Good morning my student..,,,

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Risma Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, tadarus kemudian shalat dhuha. setelah selesai baru kalian membaca dan dipahami isi bloggers yang bu guru share hari ini.

Hari/ Tanggal : Selasa, 15 Maret 2022

Pembelajaran : 5 dan 6

Muatan Ajar : Bahasa Indonesia (KD 3.4 dan 4.4), IPA (KD 3.9 dan 4.9), PPKn (KD 3.4dan 4.4), SBdP (KD 3.2 dan 4.2)

Tujuan Pembelajaran :

1. Setelah membaca materi di blog siswa mengamati gambar iklan media cetak, siswa dapat menuliskan isi teks iklan media cetak dengan tepat.

2. Setelah membaca materi di blog siswa mengamati berbagai benda pada tabel, siswa dapat menuliskan kesimpulan tentang perbedaan zat tunggal dan zat campuran dengan benar.

3. Setelah membaca materi di blog siswa memahami tangga nada pentatonis, siswa dapat menentukan jenis tangga nada pentatonis pada lagu tersebut dengan tepat.

4. Setelah membaca materi di blog siswa mengamati gambar iklan media cetak, siswa dapat membuat iklan sederhana.

5. Setelah membaca materi di blog siswa memahami upaya menjaga persatuan dan kesatuan, siswa dapat menjelaskan upaya menjaga persatuan dan kesatuan dengan benar.

6. Setelah membaca materi di blog siswa memahami alat musik melodis, siswa dapat memaikan alat musik melodis dengan tepat.


MUATAN BAHASA INDONESIA  ( KD 3.4 DAN 4.4)

ISI TEKS IKLAN MEDIA CETAK

Dalam iklan terdapat nama produk, sumber, deskripsi produk, serta alamat dan nomor kontak sumber. Selain itu, pesan yang disampaikan dalam iklan harus jelas sehingga masyarakat yang menjadi sasaran iklan dapat memahami informasi dalam iklan.

Saat kita menuliskan pendapat untuk sebuah iklan, kita tidak hanya memeehatikan unsur-unsur iklan, namuh njuga respon pembaca terhadap iklan tersebut. Iklan yang baik dapat membuat perubahan pada masyarakat yang menyimak iklan tersebut, baik itu sikap, pola piker, perilaku, dan pola hidup. Sedangkan untyuk iklan penawaran produk , iklan yang baik akan membuat pembaca tertarik untuk menggunakan produk iklan tersebut.

MEMBUAT IKLAN SEDERHANA

Membuat iklan yang  baik mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

Iklan mempunyai sasaran yang jelas.

Iklan focus pada produk atau jasa yang diiklankan.

Iklan mempunyai daya tarik dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Iklan disajikan menarik, baik dengan gambar atau kalimat ajakan.

Contoh membuat iklan media cetak




MUATAN IPA (KD 3.9 dan 4.9)

PERCAMPURAN ZAT

Benda-benda yang telah dicampurkan ada yang tercampur sempurna dan ada pula yang tidak tercampur sempurna. Zat-zat yang tercampur sempurna dinamakan campuran homogeny. Zat-zat yang tidak tercampur sempurna dinamakan campuran heterogen.

Contohnya :

Campuran homogen :

air gula (campuran air dan gula)

air teh (campuran air, teh, dan gula)

larutan garam (campuran air dan garam)

udara (campuran gas gas seperti oksigen, nitrogen, hidrogen, karbon dioksida, dll)

air cuka

baja

sabun cuci piring

air hujan

larutan susu (campuran susu dan air)

air sirup (campuran air dan sirup)

Campuran heterogen :

campuran tanah dan kerikil

campuran air dan pasir

campuran beton

campuran air dan tanah

campuran minyak dan air

campuran air dan kapur

campuran air dan kopi

sup buah

adonan kue

Campuran air dan beras

MUATAN PPKn (KD 3.4 dan 4.4)

UPAYA MENJAGA PERSATUAN DAN KESATUAN

Kerukunan antarsuku bangsa, budaya, dan agama di Indonesia adalah kunci dari persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Semangat persatuan harus jaga dan kembangkan untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indoneisa yaitu mewujudkan kesejahteraan yang adil dan merata bagi seluruh rakyat Indonesia. Berikut contoh kegiatan yang dapat memperkokoh kerukunan swbagai upaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yaitu :

Melakukan kegiatan untuk mempengaruhi HUT Kemerdekaan Indonesia dengan menyeretakan seluruh warga.

Melakukan kegiatan Sumpah Pemuda dengan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kecintaan pada tanah air.

Memecahkan masalah dalam masyarakat secara bersama-sama melalui diskusi dan musyawarah.

Melakukan kegiatan bakti social bersama tanpa membedakan-bedakan ras, suku, dan agama.

Menyelanggarakan kirab budaya yang menampilkan berbagai keunikan budaya di Indonesia.

MUATAN SBdP (KD 3.2 dan 4.2)

TANGGA NADA PENTATONIS

Tangga nada pentatonic adalah tangga nada yang terdiri dari lima nada pokok (penta artinya lima, tone artinya nada). Tanggga nada pentatonic lebih banyak digunakan pada music tradisonal, seperri gamelan. Tangga nada ini dibedakan menjadi dua tangga nada yaitu pelog dan slendro :

1.Tangga nada pelog memiliki sifat karakteristik musik yang tenang dan bersifat hormat. Pelog memiliki lima tangga nada primer, yaitu do, mi, fa, sol, si. Contoh lagu daerah dengan tangga nada pelog adalah: Lagu Gundul-Gundul Pacul, yang berasal dari Jawa Tengah. Lagu Pitik Tukung, yang berasal dari Jawa Tengah. Lagu Ngusak Asing, yang berasal dari Bali. Lagu Macepet Cepetan, yang berasal dari Bali. Lagu Karatangan Pahlawan, yang berasal dari Jawa Barat.

 

2.Tangga nada pentatonic slendro Tangga nada slendro memiliki karakterisitik musik yang gembira, lincah dan menyenangkan. Slendro memiliki lima tangga nada primer, yaitu do, re, mi, sol, la. Contoh lagu daerah dengan tangga nada slendro adalah: Lagu Lir Ilir, yang berasal dari Jawa Tengah. Lagu Cublak-Cublak Suweng, yang berasal dari Jawa Tengah. Lagu Te Kate Dipanah, yang berasal dari Jawa Tengah. Lagu Kerraban Sape, yang berasal dari Jawa Tengah. Lagu Cing Cangkeling, yang berasal dari Jawa Barat.

MEMAINKAN ALAT MUSIK MELODIS

Alat music melodis adalah alat music yang dapat membunyikan melodi atau nada (do,re,mi,fa,sol ,la,si do). Ada banyak jenis alat music melodis, diantaranya rekorder dan painika. Alat music rekorder dimainkan dengan cara ditiup, sedangkan painika dimainkan dengan cara mrniup selang peniup dan menekan tuts.

Tugas

Anak sholeh dan sholehah tugas hari ini membuat salah satu jenis iklan media cetak terimakasih🙏🙏

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to " "

Posting Komentar