Kelas : 2

Tema : 2 Bermain di Lingkunganku

Subtema : 1 Bermain di Lingkungan Rumah

Pembelajaran : 4

KD.                           : SBdP : 3.2, B.Indonesia : 3.2 dan MTK  3.4

Good morning anak-anak bu guru yang sholih sholihah kelas 2 C serta mama papa 😊 Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan muroja'ah ya nak. 

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :

https://youtu.be/E70ytYfekjY

Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik dapat membedakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak menggunakan simbol dengan benar.

2. Peserta didik dapat melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan benar.

3. Peserta didik dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar.

Ringkasan Materi:

Ayo Membaca
Bacalah teks percakapan berikut!



Jawablah pertanyaan berikut                 
berdasarkan teks percakapan di atas!

1. Bagaimana bentuk air jika dimasukkan ke dalam gelas?
Jawab : Bentuknya seperti gelas.
2. Bagaimana bentuk air jika dipindahkan ke dalam botol?
Jawab : Bentuknya seperti botol
3. Bagaimana pula bentuk air jika dipindahkan ke dalam mangkuk?
Jawab : Bentuknya seperti mangkuk pula. 
4. Apa saja benda yang sifatnya sama dengan air?
Jawab : Yaitu, Minyak, Kecap, Sirup dan masih banyak lagi. 

Video Pembelajaran :

https://youtu.be/l27pcYiNR5s


Tugas: 

Siswa diminta untuk melakukan eksperimen seperti pada video yang sudah disimak.


Silahkan ikuti langkah – langkah diatas dan setiap hasil dari eksperimen agar difoto dan semuanya dikirim dalam bentuk kolase/gabungan foto ke whatsapp bu guru ya👍👍


HAPALAN ANANDA 2C (4)

MATERI AJAR JUMAT 20 AGUSTUS 2021

jumat, 20 agustus 2021

 

Kelas : 2

Tema : 2 Bermain di Lingkunganku

Subtema : 1 Bermain di Lingkungan Rumah

Pembelajaran : 2&3

KD.                           :   B.Indo (3.2), PKn (3.2), MTK (3.4), SBdP (3.2)

Good morning anak-anak bu guru yang sholih sholihah kelas 2 C serta mama papa 😊 Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan muroja'ah ya nak. 

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :

https://youtu.be/RvldKeAKWy8

VIDEO PEMBELAJARAN 


Ringkasan Materi :

MUATAN B.INDONESIA

Kosakata tentang Benda

Banyak benda yang digunakan untuk bermain. Ciri-ciri benda tersebut bermacam-macam. Ada yang berbeda bentuk, bahan, warna, permukaan, dan kegunaannya.

Perhatikan contoh berikut!

Kelereng berbentuk bola kecil yang terbuat dari kaca. Warnanya bening berwarna-warni. Permukaannya halus dan licin. Digunakan untuk bermain dengan cara dijentik jari.

C:\Users\user\Downloads\WhatsApp Image 2021-08-19 at 08.55.14.jpeg

Simpai berbentuk lingkaran, terbuat dari rotan atau plastik. Simpai rotan berwarna coklat muda. Simpai plastik berwarna-warni. Simpai digunakan dengan cara diputar dipinggang.

C:\Users\user\Downloads\WhatsApp Image 2021-08-19 at 08.50.54.jpegC:\Users\user\Downloads\WhatsApp Image 2021-08-19 at 08.53.51.jpeg

Setiap benda mempunyai ciri masing-masing. Ciri-ciri benda dapat dibedakan berdasarkan warna, ukuran, bentuk, wujud, permukaan, dan rasanya. Permukaan benda ada yang halus dan kasar. Kasar artinyakesat tidak halus. Halus artinya licin dan lembut. Permukaan benda halus, misalnya buah apel. Permukaan benda kasar, misalnya buah durian.

C:\Users\user\Downloads\WhatsApp Image 2021-08-19 at 08.57.01.jpegC:\Users\user\Downloads\WhatsApp Image 2021-08-19 at 08.58.23.jpeg

MUATAN PKn

Aturan di Rumah

Kita memiliki aturan di rumah. Aturan dibuat sebagai petunjuk kita dalam bertingkah laku. Jika kita mematuhi aturan, semua kegiatan di rumah akan berjalan baik dan menyenangkan. Aturan yang ada di rumah telah disepakati oleh semua anggota keluarga. Setiap hari, banyak kegiatan yang kamu lakukan di rumah. Aturan dibuat agar kehidupan di rumah dapat berjalan damai.

Contoh aturan di rumah :

  • Bermain setelah belajar.

  • Ikut membantu Ibu merapikan tempat tidur.

  • Menonton televisi di luar jam belajar.

  • Menggunakan telepon genggam sesuai keperluan.

  • Berdoa sebelum makan.

Kita harus tetap mematuhi aturan saat bermain. Salah satunya tidak boleh lupa waktu. Lupa waktu membuat kegiatan lain terganggu. Misalnya, kita jadi terlambat pulang ke rumah.

MUATAN SBdP

Tekanan Kuat dan Lemah Nada pada Lagu Anak

Ada irama yang diatur dengan memperhatikan panjang pendeknya bunyi. Ada juga irama yang diatur dengan memperhatikan kuat lemahnya bunyi. Hitungan pertama pada satu birama selalu lebih kuat daripada hitungan berikutnya.

Panjang atau pendek nada dihitung dengan ketukan. Kuat atau lemah nada ditentukan dengan tekanan suara. Syair dengan tekanan kuat dinyanyikan keras. Syair dengan tekanan lemah dinyanyikan lembut.

Berikut Contoh menyanyikan lagu Berdayung dari Ibu Guru Rombel Kelas 2 👇


MUATAN MATEMATIKA

Sifat Pertukaran pada Perkalian

Perhatikan contoh berikut :


Hasil Perkalian Suatu Bilangan

Perkalian adalah hasil penjumlahan secara berulang.

Perhatikan contoh berikut!

Hitunglah hasil dari 3 x 6!



Tugas! 

Setelah anak-anak menyimak video menyanyikan lagu Berdayung Ciptaan AT-Mahmud dari Ibu Guru.
Sekarang anak-anak dapat menyanyikan lagu tersebut sambil memegang perahu, mintalah bantuan pada orang tua untuk membuat perahu kertas ya nak dan boleh diiringi lagu serta tarian kirimkan dalam bentuk video!

Selamat bernyanyi dan berkreasi 💪😍

Hasil Pembelajaran :


























MATERI AJAR KAMIS 19 AGUSTUS 2021

kamis, 19 agustus 2021

 

Kelas : 2

Tema : 2 Bermain di Lingkunganku

Subtema : 1 Bermain di Lingkungan Rumah

Pembelajaran : 1

KD.                           :   SBdP : 3.2, B.Indonesia : 3.2 dan MTK  3.4

Good morning anak-anak bu guru yang sholih sholihah kelas 2 C serta mama papa 😊 Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan muroja'ah ya nak. 

Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :

https://youtu.be/qjHyEkU0y9k

Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik dapat membedakan panjang pendek nada pada lagu anak menggunakan simbol danmenyanyikan lagu anak dengan memperhatikan panjang dan pendek nada pada lagu dengan benar.

2. Dengan mendengarkan guru membaca teks “Bermain Perahu Kertas”, peserta didik dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan tepat.

3. Mengamati contoh dan bimbingan guru, peserta didik dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian dengan benar.

Ringkasan Materi:

Hari ini hari Minggu.

Setelah membantu ibu dan ayah, Beni dan kakaknya, Tiur, bermain bersama.

Mereka bermain perahu kertas.

Ayo Mengamati

Apa yang dilakukan Beni dan Kak Tiur?
Pernahkah kamu melakukan kegiatan tersebut?

Beni dan Tiur asyik bermain.
Sambil bermain, mereka bernyanyi dengan riang.

Ayo Bernyanyi

Nyanyikanlah lagu berikut bersama temanmu!






 Agar anak-anak paham dengan pelajaran hari ini, simak videonya sampai selesai ya anak hebat👍

Video Pembelajaran :

Video Penjelasan Perkalian 👇

https://youtu.be/4WmuUAy5a38



TUGAS :
Tentukan bilangan yang tepat untuk soal berikut!


Hasil Pembelajaran :















Hasil Pembelajaran :


PENILAIAN HARIAN TEMA 1 SUBTEMA 3 & 4 RABU 18 AGUSTUS 2021

rabu, 18 agustus 2021

 Assalamualaikum ananda 2C yg bu guru banggakan serta mama papa 😊

Hari ini kita akan melaksanakan Penilaian Harian. 
Jangan lupa berdoa ya nak agar mendapat nilai yang bagus🤗

Silahkan ananda sekalian menyimak tausiyah berikut ini :
https://youtu.be/c1oGB1RAwXo

 Silahkan klik link berikut untuk mulai mengerjakan Penilaian Harian Tema 1 Subtema 3 dan 4 :
https://forms.gle/YLMmGKj5CkXBNRGCA

Hasil Pembelajaran :












  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to " "

Posting Komentar