam macam gaya
saferkidsandhomes.com
Sifat gaya pegas biasanya elastik. Sifat elastik dapat terjadi ketika pegas direnggangkan atau dirapatkan kemudian dilepaskan. Benda akan kembali ke bentuk semula.
Beberapa fisikawan menyebut gaya pegas sebagai gaya elastik atau gaya lenting.
Contoh penggunaan gaya pegas dalam kehidupan sehari-hari:
  • Pegas yang ditimbulkan dari bambu yang dibengkokkan.
  • Pegas yang diperoleh dari busur anak panah sehingga anak panah dapat melesat ke arah yang dituju.
  • Gaya dimanfaatkan di dalam mesin kendaraan untuk mengurangi pengaruh getaran pada jalan yang kasar. Semua kendaraan, mulai dari mobil, motor, sepeda, bahkan delman menggunakannya.

Gaya Gesek

Cerdikawan, tahukah kamu bagaimana benda dapat dikatakan bergesek? Ya, jika benda tersebut bersentuhan dengan benda lain yang diam atau bergerak pula.


pixabay.com
Gaya gesek adalah gaya yang terjadi karena bersentuhannya dua buah benda. Sumber gaya sebagai subjek dan objek yang dikenainya saling bersentuhan. Namun, tidak semua sentuhan benda dapat menimbulkan gesekan. Salah satu atau kedua benda yang bersentuhan harus bergerak. gerakan keduanya harus berlawanan arah.
Jika dua benda bersentuhan dan keduanya bergerak bersama satu arah, maka gesekan tidak akan terjadi.
Gaya gesek biasanya menghambat pergerakan. Selain itu, gaya ini dapat merugikan dan memberi manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari:
  • Gaya gesek yang terjadi antara roda kendaraan dengan aspal ketika bergerak. Ulir pada roda yang bergerigi memperbesar gaya gesek.
    Gaya gesek ini merugikan karena roda dapat menjadi “botak”, gerakan roda akan semakin licin. Lalu gaya gesek yang kecil membuat kendaraan mudah tergelincir.
  • Gaya gesek antara alas kaki kamu dengan permukaan tanah. Nantinya gaya gesek semakin besar pada permukaan tanak tidak rata. Gaya semakin kecil pada permukaan tanah licin. Itu sebabnya pemain bola menggunakan sepatu dengan bantalan. Untuk memperbesar gaya gesek.
    Gaya gesek ini juga merugikan karena menyebabkan alas sepatu semakin terkikis.
  • Jenis gaya gesek juga dimanfaatkan pada permainan karambol. Gaya gesek yang disukai adalah gaya yang kecil. Untuk itu, papan karambol diberi sagu agar lebih licin.
  • Gaya gesek juga terjadi ketika kamu menggeser lemari. Gaya terjadi antara lemari dengan lantai. Sementara antara kamu dengan lemari, digunakan gaya otot.
    Agar lemari lebih mudah digeser, kamu memerlukan gaya gesek yang besar. Biasanya di bawah lemari diberi keset.

Gaya Gravitasi

Gaya gravitasi adalah gaya yang dapat menarik benda lain ke arah pusat benda tersebut tanpa menyentuhnya.


macam macam gaya
pixabay.com
Gaya gravitasi pertama kali ditemukan oleh Issac Newton, ilmuwan berkebangsaan Inggris dengan memperhatikan apel yang jatuh dari pohon. Newton bahkan merumuskan konsep tentang gaya yang masih digunakan hingga kini.
Contoh gaya gravitasi dalam kehidupan sehari-hari:
  • Gaya gravitasi antara benda-benda di tata surya. Gaya tersebut menyebabkan planet mengelilingi matahari dan bulan mengelilingi bumi.
  • Gravitasi bumi menyebabkan benda-benda yang berada di atasnya jatuh ke bumi.
  • Gaya gravitasi bumi juga menyebabkan kamu berjalan di atas tanah tidak melayang-layang di udara seperti di luar angkasa.
Burung dapat terbang ke angkasa karena mempunyai energi melawan gaya gravitasi. Berdasarkan konsep tersebut manusia kemudian membuat pesawat.

Gaya Magnet

Magnet merupakan suatu benda yang dapat menarik dan menjauhkan benda lain. Magnet ini dapat berupa magnet buatan dan magnet alam.


pixabay.com
Gaya magnet adalah gaya tarik menarik atau tolak menolak dua benda yang bermuatan magnet atau benda yang bermuatan magnet dengan benda yang terbuat dari besi.
Magnet biasanya terdiri dari dua kutub, Utara (U) dan Selatan (S). Gaya yang disebabkan oleh benda ini biasanya digambarkan dengan garis-garis gaya magnet yang merpakan garis khayal. Tarikan dan dorongan yang masih bisa dilakukan sekitar garis gaya magnet disebut medan magnet. Medan magnet terbesar adalah di daerah kutubnya.
Sifat gaya magnet ada 2:
  • Dua kutub yang senama jika di dekatkan akan tolak menolak, misalkan U dengan U dan S dengan S.
  • Dua kutub yang tidak senama jika didekatkan akan taruk menarik, misalkan U dengan S.
Gaya magnet dalam kehidupan sehari banyak digunakan untuk mendeteksi adanya logam di bawah permukaan tanah.
Magnet juga banyak digunakan pada alat-alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik. Contoh paling sederhana ada pada bel listrik.

Gaya Listrik

Gaya listrik adalag gaya tarikan yang ditumbulkan oleh benda bermuatan listrik. Jenis gaya ini tidak hanya berlaku pada satu titik tertentu saja tetapi juga pada benda-benda di sekitarnya yang disebut medan listrik.


macam macam gaya
pixabay.com
Gaya listrik dapat terjadi baik pada listrik statis ataupun dinamis.
Namun, contoh gaya listrik yang paling mudah kamu amati adalah pada listrik statis. Misalnya ketika kamu menggosokkan penggaris pada rambut. Penggaris yang menjadi bermuatan listrik dapat menarik kertas-kertas kecil di atas meja.
Contoh penggunaan gaya listrik dalam kehidupan sehari-hari tentunya sudah kamu rasakan. Di sekeliling banyak menggunakan peralatan dari listrik yang menggunakan gaya dan energi listrik. Kebanyakan adalah listrik dinamis.
Sementara penggunaan gaya listrik dinamis, misalnya pada penyedot debu

PKn
Karakteristik itu lebih melekat pada diri seseorang yang akan selalu berlanjut.
Berikut adalah 5 keberagaman individu beserta manfaatnya:
∴Umur/usia
Manfaatnya: Dengan perbedaan umur kita belajar dari yang lebih tua serta menghormatinya dan menghargai yang lebih muda untuk menjadi inspirasinya.

∴Jenis kelamin
Manfaatnya: Dengan adanya perbedaan jenis kelamin tugas-tugas bisa dibedakan misal jika ada acara gotong royong yang perempuan membantu memasak dan yang laki-laki bekerja dilapangan.

∴Ras/suku
Manfaatnya: Kita bisa belajar bahasa serta mempelajari budayanya sehingga wawasan kita tentang nusantara bertambah,dan juga lebih belajar memahami sikap dari ras tersebut.

∴Pengetahuan
Manfaatnya: Pengetahuan disini seperti tingkatan pendidikan yang mana kita bisa belajar cara/strategi agar bisa seperti orang berpendidikan tinggi dengan berbagi motivasi dan juga ilmu.

∴Agama/kepercayaan
Manfaatnya: Kita bisa saling mengerti dan saling membantu jika jika ada kesusahan saling memberikan support dan tidak mengganggunya untuk acara masing-masing.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Tema 8 Sub tema 1"

Posting Komentar