Tema 9 Sub tema 2 PB 4
Kelas IV D
Tanggal 20 Maret 2020
Materi
Bahasa Indonesia
Tugas
Siswa melakukan wawanncara kepada salah satu anggota keluarga dengan menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis tentang perilaku -perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari terhadap Sumber Daya Alam.
PKn
Hak dan kewajiban bersifat kodrati yakni melekat bersama kelahiran manusia. Hak dan kewajiban tersebut harus dilaksanakan secara bertanggung jawab oleh pihak yang bersangkutan. Orang yang tidak melaksanakan hak dan kewajibannya dapat dikatakan sebagai orang yang tidak bertanggung jawab. Bagaimanakah perbedaan antara hak, kewajiban, dan tanggung jawab? Pahamilah uraian
berikut ini.
A. Hak sebagai Warga Masyarakat
Hak berarti sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang dan penggunaannya tergantung kepada orang yang bersangkutan. Jadi, hak warga masyarakat adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang yang berkedudukan sebagai warga masyarakat. Bentuk hak warga masyarakat seperti berikut.
B. Kewajiban sebagai Warga Masyarakat
Kewajiban berarti sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Jadi, kewajiban warga masyarakat adalah sesuatu yang harus dilakukan seseorang sebagai warga masyarakat dengan penuh rasa tanggung jawab. Bentuk kewajiban warga masyarakat seperti berikut.
Diskusikan dengan anggota keluargamu untuk hak, kewajiban, dan tanggung jawab kalian sebagai:
1. anggota keluarga,
2. warga kelas,
3. warga sekolah, dan
4. warga desa.
Tuliskan hasil diskusi dalam buku tulismu dalam bentuk tabel di bawah ini
Tanggal 20 Maret 2020
Materi
Bahasa Indonesia
Wawancara
A. Pengertian Wawancara
Wawancara adalah suatu cara untuk mengumpulkan data atau memperoleh informasi dengan mengajukan pertanyaan langsung kepada narasumber.
B. Tujuan wawancara
Adapun tujuan wawancara adalah sebagai berikut:
a. Wawancara berdasarkan pelaksanaannya dapat dibedakan menjadi sebagai berikut:
b. Wawancara memiliki 7 jenis,yaitu:
D. Tahap-tahap wawancara, yaitu:
Wawancara adalah suatu cara untuk mengumpulkan data atau memperoleh informasi dengan mengajukan pertanyaan langsung kepada narasumber.
B. Tujuan wawancara
Adapun tujuan wawancara adalah sebagai berikut:
- bahan informasi, misalnya berkaitan dengan masalah sosial,politik,ekonomi,dll
- bahan opini, misalnya pendapat dan tamggapan narasumber terhadap suatu masalah.
- bahan cerita, misalnya untuk mendukung penulisan karya sastra.
- bahan biografi, misalnya riwayat hidup tokoh yang akan ditulis.
a. Wawancara berdasarkan pelaksanaannya dapat dibedakan menjadi sebagai berikut:
- wawancara terstruktur,yaitu wawancara yang dilaksanakan secara terencana dengan berpedoman pada daftar pertanyaan yang telah disiapkan.
- wawancara tidak terstruktur,yaitu wawancara yang tidak berpedoman pada daftar pertanyaan.
b. Wawancara memiliki 7 jenis,yaitu:
- wawancara bebas, yaitu wawancara yang susunan pertanyaannya tidak ditentukan lebih dulu dan pembicaraannya tergantung kapada suasana pembicara.
- wawancara terpimpin, yaitu wawancara dengan memakai daftar pertanyaan yang sudah disiapkan terlebih sebelumnya.
- wawancara individual, yaitu wawncara yang dilakukan seseorang dengan responden tunggal.
- wawancara kelompok, yaitu wawancara yang dilakukan terhadap sekelompok orang dalam waktu bersamaan.
- wawancara konferensi, yaitu wawancara antara seorang pewawancara dengan sejumlah responden atau sejumlah pewawancara dengan seorang responden.
- wawancara terbuka, yaitu wawancara yang berdasarkan pertanyaan yang tidak terbatas jawabannya.
- wawancara tertutup, yaitu wawancara berdasarkan pertanyaan yang terbatas jawabannya.
D. Tahap-tahap wawancara, yaitu:
- menentukan topik wawancara
- menentukan narasumber yand disesuaikan dengan topik wawancara.
- mengetahui identitas narasumber secara umum
- menghubungi atau mengkonfirmasi narasumber yang akan diwawancarai
- membuat garis besar atau daftar pertanyaan
- mempelajari masalah yang berkaitan dengan topik wawancara
- mempersiapkan alat Bantu untuk mencatat hasil wawancara
- datang tepat waktu sesuai dengan perjanjian
- bersikap sopan santun,wajar dan ramah
- dahulukan pertanyaan yang ringan dan sederhana
- bertanya dengan kalimat yang jelas dan singkat sesuai dengan topik wawancara
- hindari pertanyaan yang bersifat pribadi
- mencatat hal-hal yang penting hasil wawancara dan menyimpulkannya sendiri
- jangan menyela apabila narasumber sedang berbicara
- selesai wawncara ucapkan terima kasih.
Siswa melakukan wawanncara kepada salah satu anggota keluarga dengan menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis tentang perilaku -perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari terhadap Sumber Daya Alam.
PKn
Hak dan kewajiban bersifat kodrati yakni melekat bersama kelahiran manusia. Hak dan kewajiban tersebut harus dilaksanakan secara bertanggung jawab oleh pihak yang bersangkutan. Orang yang tidak melaksanakan hak dan kewajibannya dapat dikatakan sebagai orang yang tidak bertanggung jawab. Bagaimanakah perbedaan antara hak, kewajiban, dan tanggung jawab? Pahamilah uraian
berikut ini.
A. Hak sebagai Warga Masyarakat
Hak berarti sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang dan penggunaannya tergantung kepada orang yang bersangkutan. Jadi, hak warga masyarakat adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang yang berkedudukan sebagai warga masyarakat. Bentuk hak warga masyarakat seperti berikut.
- Mendapatkan perlindungan hukum.
- Mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak.
- Menikmati lingkungan bersih.
- Hidup tenang dan damai.
- Bebas memilih, memeluk, dan menjalankan agama.
- Berpendapat dan berorganisasi.
- Mengembangkan kebudayaan daerah.
B. Kewajiban sebagai Warga Masyarakat
Kewajiban berarti sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Jadi, kewajiban warga masyarakat adalah sesuatu yang harus dilakukan seseorang sebagai warga masyarakat dengan penuh rasa tanggung jawab. Bentuk kewajiban warga masyarakat seperti berikut.
- Mematuhi aturan atau norma yang berlaku dalam masyarakat.
- Menjaga ketenangan dan ketertiban lingkungan masyarakat.
- Mengikuti kegiatan yang ada di lingkungan RT, RW, atau desa setempat, misalnya kegiatan kerja bakti, gotong royong, dan musyawarah warga masyarakat setempat.
- Menghormati tetangga di lingkungan tempat tinggal.
- Membantu tetangga yang terkena musibah.
- Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.
Diskusikan dengan anggota keluargamu untuk hak, kewajiban, dan tanggung jawab kalian sebagai:
1. anggota keluarga,
2. warga kelas,
3. warga sekolah, dan
4. warga desa.
Tuliskan hasil diskusi dalam buku tulismu dalam bentuk tabel di bawah ini
No. | Posisi | Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab |
---|---|---|
1. | Anggota Keluarga | Hak :
1.
2.
3.
Kewajiban :
1.
2.
3.
Tanggung jawab :1. |
2. | Warga Kelas | Hak :
1.
2.
3.
1.
2.
3.
Tanggung jawab : 1. |
3. | Warga Sekolah | Hak :
1.
2.
3.
Kewajiban :
1.
2.
3.
Tanggung jawab :
1.
|
4 | Warga Desa | Hak : 1. 2. 3. Kewajiban :
1.
2.
3.
|
0 Response to "Tema 9 Sub tema 2 PB 4"
Posting Komentar