Kelas : 2

Tema  : 2 Bermain di Lingkunganku

Subtema : 3 Bermain di Lingkungan Sekolah

Pembelajaran : 5&6

KD.                           Pkn (3.2), B.Indonesia (3.2), MTK (3.4)

Good morning anak-anak Bu Guru yang sholih sholihah kelas 2 C serta Ayah Bunda 😊 Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga tetap sehat dan semangat ya untuk melanjutkan pembelajaran daring kita hari ini.

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan muroja'ah ya nak. 

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :

https://youtu.be/rTOkuqdCgOM

Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik dapat mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan cermat dan mensimulasikannya dengan percaya diri.

2. Peserta didik dapat menemukan kosakata dan maknanya yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan wujudnya dalam teks pendek yang dibacakan dengan cermat.

3. Peserta didik dapat menyatakan pembagian sebagai pengurangan berulang dengan tepat.

Video Pembelajaran :

https://www.youtube.com/watch?v=QOUbHbArb7c

 Ringkasan Materi :


Tata tertib adalah peraturan yang harus dipatuhi setiap orang di suatu tempat agar tercipta suasana yang tertib.

Manfaat adanya tata tertib:

  • Kehidupan menjadi lebih teratur dan tertib.
  • Melatih tanggung jawab.
  • Kehidupan terasa lebih nyaman
  • Hak dan kewajiban berjalan lebih optimal.
  • Membiasakan diri untuk ramah kepada orang lain. 

Contoh tata tertib di sekolah:

  1. Datang tepat waktu.
  2. Memakai seragam lengkap sesuai jadwal.
  3. Meminta izin jika akan meninggalkan kelas.
  4. Mengumpulkan tugas tepat waktu.
  5. Hormat terhadap guru.
  6. Tidak bertengkar dengan teman.
  7. Tidak membuang sampah sembarangan.
  8. Tidak mencoret-coret fasilitas sekolah sembarangan.
  9. Tidak menyontek saat ujian.
Tidak mematuhi tata tertib di sekolah, akan berakibat kurang baik. Kita pasti akan mendapatkan sanksi. 
Kalau pertama kali melanggar, akan  mendapatkan peringatan dahulu. Namun, kalau sudah lebih dari sekali akan langsung mendapatkan hukuman. Jika pelanggarannya terlalu parah, orang tua kita akan dipanggil.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan temanmu makna kata berikut!
Tambahkan jika masih ada kata yang belum dipahami.


Ayo Berlatih

Dalam perlombaan sepak bola, jumlah pemain inti sebanyak 88 orang.
Berapa jumlah tim yang mengikuti perlombaan?

Jawab:
 88 − 11 − 11 − 11 − 11 − 11 − 11 − 11 − 11 = 0
 88 : 11 = 8 

Jadi, banyak tim yang mengikuti perlombaan sebayak 8 tim.

Paman Beni sering terlibat dalam kepanitiaan perlombaan sepak bola.
Beliau bertindak sebagai koordinator perlengkapan.
Berikut banyak bola yang dibutuhkan untuk dibagikan ke beberapa lokasi.
Bantulah paman Beni untuk menghitungnya! Kemudian, ubah ke bentuk perkalian!

1. 27 − 9 - 9 - 9 = 0 
    27 : 9 = 3 karena  9 × 3 = 27

2. 30 − 2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2 = 0
 30 : 2 = 15  karena  2 × 15 = 30

 
TUGAS!

Kerjakan soal-soal berikut ini.
Untuk soal PG, pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling benar.

1. Kegunaan benda pada gambar berikut adalah ... 

a. Merapikan pakaian 
b. Memanaskan ruangan
c. Mendinginkan ruangan 

2. Berikut ini yang merupakan ciri-ciri benda pada gambar di bawah ini adalah ...
a. Termasuk benda gas
b. Digunakan sebagai alas untuk menulis
c. Berbentuk lingkaran 

3. Benda pada gambar di bawah ini digunakan untuk ... 
a. Mewarnai gambar
b. Membuat gambar
c. Bahan kerajinan tangan

4. Tuliskan 3 contoh tata tertib di sekolah ...

5. Tuliskan 3 aturan kebersihan di sekolahmu ... 

Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada link yang telah Ibu Guru berikan di grup. 

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 2C

3. Mengirimkan dokumentasi Hasil Tugas ke WhatsApp Ibu Guru Winda

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri Ibu Guru Winda )


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to " "

Posting Komentar