Tema 4 sub tema 1 Pb 1 dan Pb2

Kelas IV D
Tanggal 3 Oktober 2019
Tujuan :
Pb 1
Bahasa Indonesia
Siswa memahami inti cerita dalam buku sastra
IPA
Siswa mampu memahami dampak pemanfaatan teknologi bagi keseimbangan alam
IPS
Siswa mampu memahami  Jenis pekerjaan dalam suatu kegiatan ekonomi
Pb 2
Pkn
Siswa mampu menghubungkan sila kedua dengan makna sila kedua pancasila
Sbdp
Siswa mampu memahami ilustrasi

Materi
Pb 1
Pkn
Inti cerita dalam buku sastra dapat diketahui jika kita membacanya dengan cermat.
Contoh
IPA

Berikut akan membahas mengenai dampak positif teknologi terhadap lingkungan dalam berbagai bidang.
Bidang industri:
  1. Diperluasnyalapangan kerja dengan berdirinya industri atau pabrik baru.
  2. Perkembanganindustri bertambah baik, misalnya dengan penelitian dan pengembangan di bidangindustri transportasi, elektronika, dan industri rekayasa
  3. Berkembangnyatanaman sebagai bahan baku industri (kapas untuk industritekstil, kayu sengon,dan pinus untuk industri kertas).
  4. Diciptakannya mesin daur ulang, sehingga sampah sebagai sumber pencemaran lingkungan dapat diurangi.e.Memperolehdevisa dari industri pariwisata.
Selain dampak positif yang sangat banyak, dampak negatifnya juga sangat banyak dan cenderung berlawanan atau berbanding terbalik dengan dampak-dampak positifnya. berikut beberapa conoth negatif dari teknologi terhadap lingkungan.

  1. Lahan pertanian, perkebunan, peternakan, dan kehutanan semakin sempit karenadibangun banyak perumahan.
  2. Rusaknya lingkungan alam, karena dibangunnya industri atau pabrik.
  3. Terjadinya banjir dan erosi karena penebangan hutan tidak terkendali. (al: ilegal loging )
  4. Untuk pemenuhan kebutuhan primer dan sekundernya manusia mengeksploitasi alam.
  5. Pemupukan yang berlebihan mengakibatkan pencemaran tanah.
  6. Penyemprotan peptisida berimbas makhluk hidup yang lain terkena racun tahan lamayangdapat menyebar dalam rantai makanan ke ekosistemnya sehingga dapatmemengaruhimata rantai makhluk hidup yang memakannya.
Jenis-jenis Usaha Bidang Ekonomi
Jenis-jenis usaha perekonomian yang ada di masyarakat Indonesia beraneka ragam, di antaranya  adalah pertanian, perdagangan, perikanan, peternakan, industri kerajinan, dan jasa.
a.  Pertanian
Hasil usaha pertanian adalah usaha yang menghasilkan bahan pangan. Di antaranya padi, jagung, kacang, kedelai, sagu, umbi-umbian, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Tanaman ini mempunyai umur pendek (dapat dipanen tiga sampai enam bulan). Hasil pertanian yang berumur panjang adalah hasil perkebunan seperti kelapa sawit, kopi, cokelat, teh, dan sebagainya. Indonesia disebut sebagai negara agraris karena sebagian   besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani.
Usaha pertanian banyak terdapat di daerah pedesaan dan pegunungan. Orang yang bekerja dalam bidang pertanian atau orang yang mengolah tanah dan bercocok tanam disebut petani. Petani dibedakan menurut jenis usahanya yang meliputi sebagai berikut.
1) Petani sawah : mengolah sawah.
2) Petani ladang : mengolah lahan kering.
3) Petani perkebunan : mengolah lahan luas untuk tanaman perkebunan.
4) Petani tambak : mengolah lahan untuk tambak.

b. Perdagangan
Perdagangan adalah kegiatan usaha yang menyalurkan barang produksi dari produsen ke konsumen. Pedagang menjual barang ke konsumen. Pedagang disebut sebagai perantara. Jenis usaha perdagangan, di antaranya pedagang bahan makanan, pedagang sandang, pedagang perhiasan, pedagang hewan dan lain-lain.
Menurut tempat usahanya, pedagang dibedakan menjadi sebagai berikut:
1). Pedagang tetap, yaitu pedagang yang memiliki tempat yang tetap, misalnya berdagang di pasar, ruko (rumah toko), toko, warung atau mal/supermaket.
2)   Pedagang asongan, yaitu pedagang yang tidak menetap dan berdagang dengan cara berkeliling.
3)  Pedagang kaki lima, yaitu pedagang yang tidak menetap dan berpindah-pindah tempatnya. Contohnya, pedagang di pinggir jalan raya atau trotoar. 

c. Perikanan
Perikanan adalah kegiatan usaha dalam budaya ikan. Budaya ikan adalah kegiatan mengembangbiakkan ikan. Nelayan adalah orang yang mencari ikan di laut. Indonesia memiliki wilayah perairan yang lebih luas daripada daratannya. Penduduk yang tinggal di sekitar pantai lebih banyak yang menjadi nelayan.

d. Peternakan
Peternakan adalah kegiatan usaha dengan cara memelihara hewan dan mengambil hasilnya dengan  cara dijual ke konsumen. Peternak adalah orang yang pekerjaannya memelihara hewan. Jenis-jenis usaha.
peternakan dibedakan menjadi sebagai berikut.
1)Peternak hewan besar : memelihara sapi, kerbau, kuda, babi
2Peternak hewan kecil  : memelihara biri-biri,  Kambing, kelinci.
3) Peternak ikan : memelihara ikan lele, ikan mas, mujair, dan gurame.
4)  Peternak unggas  : memelihara puyuh, ayam, itik, dan burung.

Pb 2
Pkn

Makna Sila Ke-2

Beberapa makna terkandung dalam nilai kemanusiaan yang adil dan beradab, khususnya untuk masyarakat Indonesia, yang diantaranya adalah sebagai berikut;

Kesadaran

Kesadaran sikap dan perilaku setiap penduduk Indonesia akan senantiasanya disesuaikan dengan nilai-nilai moral dan tuntutan hati nurani yang terletak pada sanubari setiap manusia. Atas kesadaran inilah mampu memberikan kesadaran akan peran serta masing-masing lembaga masyarakat yang ada di Indonesia untuk melakukan pembangunan sesuai dengan kapasitasnya.

HAM

Makna yang terkadung dalam isi Pancasila kedua adalah serangkaian pengakuan dan penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia (HAM) inividu lainnya, yang sejatinya selalu dibawa setiap seseorang ketika ia baru dilahirkan dari rahim ibunya.

Kemanusiaan

Makna yang terdapat dalam kandungan sila kedua dalam Pancasila ini ialah mengembangkan sikap saling mencintai atas dasar kemanusiaan. Dengan adanya peranan ini tentusaja tidakan manusia akan diberikan batasan yang dapat meminimalisir tindakan kejahatan.

Keadilan

Arti sila kedua dalam pancasila selanjutnya ialah proses untuk dapat menerapkan kehidupan yang berkeadilan dan berkeadaban. Hal ini menjadi makna penting, mengingat pembangunan yang ada harus merata dan dilakukan dengan terus mempertimbangkan jumlah penduduk, wilayah, dan lain sebaginya.

Tangang Rasa

Pengalaman dalam perwujutan sikap yang ada dalam Sila Kedua Pancasila ini akan mampu memberikan dorongan dalam memunculkan sikap tenggang rasa dalam setiap hubungan sosial yang seseorang lakukan dalam kelompok masyarakat.
Pengertian tengang rasa sendiri merupakan bentuk penghormatan yang dijalankan individu dengan individu lainnya sebagai bentuk harmonisasi, tindakan ini dilakukan melalui serangkaian pengatahuan serta tingkah laku seseorang dalam menjalankan hak dan kewajiban warga Negara.

Lambang Sila Kedua: Rantai

Lambang yang menjadi ciri khas dari Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dalam Pancasila ini adalah Rantai berwarna emas (kuning) dengan segi empat di dalamnya serta lingkaran yang terkandung dalam mata rantai. Secara lengkap arti ini mengindikasikan adanya kerjasama antar laki-laki dan perempuan (masyarakat) Indonesia untuk bersatu dalam kekuataan.
Arti Lambang Sila Kedua Rantai
Arti Rantai dalam Sila Kedua
  • Mata Rantai Segi Empat= Laki-laki
  • Mata Rantai Lingkaran = Perempuan.
  • Mata Rantai Berkaiat = Perwujutan ikatan erat satu sama lain yang saling bersatu.
Dari serangkaian penjelasan tentang makna dan lambang dalam nilai kemanusiaan yang terkandung dalam ideologi negara tersebut, tentusaja akan menjadikan bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari masyarakat dunia yang meyakini segenap prinsip persamaan harkat dan martabat sebagimanya sesuai dengan sejarah PBB yang bertujuan untuk perdamaian.
Oleh karena itulah, bangsa Indonesia mengimplementasikannya dengan mengembangkan sikap hormat-menghormati dan bekerja sama dengan bangsa lain, baik dalam hubungan internasional ataupunperjanjian internasional serta kerjasama internasional.

Pengamalan Sila Kedua “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”

Pengamalan yang dilakukan dalam upaya menerapkan sesunggunya berkaitan dengan hubungan antarnegara dan warga negara Indonesia. Nilai-nilai yang terkandung dalam dari kemanusiaan yang adil dan beradab ini antara lain sebagai berikut;
  1. Persamaan derajat yang ada dalam masyarakat, baik dalam segi hukum, hak, ataupun kewajiban antara miskin dan kaya, pejabat ataupun rakyat.
  2. Penghargaan hak asasi manusia
  3. Nondiskriminatif terhadap golongan lainnya yeng berbeda suku, budaya, ataupun agama.
  4. Solidanitas antarsesama manusia dan antarbangsa
  5. Keadilan
  6. Keberadaban
  7. Perdamaian
Pengertian ilustrasi adalah suatu gambar yang dapat memperjelas suatu cerita atau informasi, sehingga cerita dan informasi tersebut serasa lebih hidup serta mudah di pahami. Dengan gambar ilustrasi maka setiap pembaca dapat lebih memahami teks cerita atau informasi yang di sajikan. Atau definisi ilustrasi yaitu karya seni berbentuk gambar yang digunakan untuk menjelaskan sebuah naskah cerita atau informasi sehingga pembaca lebih memahami cerita atau informasi yang disampaikan.
Banyak sekali contoh ilustrasi yang dapat kita temui saat ini misalnya seperti komik dan karikatur. Ilustrasi dapat membuat cerita terlihat lebih hidup, sehingga para pembaca akan berimajinasi tentang cerita yang sedang dibacanya, serta teks cerita mudah di pahami juga. Ilustrasi dapat kita jumpai juga di buku pelajaran sekolah, cerpen, koran, majalah, dan lain-lain
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Tema 4 sub tema 1 Pb 1 dan Pb2"

Posting Komentar