Tema 1 sub tema 3 Pb 2 dan Pb 3





Praktek tari bungong jeumpa perkelompok dengan menggunakan musik.




1. Bagaiman Pemantulan Bunyi itu ?
Sebuah bola yang kita lemparkan ke dinding dengan keras maka bola itu akan memantul, hal tersebut sama halnya dengan suara atau bunyi, bunyi juga bisa dipantulkan hal tersebut terjadi ketika bunyi sedang merambat lalu terhalang benda-benda keras misalnya, kaca, dinding tembok dan lain sebagainya.

2. Bagaimana Penyerapan Bunyi itu?
Tahukah kamu bahwa bunyi juga dapat merayap, benda yang dapat dirayapi oleh bunyi diantaranya adalah benda-benda dengan permukaan yang lunak, dan benda tersebut biasanya dapat dijadikan sebagai peredam suara, contoh nya busa, karpet, kardus, benang wol dan lain-lain, dan benda-benda tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya gaung atau kerdam pada sebuah ruangan. Benda-benda tersebut biasanya dipasang pada dinding dan langit-langit gedung seperti gedung aula yang biasanya dijadikan sebagai tempat seminar maupun pertemuan, studio rekaman musik, tempat hiburan(bioskop)

Mengingat kembali pembelajaran 1
Macam-Macam Bunyi Pantul
Bunyi Pantul yang Memperkuat Bunyi Asli Bunyi pantul yang memperkuat bunyi asli terjadi jika jarak antara sumber bunyi dan dinding pemantul berdekatan. Hal inilah yang menyebabkan suara seseorang di dalam ruangan kecil terdengar lebih jelas.

Gaung atau Kerdam Gaung adalah bunyi yang diperoleh dari hasil pemantulan oleh sumber bunyi yang jaraknya dengan dinding pemantul agak jauh sehingga sebagian dari bunyi pantul terdengar bersamaan .

Gema Gema adalah bunyi yang diperoleh dari pemantulan dimana jarak antara sumber bunyi dan dinding pemantul sangat jauh sehingga keseluruhan bunyi pantul dapat terdengar setelah bunyi asli. Misalnya, bunyi pantul orang yang berteriak di lereng bukit.

Laporan Percobaan Pemantulan dan Penyerapan Bunyi
Perambatan Bunyi
Percobaan Pemantulan dan Penyerapan Bunyi Tujuan:
Memahami macam-macam bunyi pantul melalui percobaan terhadap bunyi benda-benda sederhana dalam ruangan
Alat dan bahan:
Piring kaca, piring plastik, piring kaleng, gabus, dua tabung kertas, beberapa buku, dan arloji yang berdetak.
Langkah Kerja:

  1. Susunlah dua baris buku dengan ketinggian yang sama.
  2. Letakkan tabung-tabung di atas buku dengan hati-hati.
  3. Pegang arloji di telingamu. Dengar baik-baik untuk meyakinkan bahwa kamu mendengar bunyi detak arloji.
  4. Letakkan arloji ke dalam salah satu tabung. Dengarkan dari ujung tabung yang lain. Apakah kamu dapat mendengar bunyi detakan jarum arloji?
  5. Minta temanmu untuk memegang piring atau benda lain di ujung tabung yang lain, seperti pada gambar. Apakah sekarang kamu dapat mendengar bunyi detakan jarum
Jawab pertanyaan berikut berdasarkan percobaan.
1. Apa yang terjadi dengan gelombang bunyi pada tabung kedua jika kamu meletakkan piring kaca. Suara arloji lebih keras.

2. Ketika piring kaca diganti dengan gabus yang empuk, apa yang terjadi? Jelaskan. Suara menjadi lebih pelan.

3. Apa yang terjadi pada gelombang bunyi pada tabung pertama? Bunyi lebih keras karena bunyi dipantulkan oleh piring.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Tema 1 sub tema 3 Pb 2 dan Pb 3"

Posting Komentar