Tema 1 Sub Tema 3 PB 4 dan PB 5

Tema 1 Sub Tema 3 Pb 4 dan Pb 5
Tanggal : 31 Juli 2019
Tujuan : PB 4
3.4 Siswa dapat menceritakan pengalaman diri bekerjasama dalam keberagaman
4.2 Siswa dapat menemukan gagasan pokok dan pendukung dari pengalaman diri tentang bekerjasama dalam keberagaman
PB 5
3.2 Siswa dapat menyajikan informasi tentang keragaman sosial di provinsi Lampung
3.3 Siswa dapat menjelaskan dasar-dasar tari Bungong jeumpa

PB 4
PKN
contoh dari cerita pengalaman diri bekerjasama dalam keberagaman
Pengalaman Hidup dalam keragaman Indonesia

         Saya akan menuliskan pengalaman hidup saya dalam menghadapi keberagaman yang ada di negara kita indonesia. Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam dan juga sumber daya manusia. Tempatnya sangat strategis karena dilewati oleh garis khatulistiwa. di Indonesia terdapat bermacam-macam suku bangsa, ras, agama, keyakinan, ideologi politik, sosial-budaya, ekonomi, dan jenis kelamin. Sudah kita ketahui bahwa indonesia mempunyai keanekaragaman yang banyak jadi kita harus mempelajarinya supaya kita bisa saling memahami dan menghargai satu sama lain sehingga tidak akan menimbulkan konflik atau pertikaian. Seperti semboyan negara kita “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya “ berbeda-beda tetapi tetap satu jua “ . kita harus bisa menjalani kehidupan dinegara ini sesuai dengan semboyan yang ada . semboyan dibuat sebagai panutan negara jadi sudah sepantasnya kita mengikuti semboyan itu.
Adapun maksud dari Keberagaman yaitu suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang di Indonesia. Sebagian orang mengatakan, bahwa keberagaman itu indah. Contoh indahnya keberagaman dapat kita lihat dari pemandangan di dalam laut. Pemandangan dalam laut menampilkan berbagai jenis ikan dan karang. Perbedaan itu menampilkan pemandangan yang sangat indah. Pemandangan bawah laut menggambarkan bahwa bangsa Indonesia yang beragam akan lebih indah daripada yang seragam.
Pemerintah dan seluruh warga negara Indonesia sebaiknya mendorong keragaman itu menjadi sebuah kekuatan guna mewujudkan persatuan dan kesatuan nasional.
Keberagaman dalam masyarakat dapat menjadi tantangan karena orang yang berbeda pendapat yang lepas kendali. Tumbuhnya perasaan kedaerahan dan kesukuan dapat berlebihan dan diiringi tindakan yang merusak persatuan dapat mengancam keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, upaya meningkatkan kerukunan antar suku, pemeluk agama, dan kelompok-kelompok sosial lainnya perlu dilaksanakan. Upaya mewujudkan kerukunan dapat dilakukan melalui dialog dan kerja sama dengan prinsip kebersamaan,kesetaraan,toleransi dan saling menghormati.Faktor penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya masyarakat di Indonesia.Kebaragaman masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik yang datang dari dalam maupun luar masyarakat. Hal ini juga dipengaruhi oleh faktor alam, diri sendiri, dan masyarakat . Secara umum keberagaman masyarakat Indonesia disebabkan oleh Letak strategis wilayah Indonesia,Kondisi negara kepulauan, Perbedaan kondisi alam,Keadaan transportasi dan komunikasi, Penerimaan masyarakat terhadap perubahan Hidup itu perbedaan. Siapapun yang tidak mampu hidup dalam perbedaan, akan disingkirkan oleh kehidupan. Kehidupan mencintai perbedaan; kehidupan memberikan kekuatan kepada perbedaan; kehidupan merawat perbedaan, dan menjadikannya sebagai sesuatu yang indah. Menghormati perbedaan membutuhkan jiwa besar, toleransi, empati, dan sikap baik. Sikap yang tidak menghormati perbedaan menjauhkan kehidupan dari rasa damai. Kehidupan yang beragam dan sangat warna-warni ini, bila dicintai, akan menciptakan sukacita dan keamanan. Energi positif mampu menunjukkan pesan positif di dalam interaksi sosial. Kehidupan sehari-hari yang saling menghargai, saling menghormati, dan saling belajar dengan rendah hati, menjadikan kehidupan sosial indah dan damai.

Bahasa Indonesia
Tentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari pengalaman diri bekerjasama dalam keberagaman

PB 5
IPS
Lampung merupakan salah satu nama provinsi Indonesia yang terletak di pulau Sumatera. Letak provinsi Lampung berada di bagian paling selatan pulau Sumatera dengan ibukota Bandar Lampung. Lampung memiliki potensi alam yang sangat beragam. Selain sumber daya alam yang begitu melimpah, letaknya yang berbatasan langsung dengan lautan membuat Lampung memiliki potensi kekayaan laut yang sangat melimpah. Selain kekayaan alam yang melimpah, Lampung juga memiliki kekayaan budaya yang tidak kalah tersohor bila dibandingka dengan provinsi-provinsi lain di pulau Sumatera. Kebudayaan Lampung meliputi rumah adat, berbagai tarian tradisional, pakaian adat, juga berbagai kuliner khas.

Lampung memiliki rumah adat tradisioal Lampung yang disebut Nawo Sesat. Rumah adat Nawo Sesat memiliki bentuk arsitektur yang umum digunakan pada rumah-rumah di pulau Sumatera, yakni bentuk rumah panggung. Bentuk rumah panggung tersebut tidak lepas dari kegunaannya untuk mencegah jika sewaktu-waktu ada serangan hewan buas.
Rumah adat Nawo Sesat dibangun menggunakan kayu. Sedangkan bagian atap dibuat menggunakan daun ilalang. Penggunaan kayu sebagai bahan baku pembuatan rumah, tidak lepas dari warisan nenek moyag masyarakat Lampung. Sejarah telah mencatat bahwa Lampung telah mengenal bencana gempa bumi sejak dahulu. Pembuatan rumah panggung dengan bahan baku kayu akan mempertahankan posisi rumah dari bencana gempa bumi. Selain itu, pemanfaatan daun ilalang sebagai atap rumah juga menunjukkan bagaimana masyarakat Lampung menghargai hasil sumber daya alam yang ada.
SBDP
Gerakan dasar tari bungong jeumpa







  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

1 Response to "Tema 1 Sub Tema 3 PB 4 dan PB 5"

  1. Unknown says:
    30 Juli 2019 pukul 18.43

    Https//:blog.spot.com

Posting Komentar