Tema 7 sub tema 3 pb 2,3

Kelas IV D
Tanggal 11 Februari 2020

Materi
A.   Pengertian Kolase
Kolase yaitu karya seni rupa dua dimensi yang menggunakan bahan yang bermacam- macam selama bahan dasar tersebut dapat dipadukan dengan bahan dasar lain yang akhirnya dapat menyatu menjadi karya yang utuh dan dapat mewakili ungkapan perasaan estetis orang yang membuatnya, sehingga menjadi karya seni rupa dua dimensi yang dirangkum.

B.   Pengertian Mozaik
Mozaik yaitu pembuatan karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang menggunakan material atau bahan dari kepingan – kepingan yang sengaja dibuat dengan cara dipotng- potong atau sudah dibentuk potongan kemudian disusun dengan , ditempelkan pada bidang datar dengan cara dilem. Kepingan benda- benda itu , antara lain : kepingan pecahan keramik, potongan kaca, potongan kertas , potongan daun, potongan kayu.

C.   Perbedaan Kolase dan Mozaik
KOLASE
MOZAIK
Menggunakan bahan yang bermacam-macam pada satu bidang.
Menggunakan satu jenis bahan pada satu bidang.
Proses pembuatanya banyak menggunakan variasi cara/teknik (dengan di lem, las, dipaku dan lain-lain) di masukkan agar dapat menyatu.
Proses pembuatannya dengan cara membuat potongan-potongan dari bahan lalu ditempel.

Unsur dekorasi kolase sangat sulit menggambarkan dengan gaya naturalis karna materialnya terdiri dari bahan – bahan yang beraneka dan berbentuk benda utuh, sehingga untuk menggambarkan bentuk elastis naturlis sangat sulit.
Unsur dekorasi mozaik tidak terlalu sulit menggambarkan dengan gaya naturalis karna materialnya terdiri dari bahan – bahan yang sejenis sehingga untuk menggambarkan bentuk elastis naturlis tidak terlalu sulit.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Tema 7 sub tema 3 pb 2,3"

Posting Komentar