Tema 4
Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.
Baik anak-anak sebelum kalian menyimak isi materi jangan lupa sarapan,sholat duha dan moroja'ahnya ya agar kegiatan kita di pagi hari ini dimudahkan dan dilancarkan,jangan lupa sholat 5 waktunya ya...
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat memahami isi (makna) dan amanat pantun berdasarkan usia dan isi.
2. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menyebutkan empat macam interaksi dalam bidang pendidikan menjelaskan tentang interaksi sosial dalam pembangunan sosial budaya.
3. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menjelaskan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam pengambilan keputusan.
PPkN ( KD : 3.2, 4.2 )
Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam pengambilan keputusan
Setiap manusia tidak bisa hidup sendiri, selalu bergantung dengan keberadaan manusia lainnya. Sehingga antarindividu harus melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama. Sebagai makhluk sosial, manusia merupakan anggota masyarakat yang memiliki tanggung jawab kepada anggota masyarakat lainnya untuk melangsungkan hidupnya di dalam masyarakat.
Tanggung jawab sebagai masyarakat tersebut harus diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat. berikut jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat:
1. Memelihara rasa persatuan dan kesatuan.
Karena terdiri dari berbagai individu, tentu banyak perbedaan di dalamnya. Sebagai anggota masyarakat yang bertanggung jawab, tidak menjadikan perbedaan tersebut menjadi suatu perpecahan. Kita harus tetap memelihara serta menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat. Prinsip-prinsip dasar untuk menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat adalah: Menciptakan lingkungan hidup yang seimbang dan selaras.
2. Saling mengasihi dan membina antar individu.
Tidak membuat perbedaan menjadi perpecahan, tetapi fokus pada tujuan yang sama Contoh perilaku memelihara rasa persatuan dak kesatuan masyarakat, yaitu: Rukun tetangga harus terus dilakukan Menyelesaikan permasalahan secara musyawarah dan mufakat bersama-sama.
3. Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat.
Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Tidak membedakan suku, ras, dan agama dalam bergaul di masyarakat Memelihara ketertiban dan keamanan bermasyarakat Ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat menjadi tanggung jawab setiap individu. Ketertiban dan keamanan di masyarakat daopat dilakukan dengan membuat aturan yang bisa dipahami dan dipatuhi oleh semua anggota masyarakat tersebut. Contohnya, membuat jadwal ronda malam yang dilakukan secara bergilir oleh anggota masyarakat. Jadwal dan aturan jam ronda malam harus menjadi tanggung jawab individu yang kebagian, sehingga harus dilaksanakan tujuan dan budaya antar-warga dalam masyarakat sama. Dengan kepentingan yang sama ini, setiap warga sebaiknya memperkuat hubungan antar-warga dengan mengesampingkan perbedaan yang ada.
4. Sikap solidaritas
Sikap solidaritas tersebut akan membuat setiap warga bisa menerima perbedaan yang ada, karena dapat saling bergaul dan memaklumi perbedaan yang ada. Solidaritas harus terus ditingkatkan di masyarakat, salah satunya dengan mengutamakan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan pribadi. Contoh sikap solidaritas, yaitu saling membantu, peduli satu sama lain, kerja sama, serta berpartisipasi dalam membangun wilayah secara bersama-sama. Kegiatan gotong royong tentu menjadi kegiatan nyata untuk menciptakan solidaritas antar warga. Bentuk kerja sama tidak hanya dilakukan di pedesaan, melainkan juga daerah perkotaan.
Interaksi dalam Bidang Pendidikan
4 macam interaksi dalam bidang pendidikan yaitu :
1. interaksi siswa dengan siswa. misalnya dedi dan jonas berdiskusi materi pelajaran yg di sampaikan oleh guru
2. interaksi siswa dengan guru. misalnya guru menjawab pertanyaan yg diajukan oleh siswa
3. interaksi siswa dengan sumber belajar. wujud interaksi antara siswa dan sumber pelajar dapat bermacam-macam
4. interaksi siswa dengan lingkungan. misalnya siswa SD mentari melakukan karyawisata ke pantai, dan lain-lain
Contoh interaksi dalam bidang pendidikan
upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melalui pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal.
Melalui pendidikan,maka akan tercapai kesejahteraan masyarakat.
Berikut contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya
1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.
2) Mengikuti pelatihan keterampilan seperti menjahit, membatik, dan membuat karya kerajinan lainnya.
3) Turut serta dalam organisasi masyarakat.
Contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial-budaya melalui pendidikan.
1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.
2) Mengikuti pelatihan keterampilan, seperti menjahit, membatik, dan membuat karya kerajinan lainnya.
Isi (makna) dan amanat pantun berdasarkan usia
Berdasarkan usia, pantun dibedakan menjadi pantun anak anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua.
Contoh pantun anak anak :
Pergi ke warung membeli Koran
Sekalian membeli benang
Ayo bermain kejar kejaran
Badan sehat hati senang
Isi (makna) pantun : bermain kejar kejaran membuat badan sehat dan hati senang.
Amanat pantun : Anak anak sebaiknya bermain agar hati senang.
Contoh Pantun Orang Muda :
Mengangkat batu setinggi bahu
Batu diangkat berat rasanya
Jikalah boleh aku tahu
Baju biru siapa namanya ?
Isi (makna) pantun : Keinginan seseorang untuk berkenalan.
Amanat pantun : Saat berkenalan, sebaiknya dilakukan dengan santun
Pantun di atas memiliki ciri-ciri :
1. Bersajak a-b-a-b
2. Satu bait terdiri dari atas empat baris
3. Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata
4. Terdiri atas sampiran dan isi
sampai sana bertemu Shela.
Berisi putih, berkulit hitam,
rasanya manis serupa gula.
Jawabannya....
7 Oktober 2021 pukul 07.20
Assalamu'alaikum
Nama:zhafira desika ranadiharja
Kelas:5c
No. Absen:26
Jawaban:
Nomor 1:burung hantu
Nomor 2:manggis
🙏🙏🙏
7 Oktober 2021 pukul 07.37
Assallamuallaikum bu
Nama : arufy wanaru
No. Absen : 4
Jawaban :
1. Burung hantu
2. Buah manggis
Terima kasih bu 🙏
7 Oktober 2021 pukul 08.07
Assallamuallaikum bu
Nama : M Fahri Hamzah
No. Absen :12
Jawaban :
1. Burung hantu
2. Buah manggis
Terima kasih bu
7 Oktober 2021 pukul 08.25
Assalamualaikum
Nama : Karina anindya safira
Kelas :5 C
No absen :10
1.Burung hantu
2.manggis
7 Oktober 2021 pukul 08.36
Assalamualaikum
Nama :Mutiara nurma Syafitri
No.absen 15
1.butung hantu
2.manggis
Terima makasih 🙏
7 Oktober 2021 pukul 09.04
Assallamuallaikum bu
Nama : Aleesya Fayola S
No. Absen :2
Jawaban :
1. Burung hantu
2. Buah manggis
Terima kasih bu
7 Oktober 2021 pukul 09.14
Assalamualaikum
R. Abyan Raziq Safaraz
Absen : 18
Jawaban
1. Burung Hantu
2. Buah Manggis
Terimakasih 🙏
7 Oktober 2021 pukul 09.28
Assalamu'alaikum bu
Nama:faiza zahrani putri
No. Absen:06
Jawaban:
1.burung hantu
2.buah manggis
Trimakasih bu🙏
7 Oktober 2021 pukul 09.40
assalamu'alikum bu
nama: ahmad raffi
1. burung hantu
2. buah manggis
7 Oktober 2021 pukul 09.41
Atiya ahmad anjani says
7 oktober 2021 09.38
Assalamualaikum bu
Nama : atiya ahmad anjani
No absen : 05
Jawaban:
1.burung hantu
2.buah manggis
Terima kasih bu 🙏
7 Oktober 2021 pukul 09.42
Assallamuallaikum
Zalfa Maharani Yasha
Kls 5c
Jawaban
1. Burung hantu
2. Buah manggis
Wassallam
7 Oktober 2021 pukul 09.44
Walaikum salam terimakasih ananda semua
7 Oktober 2021 pukul 09.46
Assalamualaikum ibu
Shofiyya Ayu Tianda
Kls 5c
Jawaban
1. Burung hantu
2. Buah manggis
Terimakasih ibu
7 Oktober 2021 pukul 10.31
Assalamualaikum bu
Nama:kelila malka Nur rahmadani
Kelas:5c
No absen11
Jawabanya
No 1.burung hantu
No 2.buah manggis
Trimakasi ibu
7 Oktober 2021 pukul 11.32
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Filzah Humairah Putri N Rentas
Kelas 5C
absen : 8
No 1 burung hantu
No 2 buah manggis
7 Oktober 2021 pukul 12.22
Algi nino says:
7 Oktober 2021 12:19
Assalamualaikum
Nama:Algi nino ismuhendra
Kls:5.c
Absen:3
No 1 burung hantu
No 2 buah manggis
7 Oktober 2021 pukul 18.33
Assalamualaikum
Nama:Rey Asadel
Kls:5c
Absen:21
No 1: burung hantu
No 2: buah manggis