Tema 7 Sub Tema 2 PB 5

Kelas IV D
Tanggal 6 Februari 2020

Materi
PB 5
Bahasa Indonesia
Indonesia kaya akan ragam seni budaya sudah semestinya Indonesia berbangga, maka sudah selayaknya bagi bangsa dan masyarakat negeri ini untuk melestarikan dan menjaga ragam seni budaya yang ada di Indonesia ini. Jadi tidak mustahil jika banyak hasil cipta rasa dan karya dalam berbagai adat dan ragam seni budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia ini selalu dilirik oleh bangsa lain. Kebudayaan nasional adalah kebudayaan yang diakui sebagai identitas nasional.
Dalam pembahasan ragam seni budaya mempunyai pengertian  untuk Seni budaya berasal dari dua suku kata Seni - Budaya. Untuk kata Budaya berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal yang diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Tapi semua terangkum menjadi satu yaitu sebuah ragam seni budaya yang ber- BINEKA TUNGGAL IKA dengan menunjukkan adat ketimuran dan berasaskan Pancasila. Secara devinisi budaya dapat di artikan sebegai tata cara hidup manusia yang dilakukan secara kelompok atau masyarakat, dan di wariskan turun-temurun dari generasi ke generasi.
Sedangkan Seni adalah ide atau gagasan proses dari sebuah pemikiran manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dan sebuah cipta rasa manusia dalam kreatifitas. Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai, disebab masing-masing individu manusia mempunyai cita rasa yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.
Beberapa para ahli devinisi mengartikan bahwa seni merupakan sebuah aktifitas dalam perbuatan yang timbul dan bersifat indah, menyenangkan dan dapat memberi kepuasan tersendiri dalam jiwa suatu manusia. Sebuah seni juga bisa kita gambarkan dari sebuah penjiwaan yang dalam, dan berbeda antara orang satu dengan yang lainnya.
PKn
Keragaman kesenian daerah yang dimiliki Indonesia dapat kita lestarrikan melalui upaya-upaya berikut :\
1. Menghargai kesenian yang dimiliki oleh daerah lain
2. Mempelajari seni tari dan alat musik daerah lain dengan bersemangat
3. Mengenalkan seni pertunjukan daerah kepada orang lain
4. Menghafalkan dan menyanyikan lagu daerah dengan bersemangat
5. Mempromosikan kesenian suatu daerah sesuai pengetahuanmu
SBdP
Jenis-jenis tarian daerah Indonesia

Macam macam Tarian Tradisional Lampung :

1. Tari Melinting.


tari melinting
@www.lampung-helau.com

Tari pertama dari Lampung yang menjadi salah satu tari adat adalah tari melinting. Tari melinting ini sendiri merupakan tari yang menjadi bentuk peninggalan tertua. Tarian ini sudah ada sejak masuknya Islam ke Indonesia. Pada umumnya, tarian ini ditampilkan ketika ada acara adat ataupun semacamnya. Pada mulanya tarian ini hanya pertunjukan untuk keluarga dan lingkungan kerajaan.
Tetapi pada tahun 1958 sudah berkembang luas sehingga menjadi tarian rakyat. Untuk itu, semua masyarakat Lampung bisa menonton tarian melinting. Dahulunya, tarian ini bersifat tertutup dan hanya digunakan untuk acara penting. Namun dengan berjalannya waktu, perkembangannya semakin meluas.
Tarian ini dibawakan sebagai ungkapan rasa syukur dan kebahagiaan masyarakat sekitar Lampung atas apa yang mereka selalu di dapatkan di dalam kehidupan sehari-hari. Bisa dikatakan bahwa tarian adat Lampung adalah tarian yang kaya akan makna. Tarian ini dibawakan oleh pemuda pemudi yang ada di Lampung dan jumlah biasanya dibawakan oleh 8 orang penari, terdiri dari masing-masing 4 perempuan dan 4 laki-laki.
Tarian ini mempunyai beberapa babak seperti bapak pembuka, babak gator, babak kenui melayang dan babak penutup. Ada beberapa gerakan dibuat berbeda antar jenis kelamin misalnya jika lelaki mendominasi gerakan lincah dan cenderung manis maka berbanding terbalik dengan gerakan yang dibawakan oleh penari perempuan yang cenderung lebih lembut.

2. Tari Bedana.


Tari Bedana Lampung
@saibumi.com

Nama Tarian adat Lampung selanjutnya adalah tarian Bedana, dimanah tarian ini sudah ada sejak masuknya Islam ke Indonesia. Pada mulanya hanya diselenggarakan ketika ada keluarga yang baru saja hatam Alquran. Tetapi dengan perkembangan waktu dari masa kemasa, tari Bedana ini bisa dinikmati oleh setiap kalangan di Lampung secara terbuka. Adapun makna dari tarian Bedana ini adalah ajaran Islam yang mencerminkan sisi kehidupan dan Sisi masyarakat Lampung.
Tari Bedana juga sangat akrab dan ramah. Selain itu juga digunakan sebagai simbol persahabatan dan juga pergaulan anak remaja di daerah Lampung. Tarian ini juga merupakan ekspresi perasaan gembira dan sukacita yang sangat mendalam dengan iringan musik gamelan khas Jawa. Suasana yang tercipta dari tarian Bedana ini selalu antusias dan menarik. Tarian ini juga diiringi oleh alat musik tradisional yang khas misalnya gambus, kerenceng, ketipung dan juga diiringi oleh lagu yang cenderung bernuansa gembira dan juga riang.

3. Tari Sigeh Pengunten.


Tari Sigeh Pengunten
@malahayati.ac.id

Selanjutnya ada tari Sigeh Pengunten dimanah tarian ini begitu populer di Lampung hingga saat ini dan menjadi yang paling utama ketika penyambutan tamu maupun resepsi pernikahan. Dari tarian adat lampung dan penjelasannya, bisa diketahui bahwa nuansa yang ada dalam tarian ini ialah kegembiraan karena adanya tamu yang datang ke acara. Selain berfaedah untuk tarian penyambutan, tari ini juga dilakukan sebagai bukti ucapan rasa terima kasih yang telah hadir ke acara.
Adapun penari yang membawakan tari ini harus berjumlah ganjil dimulai dari jumlah 5, 7, 9, 11 dan seterusnya. Yang membuat unik tarian ini adalah salah satu penari membawa tepak. Tepak sendiri merupakan sebuah kotak berwarna kuning keemasan yang isinya daun sirih yang akan diberikan kepada tamu. Tarian ini diiringi oleh lantunan alat musik khas dari adat Lampung.

4. Tari Halibambang.


Tari Halibambang
@lampost.co

Selanjutnya, tarian adat Lampung adalah tarian halibambang yang menjadi warisan nenek moyang suku Lampung Sekala Brak. Tarian ini biasanya digunakan ketika adanya acara pernikahan dan juga acara pesta bernama Nyampai. Tarian ini diperuntukkan bagi tamu yang datang ke acara pernikahan. Dari segi ke makna katanya sendiri, Hali berarti seperti atau bagaikan dan Bambang berarti kupu-kupu.
Tari Halibambang bisa disimpulkan sebagai sebuah tarian yang penggambarannya merupakan kupu-kupu yang berterbangan sambil mengibas sayapnya yang indah. Dahulunya tari Halibambang ini sangatlah tertutup, hanya bisa dipertunjukkan pada saat acara tertentu saja. Halibambang juga merupakan tarian khusus keluarga besar Lampung Sekala Brak yang mempunyai adat saibatin.

Alat musik dan jenis tarian daerah Indonesia

1. Gendang


Gendang Melayu Lampung via WordPress
Gendang adalah salah satu alat musik yang melekat pada budaya bangsa Indonesia. Gendang dapat kita jumpai di beberapa daerah di nusantara selain di Lampung. Gendang juga salah satu alat musik yang sudah sangat lama digunakan oleh masyarakat adat di berbagai wilayah di indonesia. Bahan untuk membuat Gendang adalah kayu dan bagian atasnya di buat dari kulit binatang. Memainkan alat musik Gendang biasanya bersamaan dengan alat musik lainnya dalam irama tertentu.

2. Membling


Membling Lampung via Ibnuasmara
Membling merupakan alat musik tradisional dari Lampung yang mirip dengan alat musik Hasapi dari daerah Sumatera Utara. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik dan biasanya dimainkan secara individu untuk mengungkapkan perasaan hati. Membling terbuat dari kayu dan berdawai 2. Bagian atas alat musik ini dihiasi oleh ukuran gambaran orang yang memakai kopiah.

3. Gamolan


Gamolan Lampung via Bisnis.com
Alat musik yang satu ini adalah salah satu alat musik yang sangat khas dari Lampung. Alat musik Gamolan hampir sama dengan alat musik Gamelan dari daerah Jawa namun memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Gamolan dari Lampung ini terbuat dari susunan bambu yang diikat dengan tali senar dengan rancangan khusus.
Cara memainkan alat musik ini sama dengan alat musik Gamelan yaitu dimainkan dengan cara dipukul. Masyarakat Lampung biasa memainkan alat musik ini pada acara adat tertentu. Gamolan diketahui sudah ada sejak abad ke 4 Masehi hal ini dibuktikan dari hasil penelitian seorang peneliti asal Australia yang menemukan gambar Gamelan pada relief candi borobudur

4. Kerenceng atau Terbangan


Kerenceng Lampung via Blogger
Terbangan atau Kerenceng adalah salah satu alat musik tradisional dari Lampung yang juga bisa kita jumpai di Sumatera Selatan. Alat musik ini identik dengan kesenian yang berbau religi (Islami) oleh sebab itu alat musik ini bisa kita jumpai dibeberapa daerah di pulau Sumatera. Alat musik ini memiliki bentuk yang sama dengan Rebana hanya saja dipinggirnya terdapat dua buah logam tipis yang akan menghasilkan nada yang selaras ketika dimainkan. Alat musik ini biasanya dimainkan untuk mengiringi lagu.

5. Kompang / Khaddap


Kompang Lampunga via Google Image
Kompang adalah salah satu alat musik tradisional yang dari Lampung yang merupakan pengaruh dari budaya Timur Tengah, yaitu Arab. Alat musik ini adalah alat musik sejenis Gendang dan terbuat dari kuli kambing. Alat musik ini biasanya dimainkan secara berkelompok dalam keadaan duduk, berdiri ataupun sambil berjalan.

6. Gambus Lunik


Gambus Lunik Lampung via Malahayati
Alat musik Gambus adalah salah satu alat musik yang sangat melekat dengan budaya agama Islam. Oleh sebab itu penyebarannya hampir bersamaan dengan penyebaran agama Islam di nusantara. Di daerah Lampung alat musik ini dikenal dengan nama Gambus Lunik dan merupakan jenis alat musik kordofon yang dimainkan dengan cara dipetik.

7. Cetik


Cetik Lampung via Youtube
Cetik adalah salah satu alat musik tradisional asal Lampung yang terbuat dari Bambu besar. Bambu yang digunakan untuk membuat alat musik ini adalah bambu besar yang sudah berusia 6 tahun, bukan sembarang Bambu. Alat musik ini dimainkan dengan cara di pukul menggunakan alat pemukul.

8. Serdam


Serdam Lampung via Malahayati
Serdam merupakan alat musik tiup yang terbuat dari tanaman Bambu. Alat musik ini juga bisa kita jumpai di beberapa daerah di pulau Sumatera. Alat musik ini mirip seperti Seruling, memainkannya bisa secara tunggal ataupun bersamaan dengan alat musik yang lainnya.

9. Harmonium (Akordion)


Alat musik ini terdapat di wilayah Lampung khususnya didaerah yang banyak dihuni oleh masyarakat adat Melayu. Alat musik ini memang sangat melekat pada budaya dan adat istiadat Melayu. Masyarakat Melayu yang ada di Lampung biasanya memainkan alat musik ini dalam acara syukuran sebagai penghibur bagi para tamu yang berhadir. Alat musik ini adalah sejenis alat musik Harmonium yang memainkannya perlu keterampilan khusus. Tidak semua orang Melayu dapat memainkannya.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Tema 7 Sub Tema 2 PB 5"

Posting Komentar