Good morning my student..,,,

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Risma Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, tadarus kemudian shalat dhuha. setelah selesai baru kalian membaca dan dipahami isi bloggers yang bu guru share hari ini.

Hari ini kita akan belajar materi tentang tema 9 subtema 2 pembelajaran 3 dan 4 yaitu:  

MATERI AJAR 

Hari/ Tanggal : Selasa, 29 Maret 2022

Pembelajaran :  3 dan 4

Muatan : Bahasa Indonesia (KD 3.4, 4.4), PPKn (KD 3.4, 4.4),  IPS (KD3.3, 4.3)


Bahasa Indonesia

Ciri-Ciri Bahasa Iklan Elektronik

Menggunakan bahasa yang singkat, padat, menarik, dan jelas.

Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti.

Menggunakan kata konotasi positif

Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.

Televisi merupakan media iklan elektronik yang paling efektif. Melalui televisi kreativitas penyampaian para pembuat iklan akan lebih maksimal. Penuangan kreativitasnya pun bisa dalam berbagai bentuk, kreasinya dapat berupa animasi dua dimensi ataupun tiga dimensi, testimoni, dan lagu produk yang diiklankan. Kreativitas penyampaian iklan sangat menentukan menarik tidaknya sebuah iklan.

Iklan elektronik adalah iklan yang penyebarannya menggunakan media elektronik. Iklan elektronik banyak jenisnya. Tiga jenis iklan elektronik adalah iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet. Salah satu unsur yang dapat digunakan untuk menarik pelanggan adalah kalimat iklan. Perhatikan contoh iklan televisi berikut! Perhatikan iklan dari segi bahasanya.

“Segar nyatanya memang menyegarkan”

Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, dan jelas. Bahasa iklan pada iklan minuman di atas juga menarik bagi khalayak yang melihatnya untuk ikut menikmati kesegarannya. Orang yang melihat iklan minuman itu pun akan tersugesti dengan kesegarannya dan segera ingin menkmatinya.

Contoh iklan selanjutnya adalah iklan mi instan. Kamu tentu pernah melihat iklan mi instan. Iklan yang kamu lihat itu terkadang ada lagunya. Bisa jadi yang melihat iklan tersebut ikut menyanyi jika lagunya menarik dan musiknya energik. Khalayak pun tersugesti ingin menikmati sensasi rasa mi instan yang diiklankan.

Bahasa iklan produk makanan yang sangat menarik akan mampu menggugah selera makan khalayak. Setelah tergugah, khalayak akan memuaskan rasa laparnya jika menikmati mi instan tersebut. Pengulangan kata hingga berkali-kali pada lagu dalam iklan sering terjadi. Pengulangan kata pada lagu menunjukkan adanya pilihan kata yang digunakan untuk menunjukkan sasaran iklan. Selain itu, pengulangan kata pada lagu dalam iklan juga menonjolkan informasi yang dipentingkan.

Berdasarkan kedua contoh iklan televisi di atas, dapat dipahami adanya beberapa ciri bahasa iklan elektronik yang mampu menarik perhatian khalayak atau masyarakat umum. Beberapa ciri bahasa iklan yang dimaksud sebagai berikut.

Pilihan kata yang digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan.

Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.

Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi yang dipentingkan.

Pilihan kata yang digunakan menunjukkan sasaran.

 PPKn

Peristiwa yang Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa  

Persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Republik Indonesia. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia, karena Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki beragam kebudayaan. Suku, agama, dan ras yang ada di Indonesia sangat banyak dan harus dijaga keserasisannya. Hal ini untuk menghindari perpecahan antara warga Negara Indonesia. Persatuan dan kesatuan dilambangkan dengan semboyan Bersatu Kita Teguh. Dalam buku Kronik Revolusi Indonesia: 1945 (1999) karya Pramoedya Ananta Toer, artinya menyatunya berbagai unsur dan perbedaan yang ada menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi

beberapa contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu: 1. Menghormati budaya lain 

Menghormati budaya lain mencerminkan sikap persatuan karena saling menghormati antara buidaya satu dengan yang lain, terlebih Indonesia memiliki beragam budaya. Jika seseorang merasa nyaman di lingkungannya, maka akan mudah untuk bekerja sama dan bersatu.

Contoh kerjasama di masyarakat

2. Saling membantu

Saling membantu mencerminkan persatuan dan kesatuan karena dengan saling membantu kerukunan dan kebersamaan tetap terjaga. Hal yang bisa dilakukan seperti gotong-royong. Suatu pekerjaan akan cepat selesai dan lebih efektif serta efisien jika dilakukan bersama-sama.

3.Tidak sombong

Sikap tidak sombong dan tidak acuh mencerminkan pesatuan dan kesatuan karena dengan sikap tersebut akan menyatukan kita dengan teman-teman, baik di rumah maupun di sekolah. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mau membantu teman yang tidak mengerti materi pelajaran. Sehingga teman tersebut menjadi paham. Sikap tidak sombong dan peduli ini sangat baik dilakukan.


Berikut perilaku yang mencerminkan rasa persatuan dan kesatuan di lingkup keluarga: 

Mengakui keberadaan dan fungsi tiap-tiap anggota keluarga 

Saling mencintai sesama anggota keluarga 

Adanya keterbukaan antar anggota keluarga 

Mengembangkan sikap tenggang rasa.

Berikut ada perilakukan yang mencerminkan rasa persatuan dan kesatuan di lingkup masyarakat: 

Ikut kerja bakti atau gotong royong membersihkan lingkungan 

Hidup rukun dengan semangat kekeluargaan dengan tetangga 

Menyelesaikan masalah sosial bersama-sama tidak diselesaikan sendiri 

Bergaul sesama warga dengan tidak membedakan agama, suku, atau ras 

Bersikap ramah kepada semua orang.

Berikut contoh perilaku yang mencerminkan rasa persatuan dan kesatuan du lingkup sekolah: Menjenguk teman yang sedang sakit 

Membersihkan lingkungan sekolah bersama-sama 

Belajar yang giat dan tidak bolos sekolah 

Saling menghormati teman yang berbeda agama atau suku dan tidak membeda-bedakannya 

Tidak menyontek.

Setiap warga negara harus menjaga dan mengamalkan sikap persatuan dan kesatuan. 

Itu sebagai upaya untuk menjaga bangsa Indonesia dari perpecahan mengingat Indonesia merupakan negara yang penuh keragaman. Dengan adanya persatuan dan kesatuan maka akan memperkokoh ketahanan dan menjaga keamanan negara.


IPS

Produk Hasil Kegiatan Ekonomi Masyarakat

Di Indonesia kegiatan ekonomi masyarakat beragam. Ada yang bersifat agraris dan non agraris.

Berikut jenis-jenis kegiatan ekonomi masyarakat: 

Pertanian

Pertanian merupakan kegiatan produksi yang menggunakan tanah sebagai faktor utama. Hasilnya tersebut adalah bahan makanan. Hasil yang diperoleh itu seperti padi, jagung, kacang, kedelai, sagu, atau umbi-umbian. Pertanian banyak menjadi mata pencaharian bagi masyarakat di Indonesia.

Perkebunan 

perkebunan adalah segala kegiatan yang mengusahakan tanaman tertentu pada tanah atau media tumbuh lainnya dalam ekosistem yang sesuai. 

Kemudian mengolah dan memasarkan barang dan jasa hasil tanaman tersebut. 

Lahan perkebunan adalah lahan usaha pertanian yang luas. Biasanya terletak di daerah tropis atau subtropis. Di mana digunakan untuk menghasilkan komoditas perdagangan (pertanian) dalam skala besar dan dipasarkan ke tempat yang jauh, bukan untuk konsumsi lokal. 

Hasil perkebunan itu seperti kayu, atau rotan.

Peternakan 

Peternakan merupakan kegiatan usaha dengan cara memelihara hewan, kemudian mengambil hasilnya dan dijual. Hasil peternakan itu seperti telur ayam, daging ayam, daging kambing, tau susu susu sapi.

Perikanan 

Perikanan merupakan kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan ikan. Perikanan dapat dikelompokan seperti penangkapan ikan, pembudidayaan ikan, dan pertambakan.

Perdagangan 

Perdagangan merupakan kegiatan usaha yang menyalurkan barang produksi dari produsen ke konsumen. Barang yang dijual berbeda-beda, bisa hasil dari pertanian, perikanan, atau perkebunan.

Perindustrian 

Menurut KBBI, Perindustrian adalah urusan atau segara sesuatu yang bertalian dengan industri. Industri adalah kegiatan usaha yang mengolah barang-barang mentah menjadi barang setengah jadi maupun barang jadi.

Biasanya mereka mengolah dalam jumlah yang besar. Kemudian dijualan sendiri atau lewat perantara.

Jasa merupakan kegiatan yang memberikan layanan atau jasa. 

Contohnya seperti transportasi atau pariwisata. Di mana dipromosikan ke daerah luar.

Tugas

1. Sebutkan 2 macam ciri-ciri iklan Elektronik! 

2. Sebutkan contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari! 

3.Berilah contoh media Elektonik! 

4. Sebutkan 3 jenis kegiatan ekonomi masyarakat!

Kerjakan latihan tersebut di buku latihan tema fotokan dan kirim ke WA bu guru terimakasih semangat anak2 bu guru☺

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to " "

Posting Komentar