Kelas : 2

Tema : 5 Pengalamanku

Subtema : 1 Pengalamanku di Rumah

Pembelajaran : 5 & 6

Assalamualaikum sholih sholihah 2C Tabik Pun😊 Bagaimana kabarnya hari ini?

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah ya nak. 

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiah berikut ini :  


TUJUAN PEMBELAJARAN

1.Siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan benar.

2.Siswa dapat membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat) dengan benar.

3.Siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila dengan tepat.

 VIDEO PEMBELAJARAN :

https://www.youtube.com/watch?v=aYLWqyYAzjw

Ringkasan Materi

Perhatikan gurumu membacakan puisi. Puisi

tentang “Burung Kutilang”. Dengarkan dengan penuh konsentrasi!

Burung Kutilang

Di pucuk pohon cemara

Burung kutilang berbunyi

Bersiul-siul sepanjang hari

Dengan tak jemu-jemu

Mengangguk-angguk sambil berseru

Tri-li-li li-li li-li li-li

Sambil berloncat-loncatan

Paruhnya selalu terbuka

Digeleng-gelengkan kepalanya

Menentang langit biru

Tandanya suka ia berseru

Tri-li-li li-li li-li li-li


Makna dari kata-kata dalam puisi diatas

1. Cemara: pohon ysng berbatang tinggi lurus, pohonnya menyerupai tiang dan daunnya seperti lidi

 2. Bersiul: menirukan bunyi suling dengan mulut

3. Jemu : bosan

4. Berseru :  menarik perhatian dengan suara nyaring

5. Paruh : mulut burung, ayam dan itik

Pahami puisi berikut! Bacalah dengan lafal,

intonasi, dan ekspresi yang tepat!

Burung Berkicau

Karya: Erika Artha Dini, SD Negri Kebumen 1

Di pagi hari

Kulihat engkau berayun-ayun

Sambil berkicau

Kadang kuingin memiliki

Sayap dan suara sepertimu

Suara yang sangat merdu

Kicauan di langit biru

Beni mempunyai banyak teman. Beni juga anak yang baik. Beni pandai bergaul. Teman Beni ada  yang menjadi pengurus masjid. Pengurus masjid tiba-tiba ke rumah Beni. Pengurus masjid perlu bantuan. Bantuan untuk korban banjir. Beni memberi sumbangan korban banjir. Beni memberi contoh yang baik. Contoh ini sesuai sila kedua Pancasila. Beni bermain di taman. Beni bermain gantungan di taman. Tangannya kurang kuat memegang gantungan. Tangan kanannya tidak berpegangan lagi. Beni hampir terjatuh.

Ayah melihat Beni hampir terjatuh. Ayah langsung menolong Beni. Beni bersyukur karena ditolong ayahnya. Beni bermain di taman.





Berdasarkan gambar dapat dijabarkan sesuai dengan silanya:

Memberikan sumbangan untuk pembangunan masjid pengamalan sila ke-2

Tidak membeda-bedakan teman pengamalan sila ke -3

Membantu ayah pengamalan sila ke 2

Berdoa sebelum makan pengamalan sila ke-1

Saling menyayangi sesama saudara pengamalan sila ke-2

Membantu ibu pengamalan sila ke-2

Sepupu Beni datang dari kampung. Beni senang dikunjungi saudaranya. Beni dan sepupunya saling berkunjung. Beni selalu

menjaga kerukunan antarkeluarga. Sikap ini contoh perilaku sesuai sila ketiga Pancasila.

Tiba-tiba Beni membuka jendela. Ternyata, hari ini turun hujan. Beni menunggu hujan reda.

Kemudian, Beni nyanyi lagu “Tik Tik Tik Bunyi

Hujan”. Ayo, tirukan bersama!

Tik Tik Tik Bunyi Hujan

(Ciptaan: Ibu Sud)

Tik tik tik bunyi hujan

di atas genting

Airnya turun tidak terkira

Cobalah tengok

dahan dan ranting

Pohon dan kebun basah semua


Sepupu Beni membaca puisi. Puisi tentang “ Hujan.”

Dengarkan dengan seksama!

Hujan

Hujan, Hujan di mana-mana,

di jalan di halaman semua basah,

hujan, hujan tak henti henti,

hujan hujan lebat sekali.

Hujan, Hujan bukan kepalang

di sana dan di sini air tergenang,

hujan hujan belum berhenti,

hujan hujan sepanjang hari

Kamu telah belajar tentang puisi. Sekarang, perhatikan benda di rumahmu. Apakah di rumahmu ada penggaris? Adakah meteran?

Adakah jangka sorong? Adakah mikrometer sekrup?


Tugas :
1.Kirimkan rekaman suaramu saat membaca puisi yang berjudul "Hujan", bacalah dengan benar dan jelas!

2. Kerjakan soal pada gambar di bawah ini!








  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to " "

Posting Komentar