Jum'at, 11 Februari 2022
Kelas : V C
Anak sholeh sholeha V C bagaimana kabarnya di hari Jumat yang barokah ini ini semoga ananda semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat serta senantiasa dalam lindungan ALLAH SWT aamiin. Sebelum ananda belajar awali dengan berdoa dahulu kemudian simak tauziah,sholat dhuha dan membaca alquran. Setelah itu silahkan ananda memahami materi penarikan akar pangkat tiga yang telah tersedia , kerjakan Soal dengan mandiri dan penuh semangat. Terimkasih
BILANGAN PANGKAT TIGA
Silahkan simak video berikut ini
5 pada bilangan di atas disebut sebagai bilangan pokok. 3 disebut sebagai bilangan pangkat tiga, dan 125 merupakan hasil perpangkatan. Agar lebih jelas, ayo kita simak penjelasan di bawah ini!
Bilangan berpangkat adalah perkalian berulang dengan bilangan itu sendiri sebanyak bilangan pangkat tersebut. Contoh 43 berarti bilangan 4 dikalikan bilangan 4 sebanyak 3 sehingga 43 = 4x4x4 hasilnya adalah 64. Jadi 43 = 64. Contoh yang lain 73 = 7 x 7 x 7 hasilnya adalah 343 jadi 73= 343.
Bilangan kubik adalah bilangan hasil pemangkatan tiga suatu bilangan. Jadi bisa dikatakan bahwa bilangan kubik adalah bilangan hasil perpangkatan tiga. Contoh 23 = 8 jadi 8 adalah bilangan kubik. Contoh lain 53 = 125 jadi 125 adalah bilangan kubik. Tahukah teman-teman bilangan kubik antara 0 sampai 1.000? Coba sebutkan secara urut! 1, 8, 27, 64, 125, 216, 343, 512, 729 dan 1.000. Apakah jawaban teman-teman benar?
Coba teman-teman lihat tabel di bawah ini!
No | Bilangan Berpangkat tiga | Bilangan Kubik | Dari tabel disamping dapat kita lihat bahwa , 1, 8, 27, 64, 125, 216, 343, 512, 729 dan 1.000 merupakan bilangan kubik/hasil perpangkatan. |
1 | 13 | 1 | |
2 | 23 | 8 | |
3 | 33 | 27 | |
4 | 43 | 64 | |
5 | 53 | 125 | |
6 | 63 | 216 | |
7 | 73 | 343 | |
8 | 83 | 512 | |
9 | 93 | 729 | |
10 | 103 | 1.000 |
Bagaimana mencari akar pangkat tiga suatu bilangan? Mari kita simak penjelasan berikut!
Bagaimana mencari akar pangkat tiga suatu bilangan? Mari kita simak penjelasan berikut!
Berapakah hasilnya?
1. Lihatlah bilangan satuannya. Dalam soal ini 6 (jadi bilangan satuannya tetap 6.)
2. Pisahkan 3 angka dari belakang dan lihatlah bilangan yang ada di depannya. Dalam soal ini adalah 17.
3. Carilah bilangan yang apabila dipangkatkan tiga hasilnya mendekati 17 (tidak lebih atau sama dengan 17). Bilangan tersebut yaitu 23 = 8 kita ambil bilangan pokoknya saja yaitu 2
4. Satukan yang dihasilkan pada nomor 3 yaitu 2 dan hasil nomor 1 yaitu 5 berarti hasilnya adalah 26.
TUGAS
Kerjakan soal di bawah ini dengan jelas dan benar !
1. 113
2. 133
3. 153
4. 3√1.728
5. 3√4913
GOOD LUCK
Terima kasih ananda soleh dan soleha sudah mengerjakan tugas dengan baik ,tetap semangat dan selalu jaga kesehatan
Tematik
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menyebutkan peristiwa – peristiwa atau tindakan pada teks nonfiksi dengan benar.
2. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menyebutkan pentingnya air bagi manusia serta menjelaskan terjadinya siklus air.
3. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menjelaskan tangga nada diatonis mayor.
Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.8, 4.8)
Teks Nonfiksi
Teks nonfiksi adalah teks yang dibuat berdasarkan fakta, realita atau hal – hal yang terjadi dalam kehidupan sehari – hari. Contoh teks nonfiksi yaitu: biografi, karya ilmiah, laporan berita, tulisan sejarah.
Salah satu cara mengidentifikasi teks adalah dengan membaca kemudian mencatat gagasan pokoknya. Isi teks akan mudah diingat apabila ditulis dalam bentuk peta pikiran. Peta Pikiranadalah suatu bagan yang digunakan untuk menggambarkan berbagai gagasan suatu teks.Peristiwa dalam teks nonfiksi dapat ditemukan dengan membaca teks secara seksama.
Berikut ini contoh membuat atau menulis Peta Pikiran :
Muatan IPA ( KD 3.8, 4.8)
1. Manfaat air bagi kehidupan
Ø Manfaat air bagi manusia
Zat pembentuk tubuh manusia itu terdiri dari 73% adalah air. Adapun manfaat air bagi manusia adalah :
· Keperluan rumah tangga, misalnya air digunakan untuk minum, masak, mandi, mencuci dan mengepel lantai.
· Keperluan industri, misalnya air digunakan sebagai bahan baku minuman kemasan, selain itu air juga digunakan untuk pembangkit tenaga listrik yang sangat dibutuhkan oleh sektor industri.
· Keperluan rekreasi dan olah raga, ada beberapa cabang olah raga yang memanfaatkan air sebagai sarananya. Misalnya olahraga renang, selancar, dayung, dan arung jeram.
· Keperluan pertanian dan peternakan, para petani sangat membutuhkan air dalam jumlah yang banyak untuk mengairi sawah dan lahan pertaniannya. Para peternak juga sangat membutuhkan air untuk memelihara ternak mereka.
· Keperluan transportasi, misalnya dalam pelayaran sangat membutuhkan air sebagai sarana transportasi. Demikian juga di daerah kalimantan air sungai dimanfaatkan sebagai sarana transportasi penduduk setempat.
Ø Manfaat air bagi hewan
· Untuk minum, hewan memerlukan air untuk metabolisme dalam tubuh hewan.
· Untuk produksi susu, bagi hewan yang menyusui air sangat berperan dalam proses produksi susu.
· Sebagai tempat hidup, ada beberapa hewan yang hidup dia air, misalnya berbagai jenis ikan , udang, lumba-lumba, dan ikan paus.
· Hewan juga membutuhkan air untuk membersihkan tubuhnya, misalnya saja kerbau biasanya membersihkan tubuhnya dengan cara masuk ke dalam air.
· Sebagai alat perlindungan, Kuda nil menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam air adalah agar kuda nil bisa menghindari panas terik di siang hari.
· Sebagai senjata, ikan pemanah adalah penembak jitu di dalam sungai, dan sebuah jet air adalah senjatanya. Dengan bidikan yang tepat, ikan ini mampu mengambil serangga apapun dalam beberapa meter tanpa menggunakan apa-apa selain air yang disemprotkan dari mulutnya.
Ø Manfaat air bagi tumbuhan
· Sebagai tempat hidup, ada beberapa jenis tumbuhan yang hidup dia air, misalnya eceng gondok, teratai, dan pandan air.
· Menjadi pelarut bagi zat hara yang diperlukan tumbuhan. Zat hara yang ada dalam tumbuhan dilarutkan oleh air dan diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan.
· Menjadi alat transportasi untuk memindahkan zat hara. Bahan yang diangkut dapat berupa bahan mineral dari dalam tanah, bahan - bahan organik hasil fotosintesa, dan olahan sel lainya.
· Menjadi bahan dasar pada fotosintesis, tanpa adanya air fotosintesis tidak dapat berlangsung.
2. Kegiatan yang membutuhkan air di rumah :
a. mandi
b. memasak
c. mencuci baju, piring dan mobil
d. mengepel dan mengelap kaca
e. menyiram tanaman
3. Perhatikan gambar di bawah ini!
Air di laut, sungai, dan danau menguap akibat panas dari sinar matahari. Proses penguapan ini disebut evaporasi. Tumbuhan juga mengeluarkan uap air ke udara (transpirasi). Uap air dari permukaan bumi naik dan berkumpul di udara. Lama-kelamaan, udara tidak dapat lagi menampung uap air (jenuh). Proses ini disebut presipitasi (pengendapan). Ketika suhu udara turun, uap air akan berubah menjadi titik-titik air. Proses ini disebut kondensasi (pengembunan). Titik-titik air di awan selanjutnya akan turun menjadi hujan (presipitasi). Air hujan akan turun di darat maupun di laut. Air hujan yang jatuh di tanah akan meresap menjadi air tanah (infiltarasi). Selanjutnya, air tanah akan keluar melalui sumur. Air tanah juga akan merembes ke danau atau sungai. Air hujan yang jatuh ke perairan, misalnya sungai atau danau, akan menambah jumlah air di tempat tersebut. Selanjutnya air sungai akan mengalir ke laut. Namun, sebagian air di sungai dapat menguap kembali. Air sungai yang menguap membentuk awan bersama dengan uap dari air laut dan tumbuhan. Proses siklus air pun terulang lagi.
Muatan SBdP (KD 3.2, 4.2)
Tangga nada diatonis mayor adalah tangga nada yang memiliki rangkaian tujuh nada yang susunan nada – nadanya berjarak (interval) 1 – 1 – ½ - 1 – 1 – 1 – ½. Tangga nada diatonis mayor juga memiliki ciri lain, yaitu lagu bersifat riang gembira dan bersemangat, serta biasanya diawali dan diakhiri dengan nada do.
Perhatikan susunan tangga nada C mayor dan G mayor berikut!
Tangga nada C mayor merupakan tangga nada natural. Tangga nada natural adalah tangga nada yang tidak menaikkan atau menurunkan jarak antarnadanya.
Tangga nada G mayor atau G = do, tersusun atas nada G – A – B – C – D – E – Fis – G’. Nada F menjadi fis yang artinya dinaikkan ½ nada. Nada F perlu dinaikkan karena jarak nada E ke F hanya berjarak ½ yang seharusnya dalam susunan tangga nada mayor berjarak 1.
Tugas tematik hari ini anak sholeh dan sholehah pahami tema 8 sub tema 1 pembelajaran 1 dan 2 ya nak terimakasih🙏🙏
SELAMAT BELAJAR
0 Response to " "
Posting Komentar