1. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat membuat undangan dengan penggunaan ejaan yang tepat dengan penuh percaya diri.
2. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat mengamati perubahan wujud benda yang dipengaruhi oleh kalor atau panas dengan penuh tanggung jawab.
3. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik mengidentifikasi kegiatan-kegiatan dalam mengisi kemerdekaan dengan penuh kepedulian.
IPA ( KD 3. 7, 4.7)
PERUBAHAN WUJUD BENDA
perubahan wujud benda dapat digolongkan menjadi beberapa peristiwa:
1. Membeku
Membeku merupakan peristiwa perubahan wujud benda dari cair menjadi padat. Dalam peristiwa ini, zat melepaskan energi panas. Pendinginan yang cepat akan berdampak pada temperatur kriogenik. Kriogenik ini adalah ilmu yang mempelajari materi dengan temperatur sangat rendah. Ini dapat menyebabkan suatu zat membeku di bawah titik bekunya. Contoh benda pada sifat ini bisa dengan air yang didiinginkan yang dimasukan ke dalam freezer. Benda itu akan membeku dan menjadi es batu.
2. Mencair
Mencair adalah perubahan wujud dari padat menjadi cair. Peristiwa ini memerlukan energi panas dengan suhu tinggi. Benda yang telah mencair itu sepenuhnya disebut sebagai benda cair. Air Terjun Niagara Membeku Contoh benda mencair itu air yang membeku (es) dipanaskan dan berubah menjadi air.
3. Menguap
Menguap merupakan peristiwa wujud air menjadi gas. Pada proses ini bagaimana zat memerlukan energi panas. Contoh proses menguap ini dengan air yang direbus jika dibiarkan lama-kelamaan akan habis. Bensin yang dibiarkan berada pada tempat terbuka lama-lama akan habis berubah menjadi gas.
4. Mengembun
Mengembun ini adalah peristiwa perubahan wujud dari gas mencair cair. Pada proses ini zat memerlukan energi panas. Es Hilang dalam Sehari Contoh pada proses ini saat es batu disimpan dalam sebuah gelas, maka bagian luar jadi basah.
5. Menyublim
Menyublim ini proses perubahan wujud dari padat menjadi gas. Proses ini zat memerlukan energi. Contoh penyubliman bisa dilihat pada kapur barus yang disimpan pada lemari. Kapur lama-lama akan habis.
6. Mengkristal
Mengkristal ini suatu proses perubahan gas menjadi padat dan peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contoh dari proses ini bisa dilihat berubahnya uap menjadi salju.
Bahasa Indonesia (KD 3. 5, 4. 5)
Mengidentifikasi Surat Undangan
Surat undangan merupakan surat yang berisi pemberitahuan dan permintaan kesediaan seseorang untuk menghadiri suatu acara atau kegiatan. Kalimat yang digunakan dalam undangan haruslah efektif, yaitu singkat, padat, dan jelas. Tujuannya agar orang yang membacanya dapat segera mengerti isinya.
Surat undangan dibedakan atas 3 jenis, yaitu sebagai berikut.
1. Undangan resmi
Undangan yang mengatasnamakan sebuah instansi atau organisasi dan kedinasan. Biasanya dipergunakan untuk kepentingan kedinasan.
2. Undangan setengah resmi
Undangan yang mengatasnamakan perorangan yang ditujukan ke perorangan maupun instansi atau organisasi.
3. Undangan tidak resmi
Undangan yang mengatasnamakan perorangan yang ditujukan kepada perorangan untuk kepentingan perorangan, seperti undangan ulang tahun, undangan perayaan kelahiran.
Bagian bagian dari Surat Resmi
1. Kepala Surat
2. Nama dan alamat tujuan
3. Isi Surat
4. Penutup Surat
5. Tempat dan Tanggal Surat
6. Pembuat Surat
Pengertian Surat Undangan Resmi
Disini surat undangan resmi merupakan surat undangan yang dikeluarkan oleh pihak organisasi yang biasanya ditunjukan kepada organisasi lain atau perseorangan. Selain itu juga anda harus memahami apa fungsi surat.
Contoh Surat Undangan yang Resmi
Terdapatnya perbedaan dengan surat yang tidak resmi bahwa, dalam penulisan surat resmi ini penulisannya harus memakai Bahasa baku dan penulisannya juga harus sesuai dengan EYD.
Kriteria Surat Undangan Resmi
Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi dalam pembuatan surat undangan resmi yakni sebagai berikut :
Kop surat
Tanggal pembuatan surat
Nomor surat
Hal (undangan)
Lampiran
Alamat tujuan
Salam pembuka
Isi surat
Salam penutup
Pengirim
Tembusan
Inisial
Contoh Undangan Tidak Resmi
Surat Udangan Ulang Tahun
Semarang 21 Oktober 2018
Buat. Diana
Di Tempat
Salam Sejahtera
Teman-temanku yang cantoh dan tampan aku mengundang kalian untuk datang ke pesta ulang tahunnku yang akan dilaksanakan pada:
Hari, Tanggal : Sabtu, 24 Oktober 2018
Waktu : 08.00
Tempat : Dirumahku Jalan Soedirman 24, Lampung
Acara : Merayakan Pesata Ulang Tahun
Aku Menunggu Kedatangan Kalian Semua
Temanmu,
Karmin
IPS (KD 3. 4, 4.4)
Kegiatan Pembangunan untuk Mengisi Kemerdekaan
Peran Pelajar dalam Mengisi Kemerdekaan
Cara generasi muda mengisi kemerdekaan adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat, baik untuk diri kita juga orang lain. Saya yakin, para pelajar tahu mana yang baik dan mana yang buruk, cuma rasa malas yang saat ini hinggap di pikiranmu, mengalahkan jiwa patriot yang seharusnya kamu pupuk sampai akhir hayat.
Para pahlawan dengan alat-alat perang sederhana (bambu runcing) bisa mengalahkan senjata yang sudah modern saat itu, bukan karena keberuntungan, tapi karena tekad dan kemauan yang kuat.
Kegiatan positif mengisi kemerdekaan di Rumah
Berikut ini adalah contoh yang dilakukan generasi muda di rumah:
Sadar untuk mengerjakan pekerjaan rumah (ngepel, nyuci, nyapu, dll), tanpa harus di suruh orang tua. Sekarang ini sudah tidak zamannya lagi malu atau malas.
Memanfaatkan waktu luang di rumah untuk belajar kegiatan positif lainnya
Saling membantu jika ada anggota dalam kesusahan.
Menjaga hubungan dengan tetangga
Menghormati satu sama lain adalah wujud patriot sejati.
Patuh terhadap perintah orang tua.
Bersikap baik dan saling mernghormati kepada orang tua dan saudara
Pandai membagi waktu, antara bermain dan belajar.
Melaksanakan perintah yang diberikan orang tua.
Rajin membantu dan berbakti kepada orang tua
Menjaga kebersihan rumah, misalnya dengan menaata barang dengan rapi
Kegiatan positif mengisi kemerdekaan di Sekolah
Sebagai pelajar yang baik, berikut ini contoh kegiatan positif pelajar dalam mengisi kemerdekaan di sekolah:
Disiplin dan khidmat ketika mengikuti upacara.
Memberanikan diri menjadi petugas upacara.
Mematuhi ketentuan dan tata tertib sekolah dan kelas
Belajar dengan rajin dan tekun tidak bersikap malas
Aktif dalam kegiatan pramuka sekolah, paskibra, PMR dan kegiatan ekstra kulikuler atau organisasi lain (OSIS).
Tidak menjelek-jelekkan nama sekolah dengan berperilaku buruk.
Bersikap baik terhadap teman
Sopan terhadap guru, baik dalam berbicara maupun dalam bertutur kata
Menjaga kerapian dan kebersihan lingkungan sekolah
Kegiatan positif mengisi kemerdekaan di Masyarakat
Berikut ini adalah cara mengisi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari di Masyarakat.
Menjadi panitia atau mengikuti lomba 17 Agustus di lingkungan sekitar.
Aktif dalam berbagai acara di masyarakat, baik tentang kemerdekaan, acara keagamaan, atau pelayanan masyarakat lainnya.
Menghargai satu sama lain dengan menjaga sopan dan santun dalam bermasyarakat
Ikut aktif dalam kegiatan di masyarakat, seperti kerja bakti atau pertemuan RT dan RW
Menjaga hubungan dengan anggota masyarakat lainya
Menjaga keamanan dan kebersihan lingkungan tempat kita tinggal
Tidak melakukan diskriminasi, terhadap warga masyarakat yang berbeda suku bangsa atau berbeda agama
Mengikuti peringatan hari kemerdekaan Indonesia setiap tangga 17 Agustus.
SBdP (KD 3. 3, 4. 3)
Karya Seni Rupa Daerah
Seni Rupa Daerah yang Menjadi Daya Tarik Internasional
Setelah mengerti apa saja jenis seni rupa daerah dan contoh-contoh beserta asalnya, saatnya mengetahui seni rupa daerah apa yang sampai sekarang ini memiliki daya tarik bagi warga dunia. Ternyata, tidak hanya satu atau dua kesenian dari Indonesia saja yang berhasil menarik perhatian mereka, melainkan ada cukup banyak. Hal ini pun wajar karena memang setiap seni rupayang berasal dari Indonesia memiliki keunikan masing-masing.
Berikut adalah beberapa seni rupa dari Indonesia yang berhasil menarik perhatian warga dunia dan beberapa memang sudah didistribusikan ke negara lain untuk dikenalkan.
Batik
Contoh gambar batik :
Silahkan simak video berikut ini ya nak
Tugas
Untuk hari ini anak sholeh dan sholehah silahkan membaca dan pahami cara membuat gambar batik yang bu guru share terimakasih anak sholeh dan sholehah 🙏😍🥰
Matematika
Materi : Bangun Ruang
Tujuan :
Siswa dapat menetukan volume bangun ruang balok dan kubu
Siswa dapat mencari luas permukaan bangun ruang balok dan kubus
Rangkuman Bangun Ruang
Bangun ruang merupakan bangun matematika yang mempunyai volume atau pun sisi yang juga sering disebut dengan bangun tiga dimensi karena bangun ruang memiliki tiga buah komponen utama yakni mempunyai sisi, titik sudut dan kemudian rusuk. Sisi adalah bidang yang terdapat pada bangun ruang yang menjadi batas di antara bangun ruang dengan ruangan yang terdapat di sekitarnya. Sementara rusuk merupakan pertemuan dua sisi yang merupakan ruas garis yang terdapat pada bangun ruang, dan titik sudut adalah titik hasil dari pertemuan rusuk yang berjumlah tiga atau lebih.
Berikut Video Terkait Materi
1. KUBUS
Kubus adalah salah satu bangun ruang yang mempunyai panjang rusuk yang sama atau bangun yang mempunyai enam buah sisi yang sama dan juga sebangun, kubus juga termasuk ke dalam bangun ruang tiga dimensi. Berikut ini adalah rumus bangun ruang kubus :
Luas permukaan = 6s²
Volume = s³
A.Menghitung volume dan luas permukaan kubus
Diketahui :
S = 16 cm
Ditanya :
a. Berapakah volumenya?
b. Tentukanluasnya ?
Jawaban :
Volume Kubus :
V= S x S x S = 16 x 16 x 16 = 4096 cm³
Luas Permukaan Kubus :
L= 6 x S x S = 6 x 16 X 16 = 1536 cm²
Jadi kubus ABCDEFGH memiliki volume 4096 cm³ dan luas permukaan 1536 cm².
2. BALOK
Balok adalah bangun ruang yang mempunyai 3 dimensi yang dibentuk oleh 6 buah persegi panjang yang semuanya saling tegak lurus, contoh: Penghapus,kotak pensil, lemari dan yang lainnya
B.Menghitung volume dan luas permukaan balok
Balok ABCDEFGH
P = 16cm
L = 6cm
T = 10cm
Ditanya :
a. Berapakah volumenya?
b. Tentukan luasnya ?
Jawab :
Volume Balok :
V = PxLxT
V = 16x6x10
V = 960cm³
Luas permukaan balok :
L = 2(PL+PT+LT)
L = 2(16×6 + 16×10 + 6×10)
L = 2(96+160+60)
L = 2(316)
L = 632 cm²
Jadi balok ABCDEFGH memiliki volume 960 cm³ kubik dan luas permukaanya 632 cm²
0 Response to " "
Posting Komentar