Tema 1 sub tema 3 pb 1

Mencari gagasan pokok dan pendukung dari teks berjudul "gado-gado, salad segar dengan Siraman Saus Kacang Khas Betawi"

Berbagai rebusan sayur-mayur, kentang, tahu, tempe dan telur tersaji dengan siraman bumbu kacang serta taburan kerupuk, itulah gado-gado. Hidangan ini sangat nikmat menjadi teman menyantap nasi atau disajikan bersama potongan lontong.
Sepintas tampilannya memiliki kemiripan dengan beberapa makanan khas daerah lain, seperti Lotek (Jawa Barat) atau Pecel (Jawa Timur). Bedanya, bumbu kacang dalam gado-gado tidak menggunakan kencur seperti halnya Lotek dan Pecel. Selain itu, tidak seperti pecel yang umumnya hanya sayuran, gado-gado menggunakan telur, tahu, tempe serta lontong.
Tidak ada yang tahu persis asal muasal sajian unik ini, namun sebagian besar referensi bebas cenderung mengasosiasikan Gado-Gado sebagai hidangan asli tanah Betawi.

Pemantulan dan Penyerapan Bunyi

Bunyi mempunyai sifat dapat dipantulkan dan diserap. Bunyi akan dipantulkan bila mengenai benda yang permukaannya keras. Sebaliknya, bunyi akan diserap jika mengenai benda yang permukaannya lunak. Benda yang permukaannya lunak dapat dijadikan sebagai peredam suara, misalnya kapas, karpet, wol, kertas, spon, busa, kain, dan karet. Benda tersebut dapat digunakan untuk menghindari terjadinya gaung. Peredam bunyi biasanya digunakan pada gedung bioskop, studio rekaman, dan gedung pertemuan agar pantulan bunyi yang dihasilkan tidak mengganggu bunyi aslinya.
tersebut.
Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai berbagai macam masakan enak dari kawasan nusantara. Adanya pembahasan ini dapat menjadi referensi bagi anda yang sedang ingin menikmati berbagai kuliner asli dari Indonesia. Berikut daftar kuliner asli daerah di Indonesia yang bisa anda coba.

1. Bika Ambon dari medan

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak dan Asalnya Makanan
Salah satu masakan kuliner asli dari daerah Indonesia adalah bika ambon. Makanan ini berasal dari daerah Medan, Sumatra Utara. Bentuk kuliner berupa kue ini dibuat dari campuran gula, telur dan santan. Biasanya, makanan bika ambon memiliki aroma yang wangi. Aroma wangi dari kuliner tersebut membuatnya menjadi makanan khas Daerah favorit dari Provinsi Sumatra Utara.

2. Mie Aceh

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak dan Asalnya Makanan
Ketika berkunjung ke Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam akan terasa kurang lengkap jika tidak mencicipi masakan kuliner makanan khas Daerah Aceh. Salah satu menu kuliner asli daerah Aceh adalah mie Aceh. Makanan ini juga termasuk kuliner yang begitu disukai masyarakat Indonesia. Rasa lezat dari hidangan mie Aceh membuat para penikmatnya menjadi ketagihan. Oleh sebab itulah, maka tidak mengherankan jika banyak orang yang berkunjung ke serambi mekkah tersebut mencari kuliner mie Aceh.

3. Gulai ikan jenis patin dari Jambi

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak dan Asalnya Makanan
Gulai ikan patin memang menjadi masakan yang paling lezat jika anda penggemar makan ikan. Jenis kuliner ini begitu terkenal di daerah Jambi. Masakan yang berasal dari bahan dasar daging ikan patin ini tergolong sebagai hidangan favorit. Kuliner asli Jambi itu dibuat dengan memakai tempoyak yang berasal dari fermentasi durian. Selain itu, kadang ada pula yang menggunakan santan untuk menggantikan tempoyak. Makanan khas Daerah jambi ini memang menjadi terfavorit karena dijamin rasa dan nikmatnya tiada tara.

4. Rendang Padang

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak dan Asalnya Makanan
Makanan khas Daerah di Indonesia berikutnya yaitu rendang Padang. Sesuai dengan namanya, rendang Padang berasal dari Provinsi Sumatra Barat. Bahan dasar untuk membuat masakan ini pun sangat mudah untuk didapatkan. Seseorang yang ingin membuat hidangan rendang hanya perlu bahan utama berupa daging dan santan kelapa.

5. Gulai belacan dari Riau

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak dan Asalnya Makanan
Daerah Riau ternyata juga memiliki sebuah masakan kuliner yang lezat. Masakan kuliner lezat itu bernama gulai belacan. Kuliner ini dibuat dari bahan dasar berupa kuah yang telah dicampur dengan terasi. Selain itu terdapat pula daging, udang atau ikan. Berbagai bahan ini mampu membuat gulai belacan terasa nikmat.

6. Pendap dari Bengkulu

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak dan Asalnya Makanan
Masakan pendap Bengkulu ternyata menjadi kuliner yang populer. Makanan yang yang satu ini biasanya sering dijadikan sebagai oleh – oleh asli Bengkulu. Olahan masakan lezat itu terbuat dari parutan kelapa muda yang di campur dengan bumbu khusus. Biasanya, pendap Bengkulu akan laris manis pada waktu lebaran.

7. Mie Bangka

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak dan Asalnya Makanan
Jika anda penggemar mie, maka biasa mencoba masakan kuliner dari daerah Bangka. Masakan kuliner asli dari Bangka ini bernama Mie Bangka. Sesuai dengan namanya, masakan itu terbuat dari bahan dasar berupa mie. Bahan dasar berupa mie tersebut dicampurkan dengan kuah yang diberi bumbu khusus. Alhasil rasa mie pun akan semakin lezat.

8. Empek – empek Palembang

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak dan Asalnya Makanan
Siapakah yang tidak kenal dengan empek – empek makanan khas Daerah Palembang Sumatra Selatan ini begitu populer di Indonesia. Masakan yang terbuat dari sagu dan ikan ini memiliki rasa yang lezat. Rasa lezat dalam sebuah hidangan empek – empek asli Palembang membuat setiap orang yang mencobanya menjadi ketagihan.

9. Kerak telor dari Jakarta

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak dan Asalnya Makanan
Kerak telur menjadi suatu masakan yang merupakan perpaduan dari masakan khas Portugis. Jenis hidangan ini menjadi makanan khas Berawi Jakarta. Kuliner bernama kerak telur akan mudah dijumpai saat acara pekan raya di Jakarta. Bahkan tidak jarang kuliner kerak telur dijadikan simbol dalam kegiatan tersebut.

10. Seruit Lampung

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak dan Asalnya Makanan
Masakan asli daerah Indonesia lainnya yaitu seruit Lampung. Kuliner ini dibuat dari daging ikan yang dibakar atau digoreng. Daging ikan itu biasanya akan dicampur dengan terasi atau tempoyak. Hidangan model ini akan terasa lebih nikmat apabila disajikan dengan lalapan berupa mentimun atau tomat. Makanan khas lampung ini dijamin bikin lidah berasa bergoyang karena hidangan ini dilengkapi dengan cabai yang pedas dan ditaburi bumbu yang gurih.
Ada beberapa bunyi pantul yang dapat kita ketahui:

a. Gaung

Gaung adalah bunyi pantul yang terdengar hampir bersamaan dengan bunyi aslinya. Gaung menyebabkan bunyi asli terganggu sehingga suara yang terdengar tidak jelas. Misalnya:
  • Bunyi asli : ke-ma-ri
  • Bunyi pantul : ke-ma-ri
  • Bunyi terdengar : ke - - - - - ri

b. Gema

Gema adalah bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi asli. Gema terjadi bila sumber bunyi dan dinding pantul jaraknya jauh, misalnya kita berteriak di tebing, seolah-olah ada yang menirukan suara kita. Gema sering terjadi di gua, lembah, bukit yang jaraknya jauh, dan permukaannya keras dan rapat.

Bunyi pantul dapat memperkuat atau memperkeras bunyi asli. Selain itu juga dapat dipergunakan untuk mengukur suatu kedalaman tempat. Misalnya mengukur kedalaman laut. Caranya dengan mencatat waktu yang diperkirakan oleh bunyi untuk merambat dari sumber bunyi ke dasar laut kembali lagi ke sumber bunyi. Bunyi mempunyai sifat dapat dipantulkan dan diserap. Bunyi pantul ada dua, yaitu gaung dan gema.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Tema 1 sub tema 3 pb 1"

Posting Komentar