Matematika
Kelas : IV D
Tujuan :
1. Siswa mampu Memahami pembualatan dan penaksira Penjumlahan dan pengurangan
2. Siswa mampu memahami pembulatan dan penaksiran perkalian dan pembagian
Pembulatan dan Penaksiran
1. Pembulatan
Dalam kehidupan sehari-hari, kita jarang melakukan perhitungan sebenarnya. Kita sering menggunakan kata kira-kira. Artinya, kita sering melakukan penafsiran. Penafsiran sering dilakukan dengan pembulatan. Ketentuan pembulatan, yaitu:
a. Angka dibawah 5 dibulatkan kebawah
b. Angka diatas 5 di bulatkan keatas
Contoh :
a) Angka 34 dibulatkan ke puluhan terdekat = 30
Tujuan :
1. Siswa mampu Memahami pembualatan dan penaksira Penjumlahan dan pengurangan
2. Siswa mampu memahami pembulatan dan penaksiran perkalian dan pembagian
Pembulatan dan Penaksiran
1. Pembulatan
Dalam kehidupan sehari-hari, kita jarang melakukan perhitungan sebenarnya. Kita sering menggunakan kata kira-kira. Artinya, kita sering melakukan penafsiran. Penafsiran sering dilakukan dengan pembulatan. Ketentuan pembulatan, yaitu:
a. Angka dibawah 5 dibulatkan kebawah
b. Angka diatas 5 di bulatkan keatas
Contoh :
a) Angka 34 dibulatkan ke puluhan terdekat = 30
Oleh karena satuan yang akan dibulatkan 4 (kurang dari 5). Maka dari itu dibulatkan ke bawah (dianggap hilang).
b) Angka 86 dibulatkan ke puluhan terdekat = 90
Oleh karena satuan yang akan dibulatkan 6 ( lebih dari 5). Maka dari itu, dibulatkan ke atas (dianggap 10).
c) Angka 167 dibulatkan ke ratusan terdekat = 200
Oleh karena puluhan yang akan dibulatkan 6 (lebih dari 5). Maka dari itu, dibulatkan ke atas (dianggap 100).
d) Angka 1.259 dibulatkan ke ribuan terdekat = 1.000
Oleh karena ratusan yang akan dibulatkan 2 (kurang dari 5). Maka dari itu, dibulatkan ke bawah (dianggap hilang).
e) Angka 15.750 dibulatkan ke puluhan ribu terdekat = 20.000
Oleh karena ribuan yang akan dibulatkan 5. Maka dari itu, dibulatkan ke atas (dianggap 10.000).
f) Angka 178.000 dibulatkan ke ratusan ribu terdekat = 200.000
Oleh karena puluhan ribu yang akan dibulatkan 7, lebih dari 5. Maka dari itu, dibulatkan ke atas (100.000).
2. Penaksiran
Tahukah kamu bagaimana cara menaksir bilangan? Hasil perhitungan pada penaksiran, biasanya menggunakan kata-kata sekitar (kira-kira). Hal tersebut menunjukkan jawabannya mendekati sekitar jawaban sebenarnya.
a) Penaksiran Penjumlahan dan Pengurangan
Coba kamu perhatikan contoh berikut :
Contoh :
1) Jumlah penonton di tribune utara 3.658, tribune selatan 7.376, tribune timur 5.467, dan tribune barat 8.546. Taksirlah jumlah penonton seluruhnya!
Kita lakukan pembulatan ke ribuan
4.000 + 7.000 + 5.000 + 9.000 = 25.000
Jadi, banyaknya penonton adalah sekitar 25.000 Orang
Sekarang kita bandingkan dengan penjumlahan sebenarnya.
3.658
7.376
5.467
8.546
_______ +
25.047
Hasil perkiraan mendekati hasil perkiraan sebenarnya.
2) Taksirlah pengurangan 93.897 - 74.213 ke puluhan ribu terdekat.
Jawab :
90.000 - 70.000 = 20.000
jadi, taksiranya adalah 20.000
sekarang bandingkan dengan pengurangan sebenarnya 93.897 - 74.213 = 19.684
Hasil perkiraan mendekati hasil perkiraan sebenarnya.
3. Penaksiran Perkalian dan Pembagiaan
Untuk menaksir hasil perkalian dan pembagian, biasanya dilakukan pembulatan.
Perhatikan contoh berikut.
Contoh :
1. 1. 762 x 324 = ....
Jawab :
762 x 324 = 800 x 300
= 240.00
Jadi, taksiranya adalah 24.000
Hasil sebenrnya adalah
762 x 324 = 246.888
Jadi, hasil taksirannya mendekati hasil sebenarnya
2. 385.897 : 769 =....
Jawab :
385.897 : 769 = 400.000 : 800
= 500
Jadi, taksirannya adalah 500
Hasil sebenarnya adalah
385.897 : 769 = 501,81664
Jadi hasil taksirannya mendekati hasil sebenarnya.
0 Response to "Matematika "
Posting Komentar