Hari/tanggal : Kamis/ 16 September 2021  

Anak sholeh dan sholeha Bu Risma...Kita ketemu lagi dalam pembelajaran daring, semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap semangat dalam menjalankan kegiatan daring ini. Sebelum anak-anak memulai pembelajaran daring tentang Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 3 dan 4,  pastikan ananda sudah melaksanakan sholat dhuha, tadarus, mendengarkan tausiah. Jangan lupa ucapkan bismillah dan berdo'a ya nak!

Pada pelajaran hari ini kita akan belajar tentang Tema 3 Subtema 2 pembelajaran 3 dan 4 yaitu tentang

Makanan Sehat.

Tema 3             : Makanan Sehat 

Subtema 2       : Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh

 Pembelajaran : 3 dan 4 Muatan Pelajaran : PPKn(KD 3.3, 4.3),Bahasa Indonesia(KD 3. 4, 4.4), IPS (KD 3. 2, 4. 2)

Tujuan pembelajaran : 

1. Setelah membaca dan mengamati materi yang ada di blog guru, peserta didik mampu menceritakan dan memberikan contoh keanekaragaman adat istiadat di lingkungan sekitarnya. 

2. Setelah membaca materi dan mengamati materi yang ada di blog guru, peserta didik mampu mengidentifikasikan ciri-ciri bahasa iklan elektronik 

3. Setelah membaca materi dan mengamati materi yang ada di blog guru, peserta didik mampu mengidentifikasikan dan melaporkan aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya Indonesia..

PPKn (KD 3.3, 4.3) 

Keragaman Adat Istiadat Adat istiadat adalah perilaku masyarakat yang menjadi ciri khas suatu daerah tertentu. Adat istiadat diterapkan secara turun temurun sehingga menjadi sebuah kebiasaan dalam kehidupan masyarakatnya. 

Adat istiadat dibedakan menjadi 2 jenis : 

1. Tertulis (peraturan atau dokumen) 

2. Tidak tertulis (ceritarakyat, tarian daerah, dan upacara adat) 

Contoh adat istiadat : Ngaben(Bali), Tabuik (Sumatera Barat), Dugderan (Semarang), dan Lompat Batu Fahombo (Nias) 

 

Makna Semboyan Bhineka Tunggal Ika Kita harus saling menghormati dan menghargai yang dapat terwujud melalui kerja sama. 


Bahasa Indonesia (KD 3. 4, 4.4) 

Perbedaan Bahasa Iklan Media Cetak dan Elektronik 

Iklan media cetak

ü  Iklan disampaikan tertulis, sehingga dapat dibaca kapan saja.

Iklan media elektronik

ü  Iklan dilihat, didengar, dan dibaca teksnya

ü  Iklan hanya ditampilkan dalam waktu singkat

ü  Bahasa yang digunakan dapat berupa formal maupun nonformal

Persamaannya, sama-sama dibuat untuk meyakinkan dan memengaruhi pembaca atau pendengarnya.

Isi pada Iklan Media ElektronikUntuk dapat memahami isi iklan pada radio, dengarkanlah iklan dengan seksama. Sedangkan pada televisi, lihat, dengar, dan bacalah teks yang disajikan dengan seksama.Kita perlu mengingat kata kunci yang terdapat pada iklan elektonik karena biasanya disampaikan dalam waktu yang singkat. Kata kunci pada iklan dapat ditemukan pada slogan serta kalimat persuasif yang ada pada iklan tersebut.

IPS (KD 3. 2, 4. 2)

Upaya Pembangunan Sosial dalam Masyarakat Setiap negara memiliki rancangan pembangunan dibidang sosial, budaya, dan ekonomi sesuai dengan program dan kemampuannya masing-masing. Pembangunan sosial adalah semua aktivitas yang terkait dengan aspek sosial dan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan sosial.Contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial, antara lain penyuluhan kesehatan, koperasi, dan kegiatan ekonomi pasar.

Aktivitas Masyarakat dalam Upaya Pembangunan sosial BudayaPembangunan adalah serangkaian proses yang dilakukan manusia untuk memperbaiki taraf hidupnya. Negara Indonesia melakukan pembangunan digegala bidang agar masyarakat makmur sejahtera. Kerja sama yang baik sangat dibutuhkan agar tujuan pembangunan social budaya tercapai. Keragaman justru menjadi motivasi untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Berikut beberapa upaya untuk menyukseskan pembangunan social budaya di Indonesia

ü  Berlatih tari di sanggar tari

ü  Berlatih memainkan alat musik daerah

ü  Menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi

ü  Mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah

Objek wisata pantai merupakan salah satu upaya pembangunan sosial ekonomi bagi masyarakat pesisir.



Lampung terkenal dengan potensi alam yang sangat beragam. Selain sumber daya alam yang sangat melimpah, Lampung juga terkenal dengan kekayaan budaya yang tidak kalah tersohor bila dibandingkan dengan provinsi-provinsi lain yang ada di pulau Sumatera.

Lampung sebagai salah satu provinsi di Indonesia memiliki potensi alam dan
budaya yang bisa dikembangkan sebagai objek wisata. Potensi tersebut antara lain alam
yang indah dan hawa sejuk, dikelilingi oleh kehijauan bukit dan gunung yang banyak
ditumbuhi aneka ragam bunga dan pohon. Aneka ragam budayanya juga terlihat unik dan
menarik, demikian pula adat istiadatnya. Dengan kondisi demikian maka Lampung bisa
dijadikan mata rantai tujuan wisata Masalahnya adalah potensi tersebut belum tergarap
sepenuhnya, oleh sebab itu perlu kajian secara mendalam bagaimana potensi dan
pengembangannya. 

 Dengan demikian yang menjadi ruang lingkup kajian ini adalah : mengungkapkan potensi budaya, termasuk juga potensi alam, religi, dan sejarah; melihat sarana dan prasarana yang mendukung
kegiatan pariwisata; sikap dan perilaku masyarakat setempat dalam menyikapi masa masalah kepariwisataan.

Kebudayaan yang ada di Lampung ini meliputi:
Rumah adat
Berbagai tarian tradisional
Pakaian adat
Dan berbagai kuliner khas.

LATIHAN / PERTANYAANNYA :

Apa yang ananda ketahui tentang budaya Lampung, seperti : rumah adat, tarian tradisional, pakaian adat dan ciri khas kulinernya !

Kirim jawaban ananda ke WA grup ya !

Terimakasih anak Sholeh/Sholeha Bu Guru serta Bunda2 sholeha yang dengan sabar dan setia membimbing sholeh/sholeha bu Guru..tetap semangat,jaga kesehatan dan kerjakan sholat lima waktunya tepat waktu.
Wassalamualaikum.wr.wb

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

3 Response to " "

  1. Myra - arufy says:
    16 September 2021 pukul 07.00

    Assallamuallaikum bu..arufy no absen 4 hadir..

  2. Unknown says:
    16 September 2021 pukul 08.09

    Assalamualaikum bu Nafeeza Fauziyyah Herendar hadir

  3. Feroz Rafa Ghaisani says:
    16 September 2021 pukul 09.44

    Assalamualaikum
    Nama:Feroz Rafa Ghaisani
    Kelas:5C
    No Absen:7
    Hadir

Posting Komentar