Tema 3 Sub Tema 1 PB 2

Kelas IV D
Tanggal : 3 September 2019

Tujuan :
1. Siswa mampu memahami hak dan kewajiban memanfaatkan tumbuhan
2. siswa mampu memahami cara membuat kolase
Catatan Memperingati Hari Raya Islam 1 Muharam 1441 H

PKN
Kewajiban Manusia terhadap Tumbuhan 

1. Merawat dan Menjaga

Merawat dan menjaga tumbuhan agar tidak dimakan hama, agar daunnya tidak layu dan kemudian mati, serta agar buahnya tidak busuk sebelum dipetik merupakan tanggung jawab kita, dengan begitu kita akan mendapatkan manfaat tumbuhan tersebut sebagai hadiahnya.

2. Memberi Pupuk dan air - Tumbuhan sama halnya seperti manusia, perlu makan dan minum. Pupuk dan air merupakan makanan penting bagi tumbuhan agar bisa tumbuh sesuai harapan kita.

3. Tidak membuang sampah di dekat tumbuhan - Sampah yang ada di sekitar akar tumbuhan, tentu akan menghalangi tumbuhan tersebut mendapatkan nutrisi yang diperlukan, karena dihalangi sampah

4. Tidak menebang pohon sembarangan - Alasannya karena Pohon harus ditebang pilih, agar pohon yang masih muda bisa tetap memberikan oksigen karena tidak terlalu bagus jika digunakan untuk bahan perabotan.

5. Memanfaatkan hasil tumbuhan dengan baik - Hasil dari tumbuhan, seperti padi, buah, atau sayuran yang kita makan, harus digunakan dengan sebaik baiknya, agar tidak terjadi pemborosan.

6. Menebang pohon yang sudah lapuk - Pohon yang sudah lapuk atau mudah roboh , harus ditebang, terutama jika pohon tersebut berada di daerah jalan raya, karena bisa membahayakan pengemudi yang lewat.

7. Melakukan reboisasi - Tumbuhan atau pohon yang telah ditebang dari hutan, kemungkinan akan menimbulkan longsor, maka perlu adanya reboisasi atau penanaman kembali di hutan tersebut untuk mengatasi potensi longsor
SBDP

Pengertian Kolase

teknik kolaseKolase atau dalam bahasa Inggris Collage adalah sebuah cabang seni rupa yang meliputi kegiatan menempel potongan-potongan kertas atau material lain untuk membentuk sebuah design atau rancangan tertentu.
Sehingga dapat disimpulkan karya seni kolase ini dibuat dari berbagai bahan, seperti kertas, koran, foto, pita, kayu, metal bahkan barang-barang bekas yang ditempelkan pada latar belakang, misalnya kertas polos. Selain  itu kolase juga dapat dibuat dengan bahan fisik atau gambar elektronik yang ditempelkan pada latar belakang digital.

Unsur Unsur Seni Rupa dalam Gambar Kolase

bahan gambar kolase
123rd.com
Unsur-unsur seni rupa yang terdapat pada seni kolase antara lain :
  • Titik dan Bintik
Titik adalah unsur terkecil dalam seni rupa yang tidak memiliki ukuran panjang dan lebar, sedangkan bintik adalah titik yang memiliki ukuran lebih besar. Unsur titik pada seni kolase dapat diiwujudkan dari butir-butir pasir laut. Nah untuk bintik dapat diwujudkan dari lada atau biji-bijian yang berukuran kecil dan sejenisnya.
  • Garis
Garis dapat diartikan sebagai kumpulan titik yang bersatu membentuk dan memanjang menjadi satu namun relatif tidak mempunyai lebar. Berdasarkan dari jenisnya, garis dapat dibedakan menjadi garis lurus, garis lengkung, garis putus-putus dan garis spiral. Unsur-unsur garis pada seni kolase ini bisa diterapkan menggunakan potongan kawat, lidi, batang korek, benang dan sebagainya.
  • Bidang
Bidang adalah unsur seni rupa yang terbentuk dari pertemuan beberapa unsur garis. Bidang sendiri dapat dibedakan menjadi bidang horizontal, bidang vertikal dan bidang melintang. Unsur bidang pada seni  kolase dapat diterapkan dengan berupa bidang 2 dimensi dan bidang bervolume 3 dimensi.
  • Warna
Warna merupakan salah satu unsur seni rupa yang sangat utama dan  perwujudan dari keindahan yang bisa diserap oleh indera penglihatan manusia. Warna memiliki tiga jenis yaitu warna primer, warna sekunder dan tertier. Unsur warna pada seni kolase dapat diaplikasikan menggunakan cat, pita/renda, kertas warna, dan kain warna-warni dan sebagainya.

ara dan Teknik Membuat Kolase Alami

  1. Temukan benda-benda khas dari alam
Benda-benda alam yang bisa kalian gunakan antara lain :
  • Kulit kerang (yang pecah maupun yang utuh)
  • Bunga ( yang telah kering)
  • Rumput kering
  • Daun
  • Biji-bijian
  • Batok kelapa
  • Kulit buah
  • Dan sebagainya
  1. Keringkan benda benda tersebut sebelum digunakan
Pastikan benda-benda yang akan kalian jadikan kolase telah mengering, jika tidak benda tersebut akan membusuk dan menjamur.
  1. Pilihlah latar belakang yang sesuai
Beberapa latar belakang yang baik yaitu kertas karton, kulit kayu yang halus, kardus dan sebagainya.
  1. Rancang kolase anda
Gambar dan rancang terlebih dahulu kolase kalian sebelum menempelnya. Susun benda-benda yang sudah anda persiapkan menjadi rancangan yang kalian inginkan.
  1. Rekatkan benda pada posisinya dengan lem
Untuk merekatkan benda alami gunakan lem bening. Pastikan bahwa benda-benda tersebut telah menempel dengan baik pada latar belakang.
  1. Biarkan mengering
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Tema 3 Sub Tema 1 PB 2"

Posting Komentar