Tema 4 Sub Tema 1 Pb 1 dan Pb 2

Kelas IV D
Tanggal 25 September 2019

Tujuan :
Pb 1
1. Siswa mampu memahami pentingnya keseimbangan alam dan kelestarian SDA
2. Siswa memahami jenis pekerjaan sesuai tempat tinggal masyarakat
3. Siswa mampu memahami cara mengulas isi buku sastra
Pb 2
Siswa memahami makna sila pertama pancasila

PB 1

IPA

Menjaga Keseimbangan Alam Sekitar

Manusia tinggal di bumi. menjaga bumi adalah tugas manusia. Bumi memiliki memiliki keanekaragaman hayati. Keanekaragaman tersebut harus seimbang, sehingga tidak terjadi kerusakan pada bumi. banyak cara yang bisa dilakukan dengan cara menjaga keseimbangan ekosistem. Mulai dengan mengubah kebiasaan sehari- hari, antara lain yang merupakan Kepentingan Menjaga Keseimbangan Alam Sekitar :
  1. Tidak membuang sampah sembarangan
  2. Tidak membuang sampah ke kali atau sungai
  3. Tidak membuang limbah pabrik ke kali atau sungai
  4. Saat berkunjung ke tempat wisata alam, bawalah kantong untuk menyimpan sampah kita sendiri.
  5. Biasakan berjalan kaki atau bersepeda jika bepergian dengan jarak yang dekat
  6. Matikan lampu dan cabut sambungan listrik jika tidak terpakai.
  7. Pakailah air sesuai kebutuhan, dan tidak membuang- buang air.
Kepentingan Menjaga Alam Sekitar
Penting bagi manusia menjaga keseimbangan alam sekitar. Karena dengan menjaga keseimbangan alam sekitar maka bumi akan kembali sehat. Bumi memiliki kekuatan untuk menyembuhkan diri sendiri. Akan tetapi, jika terus menerus dirusak, maka tidak ada waktu bagi bumi untuk menyembuhkan dirinya. Beberapa negara besar, telah melakukan upaya mengurangi perusakan pada bumi. salah satunya dengan menyetujui adanya pajak karbon. Pajak karbon adalah uang yang harus dikeluarkan sebuah negara berdasarkan banyaknya karbon yang dia kelurkan setiap tahunnya. Uang hasil pajak tersebut akan dipakai untuk memperbaiki kondisi alam yang telah rusak.
Beberapa LSM juga mulai bergerak, untuk menyelamatkan bumi. seperti WWF dan Greenpeace. Bahkan beberapa LSM bergerak langsung untuk menumpas oknum yang merusak bumi, seperti Whale Wars, dimana sekelompok orang bergerak untuk mengganggu orang yang menangkap hiu di sekitar artik, dan Ivory Wars adalah sekelompok orang yang berusaha menangkap pemburu gading gajah. Polisi hutan juga ikut membantu dengan menangkap pelaku penebangan hutan liar. Akan tetapi, jika semua manusia tidak mau menjaga keseimbangan alam, maka  suatu saat bumi akan musnah. Kepentingan manusia dalam menjaga keseimbangan alam sekitar adalah:
  1. Udara bumi akan kembali bersih. Udara yang bersih, akan menyehatkan manusia. Menjaga udara bumi kembali bersih adalah kepentingan yang besar bagi manusia, agar manusia dapat bernapas dan udara yang sehat.
  2. Tidak ada lagi krisis air bersih, karena sungai dan kali telah bersih. air adalah salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh manusia. tanpa air, manusia akan mati. selain itu kebutuhan air bersih juga untuk mencuci dan memasak. Sehingga menjadi penting bagi manusia dalam menjaga kebersihan air.
  3. Binatang- binatang yang terancam punah, akan keluar dari status awas. Akan sangat menyedihkan jika generasi selanjutnya dari manusia hanya dapat melihat contoh satwa berdasarkan patungnya saja. mengenal satwa dalam kondisi masih hidup, dapat memberikan pelajaran mengenai menjaga sesama makhluk bumi. Sehingga penting menjaga keseimbangan populasi mahkluk hidup yang juga bisa menjaga rantai makanan tetap utuh.
  4. Iklim dan suhu tidak lagi mengalami perubahan ekstrim, karena lapisan udara bumi telah kembali bersih. adanya global watming akibat dari lapisan udara di bumi yang kotor, sehingga memantulkan panas kembali kebumi. dengan menjaga udara tetap bersih, maka energi panas bumi tidak akan kembali ke bumi, akan tetapi terbuang ke angkasa. Menjaga keseimbangan alam sekitar, akan berdampak pada pengurangan efek rumah kaca yang menyebabkan global warming di bumi.
  5. Anak cucu akan mendapatkan warisan bumi yang sehat dan bersih. Memberikan warisan terbaik kepada anak cucu sangat penting dilakukan oleh manusia sekarang. Selain itu, dengan udara yang bersih, genari selanjutnya akan merasakan hidup yang jauh lebih sehat.
  6. Bumi adalah satu- satunya rumah bagi manusia, sehingga bumi hancur, maka manusia juga akan punah. Tanpa bumi, maka tidak ada rumah bagi manusia. Oksigen adalah salah satu zat yang di butuhkan oleh manusia, dan hanya bumi satu- satunya olanet dengan oksigen. Jika bumi rusak, maka manusia tidak akan punya tempat tinggal. Karena itu sangat penting bagi manusia untuk menjaga keseimbangan alam sekitar.
  7. Menjaga bumi adalah kewajiban bagi manusia. Karena hanya manusia yang mampu merusak dan memperbaiki bumi. Kepentingan manusia dalam menkaga keseimbangan alam sekitar, karena hanya manusia yang dapat memperbaiki apa yang mereka rusak.
IPS

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas wirausaha untuk di kawasan dataran tinggi. Kira-kira pekerjaan apa ya yang memiliki prospek besar di sana? Simak ulasannya di bawah ini.
1. Pertanian
Dataran tinggi memang identik dengan pertanian, baik itu sayur atau bunga. Anda bisa memanfaatkan tanah dan iklim di dataran tinggi untuk menanam aneka sayur serta bunga untuk dijual ke kota. Namun, teknik yang digunakan harus berbeda.
Jangan bertani secara tradisional saja. Gunakan teknologi yang sudah ada mulai dari pengolahan tanah, pemberian pupuk, pemilihan bibit, perawatan, hingga akhirnya panen dan menghasilkan produk yang berkualitas.
Menjadi petani yang modern bukanlah pilihan yang salah. Anda bisa menghasilkan banyak laba setiap hari dari penjualan aneka sayur biasa dan sayur organik. Kalau produk yang dihasilkan sangat baik, bukan tidak mungkin ada kontrak dengan beberapa restoran atau supermarket yang membutuhkan suplai produk segar berkualitas.
2. Perkebunan dan Peternakan
Menjadi seorang pemilik kebun atau perkebunan adalah investasi jangka panjang kalau produk yang dihasilkan diminati pasar. Misal perkebunan kopi atau cengkeh. Sayangnya pekerjaan ini membutuhkan kesabaran yang ekstra karena untuk memanen hasil dibutuhkan waktu selama bertahun-tahun.
Setelah tanaman bisa dipanen dan menghasilkan produk secara rutin, keuntungan akan terus mengalir setiap saat. Jadi, gunakan pekerjaan ini sebagai sampingan dahulu selama beberapa tahun hingga menghasilkan banyak keuntungan.
Selanjutnya adalah peternakan hewan. Dataran tinggi memiliki iklim yang baik untuk mengembang-biakkan hewan. Anda bisa menjadi peternak kambing, sapi potong, atau sapi perah yang setiap hari bisa menghasilkan susu untuk dijual atau dikirim ke pabrik pengolahan.
3. Properti Vila dan Hotel
Dataran tinggi biasanya dikunjungi oleh masyarakat saat akhir pekan atau hari libur untuk relaksasi dan menyegarkan pikiran. Nah, kalau di daerah tempat Anda tinggal dikunjungi oleh banyak orang pada hari-hari tertentu, kenapa tidak membuka akomodasi baik dalam bentuk vila atau hotel.
Dengan membangun akomodasi yang memadai, wisatawan bisa terus datang dan akhirnya menyewa bangunan yang Anda miliki. Kalau setiap hari terus ada penyewa yang datang omzet bulanan bisa meningkat dan memberikan keuntungan lebih.
Sembari menyewakan akomodasi, Anda bisa membuka bisnis lain, misal menyewakan kendaraan untuk digunakan penyewa berkeliling atau melancong di objek wisata sekitar vila.
4. Pemandu Wisata
Sebagian besar kawasan dataran tinggi di Indonesia bertransformasi menjadi kawasan wisata yang memikat. Kita ambil contoh saja kawasan Batu dan Bromo. Dataran tinggi ini selalu menyedot ribuan orang setiap harinya untuk datang dan menikmati berbagai titik wisata yang ada.
Kalau Anda bermaksud bekerja di kawasan dataran tinggi, kenapa tidak menjadi pemandu wisata saja. Kalau kemampuan bahasa asing Anda hebat, berbagai jenis turis bisa Anda pandu. Namun, kalau hanya bisa Bahasa Indonesia, Anda bisa menjadi pemandu lokal.
Biasanya setiap dataran tinggi atau daerah wisata memiliki perkumpulan pemandu wisata. Anda bisa bergabung di sana sekalian mendapatkan lisensi agar kemampuan diakui dan bayaran sesuai standar.
5. Kuliner dan Oleh-Oleh
Tidak bisa dimungkiri lagi kalau kuliner khas daerah selalu menjadi tujuan utama dari wisatawan. Kalau Anda hobi masak dan mampu membuat kuliner baru atau memodifikasi kuliner yang ada menjadi lebih baik, bukalah usaha kuliner baik itu berupa makanan yang dibawa pulang atau dimakan di tempat.
Beberapa wirausahawan ada yang membuka kedai atau restoran di dataran tinggi dengan konsep khusus. Dengan memanfaat media sosial, mereka melakukan promosi dengan baik sehingga banyak wisatawan datang ke sini meski hanya untuk makan dan membeli oleh-oleh.
PB 2
PKn
Makna sila pertama Pancasila 
1. Percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan ajaran agama masing-masing
2. Melaksanakan kewajiban dan keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
3. Saling menghormati antarumat beragama supaya tercipta kerukunan
4. Tidak mengganggu teman yang sedang beribadah
5. Membina kerja sama dan tolong menolong antar umat beragama

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Tema 4 Sub Tema 1 Pb 1 dan Pb 2"

Posting Komentar