Hari /tanggal : Rabu, 10 November 2021
Kelas : V
Tema 5 : Ekosistem
Subtema 2 : Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem
Pembelajaran :1 dan 2
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia, IPA dan SBdP
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah
mencermati teks nonfiksi yang dibagikan pada blogger, peserta didik dapat menemukan ide pokok yang terdapat dalam teks
bacaan dengan tepat.
2. Melalui video
gambar tentang rantai makanan, peserta didik dapat
menjelaskan rantai makanan yang terdapat dalam suatu ekosistem secara baik dan benar.
3. Melalui menyimak video youtube tentang properti tari daerah, peserta didik mampu mencari informasi tambahan mengenai tarian daerah lain di Nusantara yang menggunakan property tari secara tepat.
Bahasa Indonesia
Mengembangkan Ide Pokok
Menjadi Kalimat Utama
Setiap teks mempunyai gagasan dasar dalam pembuatannya. Gagasan
dasar yang terkandung dalam teks disebut juga
ide pokok. Ide pokok
biasanya terdapat pada
setiap paragraf
dalam teks yang disajikan. Ide
pokok berisi gagasan dasar mengenai suatu hal
atau kejadian yang
ingin disampaikan pembuat
teks.ide pokok tersebut
dijadikan dasar dalam pembuatan teks, termasuk
pada teks
non fiksi.
Untuk
mengembangkan ide pokok dari teks yang disajikan, lakukan hal-hal
berikut:
1. Membaca
teks non fiksi
dengan saksama.
2. Menentukan ide pokok dari
teks non fiksi.
3. Membuat
kalimat baru yang berisi ide pokok tersebut menggunakan bahasa sendiri.
4. Menggunakan diksi dan ejaan yang tepat
saat mengembangkan ide pokok menjadi
kalimat-kalimat utama.
Ayo Kita Baca !
Meskipun sering
dianggap sebagia hewan penggangu, belalang ternyata
memiliki kandungan nutrisi yang baik
bagi tubuh manusia. Menurut beberapa penelitian, dalam tubuh bellang
terdapat berbagai jenis kandungan nutrisi, seperti protein, vitamin, asam lemak
esensial, dan mineral. Seekor belalang
mengandung kurang lebih 20-40 persen protein
serta 25-30
persen vitamin A dalam tubuhnya. Selain itu, pada kulit belalang juga terdapat zat kotisan seperti pada udang. Semua nutrisi tersebut sangat bermnfaat bagi
pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia.
Setelah kalian membaca teks non fiksi di atas, sekarang kita dapat mengetahui kalimat utama dalam teks tersebut yaitu pada kalimat pertama:
“Meskipun sering dianggap sebagia hewan penggangu, belalang ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh manusia”
Dari kalimat itu baru ide pokok dapat ditentukan yaitu:
“Belalang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi.”
untuk mengembangkan ide pokok menjadi kalimat utama, kalian bisa membuat sebuah kalimat baru yang berisi ide pokok. Pastikan kalimatmu berbeda dengan kalimat ada teks non fiksi yang asli. Misalnya:
“Belalang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia karena memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi.
Rantai makanan adalah rangkaian peristiwa makan dan dimakan antar mahluk hidup untuk kelangsungan hidupnya. Setiap mahluk hidup dalam rantai makanan mempunyai peran masing-masing. Secara umum terdapat tiga peran mahluk hidup dalam rantai makanan, yaitu sebagai berikut:
1. Produsen
· Produsen adalah mahluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Contohnya: rumput, padi, jagung, dan semua tumbuhan hijau.
· Produsen mampu mengubah energi dari energi cahaya matahari menjadi energi kimia.
2. Konsumen
· Konsumen adalah mahluk hidup yang tidak dapat membuat makannya sendiri sehingga mendapatkan energi dari mahluk hidup lain. Contoh konsumen adalah hewan.
· Di dalam rantai makanan, konsumen dapat dikelompokan menjadi:
a. Konsumen tingkat I, yaitu kelompok hewan yang memakan tumbuhan (produsen). Konsumen tingkat I merupakan hewan herbivora.Contoh: rusa, kelinci, belalang.
b. Konsumen tingkat II, yaitu kelompok hewan yang memakan hewan lain (konsumen I). Konsumen II merupakan kelompok hewan karnivora atau omnivor. Contoh: katak, ular, tikus, dan ayam
c. Konsumen puncak, yaitu kelompok hewan karnivor yang tidak ada pemamgsanya.Contohnya : singa , elang, harimau
3. Pengurai
Pengurai adalah mahluk hidup yang mengurai sisa-sisa tubuh mahluk hidup lain yang telah mati. Pengurai tersebut menghasilkan zat-zat kimia dan nutrisi yang dibutuhkan produsen.
Contoh pengurai : cacing tanah, jamur, dan bakteri. Untuk lebih memahami rantai makanan, perhatikan gambar rantai makanan di bawah ini:
Gambar di atas menunjukan rantai makanan pada ekosistem sawah. Rantai makanan tersebut dimulai dari padi. Tanaman padi dimakan tikus, tikus dimakan ular, ular di makan elang, dan elang mati tubuh elang akan diuraikan oleh pengurai seperti jamur untuk dijadikan nutrisi bagi tumbuhan.
SBDP
Tari
Tradisional Caping Nganca
Tari Tradisional Caping Ngancak yang
berasal dari Lamongan, Jawa Timur menceritakan tentang kehidupan petani. Tari
ini menggambarkan para petani yang sedang bekerja mulai dari menanam, merawat,
hingga memanen padi. Seperti petani sebenarnya,
para penari juga mengenakan caping. Caping merupakan penutup
kepala yang biasa dikenakan petani saat bekerja di sawah. Caping berbentuk
kerucut terbuat dari anyaman bambu.
TARI ALANG BABEGA
Tari Alang Babega dari Minangkabau, Sumatera Barat, merupakan sebuah tarian khas daerah yang menggambarkan burung elang yang melayanglayang di udara. Burung Elang ini mengepakkan sayapnya, mencari mangsa, kemudian menukik dan menyambar mangsa tersebut. Setiap tarian daerah memerlukan perlengkapan (properti) yang dikenakan penari pada saat menarikannya. Properti tari bisa jadi berbeda antara satu tarian dengan tarian yang lain. Properti yang digunakan menjadi ciri khas tersendiri tarian tersebut. Bahkan, beberapa properti tari dijadikan sebagai nama bagi tarian tersebut. Misal payung yang digunakan dalam Tari Payung atau caping yang digunakan dalam Tari Caping Ngancak.
Soal
Silahkan kerjakan soal di bawah ini dengan benar !
1.Tari yang menggambarkan para petani yang sedang bekerja mulai dari menanam, merawat, hingga memanen padi disebut …
2. Mengapa dalam sebuah teks bacaan pembaca harus mengetahui pokok pikiran?
3. Apa yang dimaksud dengan kalimat utama?
4. Jelaskan mengenai rantai makanan berdasarkan gambar berikut!
5. Apa fungsi pengurai bagi tanah?
0 Response to " "
Posting Komentar