Kelas : 2

Tema  : 2 Bermain di Lingkunganku

Subtema : 3 Bermain di Lingkungan Sekolah

Pembelajaran : 1

KD.                           

Tabik pun anak-anak bu guru yang sholih sholihah kelas 2 C serta mama papa 😊 Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan muroja'ah ya nak. 

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :

VIDEO PEMBELAJARAN :

https://www.youtube.com/watch?v=_c-249xCJfM

Kata Tanya terdiri dari kata Apa, Siapa, Kapan, Dimana, Mengapa, Bagaimana.

Perhatikan dan Bacalah Percakapan Udin dan teman-temannya.


Maka, dapat disimpulkan bahwa Pembagian adalah suatu pengurangan berulang. 

6 kelereng dapat dibagi ke 3 orang sama banyak dengan mengurangkan sampai kelereng tersebut habis.

Ciri-ciri Seni rupa 2 Dimensi 

Mempunyai panjang dan lebar. 

Hanya dapat dilihat dari satu sisi saja. 

Suatu bidang datar saja. 

Ciri-ciri Seni Rupa 3 Dimensi 

- Mempunyai panjang, lebar, tinggi.

- Menempati ruang.

- Dapat dilihat dari segala sudut pandang.

Dalam membuat suatu Karya Seni 2 Dimensi membutuhkan alat dan bahan seperti: Buku Gambar, Crayon/Pensil warna, Pensil, Penghapus, dan Penggaris.

TUGAS:

1. 


Tuliskanlah bentuk pengurangan berulang dari 9:3 !

Setelah itu, warnailah bintang-bintang tersebut dengan warna merah, kuning, dan hijau sesuai dengan kelompoknya!

2. 12:4 = ( ... - ... - ... - ... = ... ) = ...


MATERI AJAR BAHASA LAMPUNG SELASA 31 AGUSTUS 2021

selasa, 31 agustus 2021

 بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

Assalamualaikum ananda 2C, berikut materi Bahasa Lampung untuk hari ini silahkan dicatat dan dikerjakan tugasnya di buku latihan ya.

Tugas :

Anak Huruf yang Letaknya di bawah.







PENILAIAN HARIAN TEMA 2 SUBTEMA 1 DAN 2 SELASA 31 AGUSTUS 2021

 Assalamualaikum ananda 2C yg bu guru banggakan serta mama papa 😊

Hari ini kita akan melaksanakan Penilaian Harian. 
Jangan lupa berdoa ya nak agar mendapat nilai yang bagus🤗

Silahkan ananda sekalian menyimak tausiyah berikut ini :
https://youtu.be/9iGUkBqxLP8

 Silahkan klik link berikut untuk mulai mengerjakan Penilaian Harian Tema 2 Subtema 1 dan 2 :
https://forms.gle/fwx9ZqvKdZmpe7o17

MATERI AJAR SENIN 30 AGUSTUS 2021

senin, 30 agustus 2021

 

Kelas : 2

Tema  : 2 Bermain di Lingkunganku

Subtema : 2 Bermain di Rumah Teman

Pembelajaran : 5-6

KD.                           

Tabik pun anak-anak bu guru yang sholih sholihah kelas 2 C serta mama papa 😊 Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan muroja'ah ya nak. 

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :

https://youtu.be/1X0PckjZsAA

Tujuan Pembelajaran : 


Video Pembelajaran :

https://www.youtube.com/watch?v=JMbCiFm7qOg

https://www.youtube.com/watch?v=xr0ucm3aMfU

Ringkasan Materi :


MANFAAT PERUBAHAN WUJUD BENDA DALAM KEHIDUPAN SEHARI – HARI

Perubahan wujud benda bisa membantu kehidupan sehari-hari. Seperti saat kapur barus menyublim(perubahan benda dari padat ke gas), kapur barus menghasilkan bau yang wangi yang berguna untuk membuat lemari wangi dan seiring waktupun kapur barus tersebut habis.

Membeku = membuat es batu.

Mencair = memanaskan cokelat batangan.

Menguap = menguapkan air laut (bagi petani garam)

Manfaat mematuhi aturan:

a. Hidup menjadi disiplin.

b. Hidup menjadi lebih tenang apabila mematuhi aturan.

c. Terwujudnya kehidupan yang aman, damai, serta sejahtera.

d. Mempunyai sikap tanggung jawab.

Simak video bu guru berikut ini ya nak 🤗

(gunakan headset agar suara lebih jelas)


TUGAS

SILAHKAN PAHAMI GAMBAR DIBAWAH INI DAN TULISKAN PENDAPAT KALIAN APAKAH GAMBAR TERSEBUT TERMASUK MEMATUHI ATURAN ATAU TIDAK.

1.

2.

catatan : tulis dengan huruf tegak bersambung yang rapi, tulis bissmillah dan garis tutup lalu kirim fotonya ke whatsapp bu guru👍

Hasil Pembelajaran :



















MATERI AJAR JUMAT 27 AGUSTUS 2021

jumat, 27 agustus 2021

 

Kelas : 2

Tema  : 2 Bermain di Lingkunganku

Subtema : 2 Bermain di Rumah Teman

Pembelajaran : 4

KD.                           

Tabik pun anak-anak bu guru yang sholih sholihah kelas 2 C serta mama papa 😊 Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan muroja'ah ya nak. 

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :

https://youtu.be/nHqAzQTEvk4

Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang perkalian dengan benar. 

2. Peserta didik dapat  menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda gas dengan benar.



Video Pembelajaran :
Tematik 2 Subtema 2 Pembelajaran 4


MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3.2 dan 4.2)

Benda Gas 

Kita dapat menyentuh benda padat dan benda cair dengan tangan kita. Kita juga dapat melihat benda padat dan benda cair dengan jelas. Buku, pensil, air, dan susu, dapat dilihat dan disentuh. Bagaimana dengan benda gas? Bisakah kamu melihat dan menyentuhnya? Perhatikan balon, bagaimana bentuknya? Balon berbentuk bulat, padahal di dalamnya terlihat kosong. Di dalam balon berisi udara. Udara merupakan benda gas. Bagaimana dengan pesawat kertas yang bisa terbang?

Pesawat kertas bisa terbang karena adanya angin. Angin adalah udara yang bergerak. Angin juga termasuk benda gas. Gas tidak bisa dilihat dan disentuh, namun gas menempati ruang. Sesuatu yang menempati ruang berarti memiliki volume. Gas memiliki volume meskipun tidak dapat dilihat dan disentuh. Volume dan bentuk benda gas berubah-ubah.


Dari teks diatas, dapat disimpulkan ciri-ciri benda gas adalah:
1. Gas tidak bisa dilihat dan disentuh
2. Gas menempati ruang/memiliki volume
3. Volume dan bentuk benda gas berubah-ubah

Kita biasanya bernapas dengan menghirup udara. nah, udara tersebut adalah benda gas. 
Lalu biasanya Ban diisi oleh angin. angin dan udara tidak dapat kita lihat, sehingga angin dan udara termasuk benda gas.


MUATAN MTK (KD 3.4 dan 4.4)














Untuk mengerjakan matematika pekalian dalam kotak, dapat disimak video penjelasan Bu Guru di atas.

TUGAS

1. Dibawah ini yang merupakan contoh benda yang dapat diisi oleh benda gas adalah:
a. 











b. 


















c.




















d.




















2. Kerjakan Tabel perkalian dibawah ini sesuai dengan video penjelasan Bu Guru di atas!

3. Tuliskan di kolom komentar, contoh benda gas sesuai dengan yang telah bu guru sebutkan dalam video di atas!

Hasil Pembelajaran :















MATERI AJAR KAMIS 26 AGUSTUS 2021

kamis, 26 agustus 2021

 

Kelas : 2

Tema  : 2 Bermain di Lingkunganku

Subtema : 2 Bermain di Rumah Teman

Pembelajaran : 2-3

KD.                           

Tabik pun anak-anak bu guru yang sholih sholihah kelas 2 C serta mama papa 😊 Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan muroja'ah ya nak. 

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :

https://youtu.be/Ot6omajn_dA

Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang perkalian dengan benar. 

2. Peserta didik dapat  menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan benar.

3. Peserta didik mampu mengidentifikasi berbagai sikap yang mematuhi dan tidak mematuhi aturan dengan benar. 

Video Pembelajaran :



Ringkasan Materi :

BENDA PADAT

Benda padat selain bentuknya yang tetap ada beberapa sifat yang dimilikinya, yaitu:

Benda padat memiliki partikel yang sangat rapat antara satu sama lain. Sehingga benda padat selalu kaku. Contohnya ada kertas, mentega, kayu, dan banyak lagi yang lainnya.

Benda padat bisa berubah wujud teragantung dari suhunya:Panas atau Dingin.

Selain kita harus mematuhi peraturan di rumah. Kita juga harus mematuhi peraturan yang ada di tempat lain. Contohnya di rumah teman kita. Mungkin ada aturan yang tidak ada dalam rumah kita, namun ada dan berlaku dirumah teman kita. Kita sebagai makhluk social agar pergaulan dapat berjalana harmonis. Kita harus menaati semua peraturan yang berlaku.

Benda Cair

Masih ingatkah kamu apakah benda cair itu? Apa saja benda cair yang ada di rumahmu? Benda cair berbeda dengan benda padat. Bentuk benda cair menyerupai bentuk wadahnya. Jika air teh dipindahkan ke kaleng, bentuknya menyerupai kaleng. Walaupun telah dipindahkan, jumlah benda cair akan selalu tetap.














Membuat Jus Jambu Biji
Beni dan teman-teman bermain di rumah Udin. Mereka membuat jus jambu biji. Mereka berbagi tugas. Beni, Udin, dan Edo bertugas memetik jambu. Lani, Siti, Dayu, dan Mey menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Alat dan bahan yang diperlukan yaitu blender, gelas, pisau, sendok, alat penyaring, gula, es batu, air, dan susu. Setelah jambu dipetik dan alat disiapkan, mereka membuat jus bersama-sama. Ibu Udin juga turut membantu mereka. Jambu yang telah dicuci dikupas terlebih dahulu. Jambu lalu dipotong menjadi bagian kecil. Kemudian, dimasukkan ke dalam blender. Tidak lupa ditambahkan gula, es batu, susu, dan air secukupnya. Setelah diblender, jus tersebut disaring, lalu dimasukkan ke gelas. Jus siap untuk diminum. Beni dan teman-teman sangat senang.


MUATAN PKN (KD 3.2 dan 4.2)

Contoh Sikap yang Menunjukkan Mematuhi Aturan di rumah teman : 

Mengetuk pintu dan mengucapkan salam ketika datang 

Tidak mengambil barang sembarangan 

Tidak membuang sampah sembarangan


Sikap yang Tidak Menunjukkan Mematuhi Aturan di rumah teman :

Memasuki kamar pribadi orang lain tanpa izin 

Memakan dan meminum sesuatu tanpa izin 


MUATAN MTK (KD 3.4 dan 4.4)
Perkalian Bilangan dengan Angka Nol 
2 x 0 = 0 + 0 = 0 
7 x 0 = 0 + 0 + 0 + 0 + 0 + 0 + 0 = 0 
5 x  0 = 0 + 0 + 0 + 0 + 0 = 0 
Semua bilangan jika dikalikan 0        
hasilnya adalah 0.



MUATAN SBdP (KD 3.3 dan 4.3)
















Gerakan diatas merupakan gerakan yang menyerupai memetik buah jambu.



TUGAS

1. Amati barang-barang di sekitar rumahmu. Adakah yang memiliki sifat benda padat dan benda cair. Tuliskan dalam bentuk tabel dibawah ini dan centang yang menurut mu sesuai dengan sifatnya.


2. Hitunglah dan tuliskan bentuk pejumlahan berulang perkalian dibawah ini.
a. 7x0 =      +      +      +      +     +      +      =  
b. 9x0 =


3. Sebutkan 1 contoh Sikap yang Tidak Menunjukkan Mematuhi Aturan saat bermain ke rumah teman....

Hasil Pembelajaran :









  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to " "

Posting Komentar