TEMA 3 SUBTEMA 3 PB 5 DAN 6

 

TEMA 3 SUBTEMA 3 PB 5 DAN 6






MATERI AJAR KELAS VC UNTUK HARI SENIN  TANGGAL 27 SEPTEMBER 2021

Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Semangat pagi ananda shaleh shaleha yang ibu guru banggakan, bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT Aamiin. Sebelum memulai belajar tentang TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5 DAN 6 yaitu tentang Makanan Sehat, yang mana materi ini masih berkaitan dengan Tema 2 yang sudah kita pelajari minggu kemarin. Marilah terlebih dahulu kita laksanakan ibadah pagi seperti sholat dhuha, murojaah surat-surat pendek, mendengarkan tausiah, dan membaca doa sebelum belajar. Ibu guru tak henti-hentinya mengingatkan agar ananda sekalian melaksanakan sholat wajib tepat pada waktunya.

Tema 3                      : Makanan Sehat

Sub tema 3                : Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat

Pembelajaran ke       : 5 dan 6

 Muatan Pelajaran     : IPA (KD 3. 3, 4. 3), SBdP (3.4 dan 4.4), Bahasa Indonesia (3.4 dan 4.4)

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Setelah membaca dan mengamati materi yang ada di blog guru, peserta didik mampu mengidentifikasikan berbagai macam penyakit yang mempengaruhi organ pencernaan manusia.

2.      Setelah membaca dan mengamati materi yang ada di blog guru, peserta didik mampu menjelaskan berbagai macam penyakit yang mempengaruhi organ pencernaan manusia.

3.      Setelah membaca dan mengamati materi yang ada di blog guru, peserta didik mampu merancang iklan elektronik dan mendemontrasikannya..

4.      Setelah membaca dan mengamati materi yang ada di blog guru, peserta didik mampu  mengidentifikasikan bahan dan alat serta membuat rancangan karya seni rupa

 

Penyakit pada Organ Pencernaan

Penyakit yang dapat menyerang organ pencernaan seperti : mag, ulkus, dan kolik dapat menyerang lambung. Sementara diare dan sembelit (konstipasi) menyerang usus halus ataupun usus besar.

Penyebab penyakit organ pencernaan bermacam-macam. Ada yang diakibatkan oleh bakteri dan virus. Adapula yang disebabkan oleh kekurangan serat dan vitamin.

Sistem pencernaan manusia terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Selain itu, organ pankreas, hati, dan kantung empedu juga termasuk dalam sistem pencernaan.

Fungsi sistem pencernaan adalah menerima dan mencerna makanan. Setelah dicerna, nutrisi tersebut diserap dan disalurkan ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Sistem pencernaan juga berfungsi untuk memisahkan dan membuang sisa makanan yang tidak bisa dicerna oleh tubuh.

 

Membuat iklan berdasarkan rancangan yang telah dibuat

Langkah-langkah yang perlu dipersiapkan dalam membuat iklan pada media elekronik :  

Ø  Memeriksa kembali naskah iklan yang telah dibuat 

Ø  Menyiapkan perlengkapan pendukung iklan sesuai naskah yang telah dibuat 

Ø  Menyiapkan para pemeran yang sesuai dengan tokoh-tokoh pada naskah 

Ø  Berlatih sesuai naskah yang telah dibuat.

 

Ciri-ciri karya seni Batik

 

Ciri-ciri batik tradisional :

Ø  Coraknya memiliki makna simbolik 

Ø  Umumnya, bermotif ular, pagoda, geometris, serta barong 

Ø  Warna cenderung gelap, misalnya hitam, cokelat kehitaman, atau putih. 

Ø  Motif batik ciri khas daerah asal

 

Ciri-ciri batik modern :

Ø  Coraknya tidak memiliki makna simbolik khusus 

Ø  Umumnya bermotif tumbuhan dan rangkaian bunga 

Ø  Warna cenderung bebas, misalnya biru, merah, atau ungu

Ø  Motif batik bukan merupakan ciri khas dari daerah asal

 

Teknik membuat batik :

Ø   eknik tulis

Ø   Teknik cap

Ø   Teknik cetak atau sablon

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang dan menampilkan iklan :

  1.   Iklan yang dipasang harus tepat sasaran
  2. Memilih media yang paling cocok untuk iklan yang telah dibuat
  3. Memilih waktu pemasangan iklan yang tepat
  4. Membuat perhitungan biaya yang teliti.

Contoh- contoh batik

  

TUGAS LATIHAN :

Tugas ananda membuat gambar batik tradisioanal atau batik modern di buku gambar, jangan lupa diberi warna agar kelihatan lebih menarik, setelah selesai kirimkan hasilnya ke WA pribadi bu guru 

Terimakasih

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to " "

Posting Komentar